Pantai Tanjung Siambang, Pesona yang Mampu Usir Lelah dan Bimbang

Pantai Tanjung Siambang – Apabila Anda berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau, belum lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi objek wisata pantai di tanah melayu ini. Salah satunya adalah Pantai Sri Arjana atau yang lebih familiar disebut Pantai Tanjung Siambang. Pantai yang sangat indah dengan aroma khas pantai, yang seakan akan pulau in terasing tetapi modern, sangat menenangkan. Ingin mengetahui lebih lanjut bukan tentang Pantai Tanjung Siambang ini? Ikuti terus ulasan berikut ini.

Cuaca Pantai Tanjung Siambang

Cuaca panas khas pantai yang begitu menyengat kulit  pada pekan pertama bulan Juli di daerah yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Meski demikian, pohon kelapa yang tumbuh subur dibibir pantai menjadikan udara terasa lebih sejuk dan semilir angin yang menyapu lautan dan daerah pantai yang bersih dari sampah membuat semakin betah berada di pantai sambil menikmati keindahan yang disuguhkan oleh alam. Di tambah sekeliling pantai terdapat banyak rumah kayu bernuansa klasik milik warga yang tinggal di daerah pantai, juga suasana yang masih bernuansa tradisional.

Lokasi Pantai Tanjung Siambang   

Sayangnya, pantai yang bersih dan nyaman ini belum banyak diketahui oleh wisatawan, bahkan warga Tanjung Pinang pun masih belum semua mengetahui keberadaan pantai ini. Untuk perjalanan menuju Pantai Tanjung Siambang memakan waktu sekitar Dua Puluh menit dari pusat kota Tanjung Pinang. Akses jalannya pun masih terbilang cukup sulit untuk menemukan pantai ini karena belum adanya petunjuk untuk menuju pantai ini. Tetapi Anda tetap dapat menemukan pantai ini dengan bantuan banyaknya pohon kelapa disepanjang perjalanan menuju pantai.

Keindahan Pantai Tanjung Siambang

Meski ukurannya garis pantainya tidak begitu panjang tetapi keindahan yang disuguhkan tidak kalah menarik dengan pantai – pantai lainnya yang sudah dikenal lebih dulu. Pantai ini dapat dijadikan agenda untuk berlibur bersama keluarga, ombaknya yang juga tidak terlalu tinggi sehingga anak – anak aman dan nyaman untuk berenang dan bermain. Pantai inipun juga berhadapan dengan Pulau Basing jadi wisatawan dapat juga melihat keindahan yang ada.

Fasilitas Pantai Tanjung Siambang

Karena pantai ini tergolong masih baru ditemukan. Maka, hanya beberapa wisatawan yang sudah mengetahuinya. Fasilitas yang tersedia pun belum cukup banyak dijumpai. Hanya ada beberapa pondok yang khusus disewakan untuk pengunjung bersantai. Pondok ini berada di bibir pantai yang dapat disewa sekitar 35 ribu rupiah. Selain dapat bersantai ria Anda juga dapat menikmati wisata lainnya yang terdapat di Pantai Tanjung Siambang. Yaitu antara lain Wisata Tanah Merah yang dapat ditemukan di daerah perumahan Pemrov Kepulauan Riau. Spot ini paling pas saat matahari mulai tenggelam.

Rencana Pemerintah Daerah

Berhubung Pantai Tanjung Siambang merupakan objek wisata yang baru yang mempunyai potensi untuk menarik wisatawan, walikota Tanjung Pinang Lis Darmansyah menyatakan ketertarikannya. Beliau setuju untuk dijadikan objek wisata. Dan selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Pemrov Kepri agar selanjutnya bisa dikembangkan lagi menjadi objek wisata dan menarik wisatawan agar lebih banyak berdatangan ke Pulau Tanjung Siambang ini karena pada dasarnya pantai ini memiliki pesonanya sendiri.

Baca juga: Pemandian Batu Ampar, Salah Satu Obyek Wisata Andalan di Lingga, Kep. Riau

Sejarah Pantai Tanjung Siambang

Dulunya pantai ini merupakan salah satu kawasan di Pulau Dompak, Tanjung Pinang. Dua tahun yang lalu kawasan pantai ini cukup sulit dijangkau. Dan untuk sampai ke lokasi harus menggunakan jalur laut. Tetapi kini pembangunan proyek jalur darat sudah terlaksana dan sudah dikembangkan. Yaitu adanya jembatan penghubung antara Pulau Dompak dan kota Tanjung Pinang. Hanya saja aksesnya yang masih sepi karena masih belum banyak bangunan yang berada di sisi jalan.

Jagalah kebersihan pantai

Baru – baru ini sering ditemukan beberapa pantai tersembunyi yang tak kalah indah dengan pantai lainnya. Bahkan mempunyai potensi yang lebih untuk dijadikan tempat wisata. Pantai tersembunyi ini biasanya memiliki kebersihan yang masih benar-benar asri dan sangat terjaga. Oleh sebab itu,  sepatutnya kita juga harus menjaga. Agar pantai baru yang memiliki daya tarik bagi wisatawan ini tetap terjaga kebersihannya. Karena dengan menjaganya kita telah membantu melestarikan lingkungan. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *