Pemandian Air Panas Dabo Singkep, Obyek Wisata yang Juga Dimanfaatkan untuk Terapi

Pemandian Air Panas Dabo SingkepBerjalan-jalan di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau sepertinya tak cukup bila Anda hanya mempunyai waktu sehari saja. Pasalnya, daerah dengan adat istiadat yang masih kental ini mempunyai banyak tempat indah dan juga eksotis yang wajib dikunjungi.

Sebut saja salah satunya Pemandian Air Panas Dabo yang ada di Pulau Singkep, yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Lingga. Obyek wisata alam yang berupa pemandian ini tak hanya menarik minat wisatawan untuk menghabiskan liburan namun juga dimanfaatkan untuk tujuan lainnya. Tujuan seperti apa ya kira-kira? Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan tentang obyek wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep dalam artikel berikut ini!

Akses lokasi menuju Pemandian Air Panas Dabo Singkep

Dilihat dari namanya, obyek wisata alam Pemandian Air Panas Dabo Singkep berada di wilayah Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Wisata yang paling khas di kawasan ini memang air panas dan Pemandian Air Panas Dabo Singkep adalah salah satu obyek wisata yang paling populer di kalangan masyarakat setempat. Dari kota Dabo, Pemandian Air Panas Dabo Singkep berjarak sekitar 3 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan darat, bisa dengan mengendarai mobil ataupun sepeda motor.

Akses jalan menuju lokasi pun sudah beraspal hingga sangat nyaman dilalui dengan pemandangan hijau disisi kanan dan kiri jalan. Ya, untuk mencapai lokasi pemandian, Anda memang harus melewati hutan dan sesekali akan menjumpai kawanan monyet liar yang bergelantungan dari pohon ke pohon. Tentu saja bila Anda beruntung.

Baca Juga:

Bintan Mangrove, Obyek Wisata Alam Sensasional di Kabupaten Bintan, Kep. Riau

Tak hanya hutan, Anda juga akan menjumpai pemandangan dusun dan perkebunan masyarakat serta beberapa danau buatan yang dikenal dengan kolong yang dulunya merupakan galian timah. Kolong-kolong tersebut sudah lama ditinggalkan warga. Asal tahu saja, Pulau Singkep sendiri dulunya adalah sumber penghasil timah. Bila Anda sudah menemukan dua buah jembatan kayu berarti Anda akan segera tiba di lokasi wisata.

Fasilitas kolam air panas Pemandian Air Panas Dabo Singkep

Untuk memasuki area Pemandian Air Panas Dabo Singkep, Anda cukup membayar Rp. 3000,- saja per orang. Relatif murah jika melihat fasilitas yang ada di kawasan wisata alam ini. Terdapat tiga buah kolam pemandian air panas yang dibedakan berdasarkan tingkat suhu, yaitu kolam dengan suhu rendah atau suam-suam kuku, kolam dengan suhu sedang dan kolam denagn suhu panas.

Pembedaan kolam berdasarkan suhu ini ditujukan untuk kenyamanan pengunjung terutama anak-anak yang belum begitu tahan terhadap suhu panas. Jadi, obyek wisata pemandian air panas ini bisa dinikmati siapa saja, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Manfaat berendam air panas di Pemandian Air Panas Dabo Singkep

Air panas yang ada di pemandian ini berasal dari Gunung Lanjut. Gunung Lanjut ini terbilang kecil namun jaraknya sangat jauh dari lokasi pemandian. Karena air panasnya alami, jangan kaget bila Anda dapat mencium aroma belerang. Kandungan belerang yang dijumpai di Pemandian Air Panas Dabo Singkep rupanya tak hanya menarik minat pengunjung untuk berwisata saja. Tak sedikit dari mereka juga memiliki tujuan lain, sebut saja pengobatan atau terapi.

Kandungan belerang di pemandian ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, seperti panu, kadas dan juga kurap, serta sakit kepala. Khasiat lainnya antara lain dapat menyembuhkan rematik, gatal-gatal, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan menghilangkan pegal-pegal.

Berbeda dengan sauna yang hanya mengandalkan kehangatan yang dikeluarkan dari uap, Anda dapat menikmati hangatnya air yang berasal dari air belerang yang keluar dari dalam perut bumi ini dengan cara mandi bahkan berendam.

Tak perlu takut dengan kualitas airnya sebab pengelola selalu berusaha menjaga kebersihan pemandian dengan membersihkan airnya secara rutin. Jadi, air panas di sini berasal dari kolam utama yang dasarnya di alasi kayu baru kemudian dialirkan ke kolam-kolam yang lain.

Fasilitas pijat batu refleksi

Selain kolam pemandian, obyek wisata ini juga menyediakan batu refleksi yang bisa digunakan pengunjung untuk merefleksi kaki dengan cara menginjaknya. Tidak sedikit para pengunjung yang mencoba menginjak jalur khusus batu refleksi. Kemudian, kadang meringis kesakitan karena efek pijatan kuat di telapak kaki.

Ada juga fasilitas yang berupa gazebo-gazebo yang disediakan bagi pengunjung yang ingin sejenak melepas lelah. Juga sebuah warung untuk berkuliner. Satu-satunya warung yang ada di lokasi  dikelola oleh suami istri sekaligus penjaga. Terdapat fasilitas kamar mandi umum juga di tempat ini yang bisa digunakan untuk berganti baju. Cukup lengkap bukan? Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke sana? (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *