Pantai Teluk Penyu, Tempat Wisata di Cilacap Paling Digemari

Memiliki wilayah laut yang luas menjadikan Indonesia kaya akan pantai- pantai yang elok. Kali ini kita akan melongok salah satu tempat wisata di Cilacap yang menjadi andalan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yaitu Pantai Teluk Penyu. Suasana pantai yang nyaman sangat cocok sebagai pelepas penat dan penghilang stres.  Daripada pusing-pusing menentukan tempat wisata yang akan dituju pada musim liburan tahun ini, kenapa tak mencoba saja Pantai Teluk Penyu Cilacap? Sebagai bahan pertimbangan, simak lebih lanjut ulasan tentang tempat wisata Pantai Teluk Penyu berikut ini:

Pantai Teluk Penyu terletak di Kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap. Untuk mencapai tempat wisata di Cilacap ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dari pantai ini, Anda bisa menyaksikan bentangan alam laut Samudera Hindia. Anda dapat pula melihat tegarnya Kilang Pertamina serta Pulau Nusakambangan dengan jelas. Suasana pantai semakin kental terasa saat melihat jajaran perahu nelayan yang sedang berlabuh ataupun yang berlalu-lalang di sepanjang pantai. Selain perahu tradisional, Anda juga bisa menyaksikan kapal-kapal tanker yang keluar masuk pelabuhan Tanjung Intan.

Saat memasuki tempat wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap, Anda akan disambut dengan aroma amis ikan dan bau ikan asin yang berasal dari kios-kios penjual ikan di area ini. Anda bisa dengan leluasa memilih ikan segar hasil tangkapan nelayan kemudian langsung bisa menikmatinya karena sebagian besar kios-kios penjual ikan telah bekerja sama dengan tempat makan yang berderet di sepanjang jalan. Di area masuk tempat wisata Pantai Teluk Penyu Anda juga bisa menemukan penik-pernik khas pantai yang di kios-kios cinderamata yang berjejer disepanjang kanan dan kiri jalan. Anda juga bisa menikmati , mercusuar di area pantai. Dan bisa bersantai di gazebo-gazebo yang sudah disediakan.

 

Baca Juga : Travel wisata pantai Pangandaran

 

Anda bisa melakukan beragam aktivitas di tempat wisata Pantai Teluk Penyu. Salah satunya adalah memancing di tepian pantai. Sambil memancing Anda bisa bersenda gurau dengan pasangan ataupunanggota keluarga sambil menikmati hempasan angin pantai yang sejuk. Anda juga bisa bermain voli di area yang sduah disediakan.

Tak hanya wisatawan lokal lho yang memadati tempat wisata di Cilacap ini tapi wisatawan mancanegara pun sering kepergok berlibur di sana.  Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan laut Pantai Teluk Penyu, Anda hanya dikenakan biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah per orang. 

Jika ingin bermain pasir, Anda bisa menyeberang ke Pantai Pasir Putih yang berada di Pulau Nusa Kambangan. Untuk sampai kesana, Anda terlebih dahulu harus menyewa kapal dengan tarif sekitar 10 ribu hinga 20 ribu per orang. Harga sewa ini bervariasi tergantung dari kemahiran Anda melakukan tawar-menawar serta waktu Anda berkunjung apakah hari biasa atau pas hari libur. Selama dalam perjalanan menyeberang ke Pulau Nusa Kambangan, Anda bisa menikmati ombak laut dan melihat orang-orang memancing di tengah laut.       

Sesampai di Pulau Nusa Kambangan, Anda harus membeli tiket lagi untuk bisa masuk ke area wisata Pantai Pasir Putih. Anda harus berjalan kaki setidaknya 15 menit untuk bisa menikmati pasir putihnya. Sepanjang perjalanan ini, Anda akan melewati hutan-hutan yang sejuk dan warna hijaunya benar-benar menyegarkan mata. 

Di Pulau Nusa Kambangan juga menyediakan aneka water sport bagi pengunjung yang ingin menikmatinya. Jika memang ingin menguju nyali, datang saja ke kios Randoan Water Sport & Wisata Bahari di Areal 70 Pantai Teluk Penyu. Di sini Anda bisa menyewa Jet Ski, Banana Boat, Donut Tube dan lain sebagainya.

Balik lagi ke tempat wisata Pantai Teluk Penyu, Anda bisa juga mengunjungi obyek wisata lain yaitu Benteng Pendem. Benteng ini dikenal sebagai bangunan bersejarah peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng yang sering dijadikan jujukan para wisatawan yang berkunjung ke Cilacap ini menyimpan aura mistis yang kental dan terkenal sangat angker. Oleh karenanya, benteng ini sering digunakan sebagai lokasi syuting oleh beberapa TV nasional untuk program-program mistis mereka.     

Tertarik untuk berlibur ke tempat wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap? Segera ajak keluarga, teman atau pasangan Anda berwisata ke sana.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.