Sensasi Terapung Ditemani Aneka Kuliner di Pasar Ah Poong Sentul

Pasar Ah PoongWisata kuliner memang selalu memiliki penggemar tersendiri. Tapi akan lebih seru lagi jika dilakukan di tempat yang nyaman dan juga indah, seperti Pasar Ah Poong yang berada di dekat pintu Tol Sentul Selatan 1. Tepatnya di kawasan perumahan Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Menu rekomendasi dari pakar kuliner, Bondan Winarno

Pasar Ah Poong atau dibaca Apung ini merupakan sebuah restoran yang didesain dengan konsep terbuka, yang menggabungkan keindahan pemandangan Sungai Cikeas dan berbagai sajian lezat. Hebatnya lagi, menu-menu yang ditawarkan di sini adalah hasil rekomendasi pakar kuliner, Bondan Winarno dan jaringan Food Court Eat & Eat yang namanya telah terkenal di Indonesia, terutama Jakarta.

Anda dapat mengakses Pasar Ah Poong ini melalui dua buah jembatan gantung yang ada di sisi kanan kirinya, yaitu dari arah seberang Masjid Andalusia atau dari Taman Energi di Eco Art Park. Pengunjung dapat memilih berfoto di atas jembatan beton atau jembatan gantung yang terbuat dari kayu, yang cukup menantang adrenalin karena mudah bergoyang walau cukup kokoh dan aman.

Carilah tempat duduk dulu!

Walau namanya Pasar Ah Poong, berbeda dengan konsep pasar terapung yang banyak dijumpai di Kalimantan, pengunjung tidak berbelanja makanan langsung pada perahu-perahu yang terapung di sungai, tapi membeli di kedai-kedai makanan layaknya Food Court pada umumnya. Disarankan untuk mencari tempat duduk terlebih dahulu, karena tempat ini cukup ramai oleh pengunjung, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Serunya lagi, untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis.

Memberi makan ikan

Setelah memperoleh meja, kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah mendatangi danau buatan dan menaiki perahu dayung. Kegiatan bersampan ini cukup menarik pengunjung anak-anak, karena memberikan pengalaman baru, sekaligus dapat memberi makan ikan-ikan yang ada di danau. Anda cukup membeli pelet atau makanan ikan yang dijual seharga sepuluh ribu rupiah per bungkus. Sedangkan untuk sewa perahunya, dapat memberikan uang seikhlasnya, tapi biasanya pengunjung yang datang ke sini mengeluarkan minimal selembar uang sepuluh ribu rupiah.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Wisata kuliner di pasar Ah Poong

Setelah puas menjelajahi danau, perut pun mulai keroncongan sehingga jadi saat yang tepat untuk mencicipi kuliner yang tersedia. Uniknya, kuliner yang dijual berasal dari berbagai penjuru nusantara dan dikategorikan per area, misalnya menu di area A mencakup tahu pong, sate padang, sate Madura, es durian, soto mie, bakmi kepiting, siomay bandung, bakso malang, dan martabak telur. Pengunjung juga dapat mencicipi teh tarik Melaka dan ronde yang cocok untuk menghangatkan tubuh, yang disergap hawa sejuk.

Beranjak ke Area B, ada nasi campur Bali, gudeg dewa, bebek goreng, gado-gado, nasi timbel, pempek, dan nasi langi. Sedangkan di Ah Poong Extension tersedia ice cream gentong, mie aceh, rujak ulek, peuyeum pasir sagita, pisang goreng sambal, dan laksa. Sistem pembayaran yang dipakai di sini adalah menggunakan kartu deposit, dan akan dikembalikan dalam bentuk uang jika masih ada sisa.

Bermain di aliran sungai buatan

Kenyang menikmati kuliner, seru juga jika memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk membeli sayuran dan buah-buahan di atas pasar apung, sambil mengitari sungai dan menikmati keindahan di sekitar pasar. Jangan lupa sempatkan diri untuk bermain di aliran sungai yang ada di danau buatan. Airnya yang dingin terasa menyejukkan, terutama saat menghadapi sinar matahari yang terik ketika Anda datang ke sini di siang hari.

