Pantai Tanjung Setia Lampung Barat, Surga Bagi Para Peselancar

pantai tanjung setia pantai yang indah ternyata tak hanya bisa ditemukan di bali. Di lampung barat, salah satu kabupaten yang masuk dalam provinsi paling selatan di pulau sumatera yaitu lampung, juga menyimpan sebuah pantai elok yang menjadi surga bagi para peselancar.

Nama pantainya adalah pantai tanjung setia. Meski tempatnya terpencil, pantai ini memiliki ombak yang menantang dan tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di sumatera untuk melakukan olahraga selancar. Selain bagi para peselancar, pantai tanjung setia ini juga menjadi magnet tersendiri bagi para petualang untuk datang ke sana karena tempatnya di kelilingi oleh hutan lindung wisata bukit barisan yang menyuguhkan wahana yang tak tebatas untuk dieksplorasi. Penasaran dengan pantai tanjung setia ini? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini!

Asal usul nama pantai tanjung setia

Nama pantai tanjung setia diambil dari nama desa tempat pantai indah ini berada yaitu desa tanjung setia yang masuk dalam wilayah krui kabupaten pesisir barat, sebelumnya kabupaten lampung barat provinsi lampung. Dari kota bandar lampung, pantai ini bisa ditempuh sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan. Bila anda berkunjung ke sana, tak hanya kawasan pantai yang indah saja yang bisa anda temui, namun segar dan alaminya nuansa hutan juga akan anda rasakan sebab pantai ini berdekatan dengan kawasan hutan lindung bukit barisan.

Karakteristik ombak di pantai tanjung setia

Para peselancar baik dari dalam maupun luar negeri sangat menyukai pantai tanjung setia karena pantai ini mempunyai kharakteristik ombak yang sempurna untuk melakukan surfing. Ombak di pantai tanjung setia sangat besar karena pantai ini berhadapan langsung dengan samudera hindia. Ketinggian ombak di pantai tanjung setia dapat mencapai 6 hingga 7 meter bahkan di spot tertentu ombak bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter dan panjang 200 meter.

Tak heran, apabila para pecinta selancar dari berbagai belahan dunia sangat tertarik untuk mendatangi tempat ini. Di pantai inilah para peselancar merasa menemukan habitatnya. Ombak yang penuh tantangan ini biasanya muncul pada bulan juni hingga agustus. Demi menunggu ombak yang besar dan sempurna untuk dijinakkan, para peselancar biasanya rela tinggal di pantai tanjung setia selama beberapa minggu.

Keindahan pantai tanjung setia

Tak hanya tempat yang asyik untuk surfing, pantai tanjung setia juga menawarkan lingkungan sekitar yang masih asri dan juga beberapa keindahan alam yang memukau. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan terhampar di sepanjang pesisir pantai. Bila berkunjung ke sana bersama pasangan, anda dapat menikmati keromantisan dengan berjalan menyusuri pantai ditambah dengan iringan deburan ombak yang bersahut-sahutan. Tak hanya itu, pantai ini juga menawarkan suguhan sunset yang indah di mana bola raksasa seolah tertelan gelombang yang menggelora. Rimbunnya pepohonan palem di sekitar pantai semakin menambah keindahan pemandangan alam di pantai tanjung setia.

Ikan blue marlin raksasa

pantai tanjung setia juga dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para penggemar aktivitas memancing. Jauh dari garis pantai dan gelombang yang menggila, di lepas pantai tanjung setia, terdapat beberapa kumpulan ikan seperti blue marlin raksasa yang siap menanti para pemancing untuk ditakhlukkan. Dikenal masyarakat lokal dengan sebutan iwa tuhuk, blue marlin raksasa dapat mencapai berat 50 hingga 70 kg dan ukuran hingga 170 cm. Bila tersangkut kail, ikan jenis ini akan sekuat tenaga melakukan perlawanan hingga akan memberikan sensasi tersendiri bagi anda bila berhasil menangkapnya.

Manfaatkan jasa agen travel wisata ke pantai tanjung setia

Meski dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, pantai tanjung setia belum begitu ramai dikunjungi wisatawan seperti pantai kuta di bali. Namun, bagi mereka yang benar-benar ingin memompa adrenalin ataupun para petualang, pantai dengan lokasi yang terpencil dan belum tersentuh ini dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk liburan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke sana, anda dapat menggunakan jasa agen travel wisata yang ada di bandar lampung yang melayani rute ke pantai tanjung setia dengan biaya rp. 70.000,-. Anda juga bisa menumpang bus krui putra dari terminal di kota bandar lampung hingga turun di lokasi dengan tarif sekitar rp. 50.000,- hingga rp. 60.000,-. Membawa mobil pribadi ke lokasi pantai juga dapat memberikan pengalaman yang menarik dengan menggunakan GPS sebagai penunjuk jalan.

