Perairan Tosca Sejukkan Mata, Kecenya Edukasi Wisata Taman Sungai Mudal

Salah satu lokasi yang paling tepat untuk dikunjungi saat berlibur di Jogja adalah Kulon Progo. Kawasan ini memiliki keunggulan di bidang tempat wisatanya.

Ada banyak wisata alam yang bisa di-eksplore dari Kulon Progo, salah satunya adalah wisata Taman Sungai Mudal yang sedang hits akhir-akhir ini.

Wisata Taman Sungai Mudal awalnya merupakan inisiatif dari warga lokal Kulon Progo. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Ada sebuah kolam pemandian dengan air berwarna biru toska yang sangat jernih. Penampakannya sangat memanjakan mata.

Air yang ada di kolam ini berasal dari mata air mudal, mata air yang ada di daerah mudal sendiri. Sudah dapat dipastikan air di sini sangat segar.

Spot Foto Instagrammable

Tak hanya warga lokal, Taman Sungai Mudal bahkan menarik wisatawan asing yang penasaran akan keindahannya. Ada beragam spot yang cocok untuk dijadikan background berfoto instagramable.

Pastikan Anda berkunjung di musim hujan. Kenapa? Karena debit air akan bertambah. Uniknya lagi, airnya pun tidak keruh dan tidak berbahaya.

Pemandangannya pun akan lebih hijau dan cantik. Namun, perhatikan intensitas hujan saat itu, jika sangat deras maka pikirkan lagi keselamatan Anda.

Wisata Taman Sungai Mudal memang masih berada dalam kelolaan swadaya warga setempat, namun fasilitas dan penunjang lainnya terus berkembang.

Di sini, Anda bisa menikmati air dengan berenang, bermain air, berfoto, hingga bersantai. Background alamnya sangat cantik dan alami.

Anda juga dapat mencoba aktifitas lain seperti spot di Watu Wayang, spot yang ada di tebing kapur dan bisa bertemu dengan kera ekor Panjang. Asrinya taman sungai mundal akan merefresh tubuh Anda dari penat dan stress.

Baca juga:

Masjid Raya Bandung, Wisata Religi Paris Van Java

 

Lokasi dan Rute Wisata Taman Sungai Mudal

Lokasi dari wisata yang satu ini sangat strategis serta mudah dijangkau, yaitu Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, rutenya sangat mudah untuk dilewati. Pertama, Anda bisa pergi ke Perempatan Tugu Jogja lalu menuju arah barat ke Perempatan Demak Ijo.

Selanjutnya menuju Jalan Godean dan lurus mengikuti penunjuk jalan hingga melewati Jembatan Sungai Progo. Ambil jalan lurus ke Goa Kiskenda dan mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sungai Mudal

Memang, wisata ini masih dikelola oleh warga setempat. Namun, wisata ini sudah ada tarif tiket masuk yaitu sekitar 4 ribu rupiah.

Sedangkan untuk harga parkir roda dua sekitar 2 ribu rupiah dan untuk mobil seharga 5 ribu rupiah. Namun, harga itu belum masuk Bersama fasilitas lainnya.

Untuk penyewaan pelampung, dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah. Flying fox dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah saja. Jadi Anda tidak akan kebosanan saat berlibur ke sini. Masih ada banyak fasilitas lainnya yang bisa Anda coba.

Fasilitas Wisata Taman Sungai Mudal

Fasilitas di Taman Sungai Mudal cukup lengkap, mulai dari musholla, kamar mandi, hingga warung makan. Jadi Anda tak perlu bingung jika kelaparan dan ingin beribadah.

Bahkan, ada fasilitas WiFi yang bisa Anda gunakan. Untuk beristirahat, tersedia gazebo kayu di pinggiran. Lengkap dengan tempat parkir, dijamin kendaraan Anda akan aman.

Di sini Anda bisa melakukan aktivitas seperti flying fox, river tubing, serta berkemah. Tersedia tempat berkemah untuk Anda dan kerabat. Bagi Anda yang ingin berenang, bisa menggunakan pelampung yang tersedia.

Kawasan Wisata Taman Sungai Mudal memang wajib untuk Anda kunjungi. Berkunjung ke alam akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Ditambah dengan air sungai yang sangat segar pasti akan membuat liburan Anda semakin seru. Jangan lupa untuk berfoto dan upload ke social media agar feeds Anda semakin cantik.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.