Pecandu Adrenalin, Yuk Bersiap Arungi 10 Spot Rafting Paling Menantang di Indonesia

Adrenalin junkie atau pecandu adrenalin umumnya tak pernah rela kehilangan waktu liburan hanya untuk bermalas – malasan di rumah.

Setiap orang berhak untuk menikmati waktu berkualitas bagi diri sendiri atau ‘me time’. Tapi, usahakan untuk menghabiskan waktu liburanmu dengan hal  – hal yang positif. Salah satunya adalah liburan sambil berolahraga.

Nah, biar gak monoton dan bikin bosan, berikut ini ada beberapa tempat rafting paling seru dan menantang untuk ditaklukkan dalam liburanmu berikutnya . Check these out, guys..

Sungai Citarik – Sukabumi, Jawa Barat

 

Utuk arung jeram bersama keluarga ataupun pemula, sungai Citarik menawarkan sensasi yang tak kalah seru dengan jarak tempuh yang pendek. Yaitu sekitar 5 – 15 km saja.

Sungai Serayu – Banjarnegara, Jawa Tengah

 

Lokasinya ada d Banjarnegara, Sungai Serayu masih termasuk wisata rafting yang  masih ada di bawah radar. Padahal, Sungai Serayu memiliki tantangan berupa jeram – jeram yang tak kalah bikin adrenalin berdesir. Di sini juga tersedia outbond untuk perusahaan atau komunitas yang ingin liburan sekaligus mempererat solidaritas sesama rekan kerja.

Green Canyon – Ciamis, Jawa Barat

 

Main basah – basahan sekaligus beradu keterampilan mendayung melewati berbagai jeram yang menantang bakal lebih hits saat kamu ada di Green Canyon. Lokasiny ada di Ciamis, Jawa Barat. Melewati aliran lembah dan tebing purba yang dibentuk oleh alam mirip seperti penampakan Grand Canyon dari Amerika Serikat.

Tidak hanya menaiki perahu karet, pengunjung bahkan bisa mencoba body rafting dengan satu ban untuk satu orang. Dijamin, adrenalin bakal lebih terpacu dan menantang. Selama kurang lebih 2 jam, setiap pengunjung diajak memasuki lorong gua dan sungai yang bernuansa hijau dan pirus tak terkontaminasi pencemaran apa pun.

Sungai Palayangan – Pangalengan, Bandung

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Pengalengan merupakan komunitas atau instansi yang ingin melakukan outbond bersama. Di sini juga ada wisata petik stroberi dan mengelilingi situ Cileunca dengan wisata perahu. Bagi pemula, Rafting di Sungai Palayangan masih relatif aman.

Sungai Batang Tarusan – Bukit Barisan, Sumatera Barat

 

Bantaran sungai yang mengalir di antara pegunungan Bukit Barisan memiliki tingkat jeram berbeda – beda. Antara II hingga III. Debit aliran air juga cukup deras sehingga membuat rafting makin seru. Tapi, untuk penyuka arung jeram yang masih pemula masih aman dan tersedia pemandu yang akan membantu selama mengarungi jeram berdurasi 3 jam.

Sungai Alas – Gunung Lauser, Aceh

Termasuk untuk kelas menengah dan mahir. Sungai Alas memiliki grade IV untuk tingkatan jeram yang menantang. Bahkan, lokasi ini dipakai untuk kejuaraan tingkat Internasional.

Sungai Progo – Yogyakarta

 

Wisata ke Yogyakarta ternyata tidak melulu soal belanja di Malioboro ya. Datanglah ke Sungai Progo, di sini ada tingkat jeram yang asyik dan aman untuk anak – anak hingga pemula. Meski debit airnya deras dan menantang, tetapi para pemandu dan alat –alat perlengkapan keamanan sudah disediakan pengelola.

baca juga:

Share cost atau Travelling Rame-rame Bersama Teman Karib? Perhatikan 8 Trik Ini

Sungai Nimanga – Minahasa, Sulawesi Utara.

 

Masuk kategori sungai dengan tingkatan jeram ke-3, Sungai Nimanga cocok buat yang ingin menggetarkan adrenalin lebih kencang saat bertarung menaklukkan ganasnya debit air sungai. Lokasinya ada di Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara.

Sungai Sa’dan – Tana Toraja, Sulawesi Selatan

 

Tak kalah menantang, Sungai Sa’dan di Tana Toraja siap mencuri perhatian para pecandu adrenalin. Tingkatan jeram melampaui III dan IV. Sehingga bagi yang sudah berpengalaman bisa langsung terjun mendayung perahu dan mencoba keseruannya.

Sungai Pekalen –  Probolinggo, Jawa Timur

 

Fasilitas lengkap termasuk penginapan, restoran kecil dan juga peralatan arung jeram bisa ditemui oleh pengunjung. Umumnya, mereka sudah membayar harga paket untuk outbond atau bisa juga tiket masuk arung jeram saja.

Arus sungai terbagi dalam 3 area. Ada sungai atas, tengah dan di sisi bawah. Ketiganya dibedakan berdasarkan tingkatan jeram. Satu lagi, pengunjung dapat mencoba Funtastic Jumping. Yaitu, melompat seperti bungee jumping dari atas tebing setinggi 5 meter dan meluncur ke sungai dengan gaya sesukamu.

Sudah tertantang adrenalinmu?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.