Baca juga: Pantai Nihiwatu, Surga Peselancar Belum Tersentuh

**

TIPS WISATA KE pantai tanjung setia UNTUK BERSELANCAR

Bisa dibilang ke pantai tanjung setia jika tidak mencoba berselancar rasanya akan menyesal dan rugi sendiri. Pasalnya, ombak di pantai tanjung setia begitu bagus bentuk dan pas dipakai untuk mencoba maneuver-manuver baru saat menunggangi ombak.

Akan tetapi, mungkin hal itu terdengar mudah bagi peselancar pro. Namun, bagaimana dengan para peselancar yang masih pemula? Yuk, kita ikuti tips-tips penting saat berkunjung ke pantai tanjung setia untuk berselancar…

  1. Sewa papan selancar

Untuk menyewa papan selancar di sekitar pantai tanjung setia sudah banyak tersedia tempat persewaan. Rata-rata disewakan Rp 50.000 – Rp 100.000 per 3 jam atau sesuai nego. Bagi para pemula, waktu 3 jam sudah cukup menguras tenaga dan keringat. Oleh karena itu, disarankan untuk menyewa satu papan selancar ini untuk 2 orang. Jadi, anda bisa saling bergantian dengan teman agar tidak terlalu lelah dan tarif sewa tidak terbuang percuma. Dan satu lagi, sewa papan selancar yang ukurannya paling besar. Papan berukuran besar akan memudahkan anda untuk menjaga keseimbangan tubuh daripada papan selancar yang kecil.

  1. Sewa pelatih

Ada juga beberapa persewaan papan selancar yang menyediakan jasa pelatihan berselancar. Rata-rata tarifnya Rp 200.000 dalam sehari. Jika anda beruntung maka harga tersebut bisa digotong untuk 3 orang pemula. Bahkan, untuk menarik minat para wisatawan, tidak jarang para pelatih memberi garansi untuk bisa cepat mahir berselancar dalam satu hari. Akan tetapi, memang dalam berselancar dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang terus-menerus berlatih. Jangan berkecil hati, jika anda rajin berlatih, pasti akan terbiasa melakukan manuver di atas ombak.

  1. Pilih waktu kunjungan yang tepat

Sebaiknya, wisata ke pantai tanjung setia memang disarankan ketika cuaca sedang bagus atau sekitar pertengahan tahun di mana tidak sering turun hujan. Selain itu, anda bisa berselancar pada saat pantai sedang surut yaitu siang hari sampai sore hari. Ombaknya tidak terlalu besar tetapi masih bisa dipakai bermanuver. Bagi para pemula tentu ombak yang ‘ringan’ ini lebih mudah untuk ditunggangi. Jangan takut jatuh atau terkena karang, karena ketenangan adalah kunci agar bisa cepat mahir berselancar.

  1. Utamakan keselamatan

Bersenang-senang di pantai tanjung setia jangan melupakan tentang keselamatan di sekitar pantai. Jika anda mencoba berselancar, ikat tali yang ada di ujung papan selancar dengan kuat di pergelangan kaki. Tali ini yang akan mendekatkan anda dengan papan seluncur saat jatuh ke dalam air. Selain itu, anda juga bisa melengkapi diri dengan pelampung apabila kurang jago berenang.

  1. Jaga kebersihan

Tidak pernah bosan, kami menghimbau kepada seluruh pengunjung pantai tanjung setia agar selalu menjaga kebersihan pantai dan jangan sekali-kali membuang sampah ke laut. Sampah yang ada di laut sangat sulit terurai secara alamiah bahkan mungkin tidak akan pernah terurai hingga jutaan tahun. Tidak jarang sampah-sampah ini ikut terbawa arus hingga ke pulau-pulau sekitarnya dan menumpuk di sana. Tentunya, hal ini akan menjadi pekerjaan rumah baru yang harus diselesaikan oleh para petugas pecinta lingkungan di kawasan pantai. So.. Please keep our ocean clean!

**

Selamat berlibur!  (jari adventure-det img dunia pariwisata)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.