Jam operasional dan akses lokasi Pasar Ah Poong

Ah Poong ini buka setiap hari, Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 sampai 22.00 serta Sabtu, Minggu, dan hari libur dari pukul 07.00 hingga 22.00. Untuk menuju kesini sangat mudah, apabila Anda berasal dari Jakarta, maka arahkan kendaraan keluar melalui Exit Tol Sentul Selatan 1, sedangkan jika dari Bogor maka pacu kendaraan melalui Exit Sentul Selatan 2.

Setelah dari gerbang tiket, Anda akan menemukan Bellanova Country Mall dan Kantor Pemasaran Sentul City. Nantinya akan terlihat bundaran dan petunjuk arah menuju Pasar Ah Poong. Melewati komplek STIE Takzia dan Masjid Andalusia, pengunjung akan segera memasuki area parkir.

Tips wisata ke Pasar Ah Poong

  1. Jangan lupa untuk memberikan uang lelah atau tip kepada pengayuh perahu sampan yang sudah mengantar Anda berkeliling di sekitar kawasan sungai buatan. Meskipun pengayuh ini tidak meminta secara langsung, umumnya para pengunjung memberi tip Rp 10.000,-
  2. Tidak perlu ragu membeli makanan di area food court karena uang yang sudah dideposit akan dikembalikan jika masih ada sisa dalam bentuk uang tunai.
  3. Buang sampah di tempat yang sudah disediakan. Meskipun lokasi wisata pasar ah poong sudah memilki sejumlah petugas kebersihan, namun kesadaran pengunjung akan menjadikan kawasan wisata lebih bersih dan nyaman.
  4. Pengunjung dapat membeli buah-buahan dan sayuran yang dijual oleh para pedagang di atas sampan perahu.
  5. Selalu waspada dan jangan lengah mengawasi anak-anak, karena di area food court lantai atas. Pagar pembatas bisa menjadi tempat anak-anak bermain dan berisiko jatuh ke sungai.
  6. Area food court akan sangat ramai ketika jam makan siang tiba. Terlebih pada saat liburan akhir pekan. Kemungkinan besar anda akan kesulitan mencari tempat duduk di dalam area food court.

**

  1. Jika parkir penuh, anda bisa memilih lahan parkir alternatif di mal belanova berlokasi di dekat pintu tol. Di dalam mal terdapat akses langsung menuju pasar ah poong, namun harus melewati taman ecoartpark.
  2. Alternatif waktu yang tepat untuk datang ke pasar ah poong adalah pada sore hari. Pasalnya, di siang hari, udara di sekitar area food court sangat gerah dan panas. Cuaca di sore hari lebih nyaman dan memberikan pemandangan lampu-lampu yang meriah. Hanya saja, kondisi di taman ecoartpark menjadi gelap dan tidak memungkinkan untuk berfoto ria.
  3. Wisata kuliner di sejumlah booth menjadi primadona. Di antaranya seperti nasi goreng guan tjo dari bogor, gado-gado dari cipete, snow ice dari singapore, hingga tahu lym dari kediri.
  4. Isilah kartu deposit eat & eat anda dengan jumlah yang mencukupi. Hal ini sangat berguna, agar anda tidak perlu antri atau bolak-balik ke bagian kasir. Memesan menu makanan yang berat setelah pesan bisa langsung membayar memakai kartu deposit eat & eat ah poong tersebut.
  5. Agak berbeda dengan stand makanan berat yang bisa langsung dibaya. Memesan makanan ringan anda harus memesan. Kemudian membayar di kasir, baru kemudian menyerahkan struk pembayaran ke stand untuk mengambil makanan.
  6. Jam makan siang membuat orang harus rela antri untuk bisa mengisi perut. Maka dari itu jangan heran jika area food court yang mampu menampung 150 orang ini begitu padat ketika hari libur. Dan ada sejumlah orang yang mungkin sedang mengantri tempat duduk anda.
  7. Usai bersantap dan mengusir lelah. Ajak anak-anak bermain di sekitar taman yang sarat akan edukasi bermanfaat. Seperti taman eco art park, taman patung, taman energi, taman bambu dan sebagainya.

Nah tidak ada alasan lagi untuk menunda kepergianmu. Cicipi sensasi berlibur sambil menikmati wisata kuliner di Pasar Ah Poong, Sentul. Selamat mencoba! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *