Eloknya Pantai Takisung di Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Pantai TakisungPernah dengar nama Pantai Takisung? Masyarakat Kalimantan Selatan pasti sudah tak asing lagi dengan nama ini. Tapi, bagi Anda yang belum tahu, Takisung sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di desa inilah terdapat sebuah obyek wisata yang terkenal yaitu Pantai Takisung. Pada saat hari libur, tempat ini ramai dikunjungi oleh warga Kalimantan Selatan terutama dari daerah Banjarbaru, Banjarmasin, dan Tanah Laut. Bila Anda sedang dalam perjalanan dinas maupun darmawisata ke Kalimantan Selatan, tak ada salahnya lho meluangkan sedikit waktu untuk berkunjung ke obyek wisata Pantai Takisung ini. Bersiaplah untuk terkesima dengan suguhan panorama lautnya yang indah. Selamat berkunjung!

Akses Lokasi

Dari kota Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut, obyek wisata Pantai Takisung berjarak sekitar 22 kilometer. Sedangkan bila dari Banjarmasin, pantai ini berjarak sekitar 87 kilometer. Bila dilihat di peta, Pantai Takisung berada di ujung paling selatan provinsi dengan julukan Bumi Lambung Mangkurat ini. Pantai Takisung merupakan pantai yang mempunyai tebing tinggi dengan tangga berundak untuk dapat melihat pemandangan pantai dari atas. Angin Laut Jawa yang berhembus di kawasan pantai ini luar biasa kencang. Menariknya, Pantai Takisung menyediakan sarana hiburan yang banyak bagi pengunjung. Seperti benana boat, pasar tradisional yang menjual jajanan dan hiasan khas pantai, seperti ikan, kerang, udang, dan terumbu karang, motor racing mini, wisata ke pulau penyu, dan lain sebagainya.

Sebagai obyek wisata, Pantai Takisung masuk dalam golongan obyek wisata pantai yang mempesona dengan panorama pantai yang dikelilingi oleh pohon kelapa dan pasirnya yang warna merah kecoklatan seperti airnya. Meski Pantai Takisung berada di laut Jawa, namun ombak pantai ini tidak besar seperti halnya pantai selatan Pulau Jawa.

Fasilitas

Awalnya Pantai Takisung hanya memiliki dua buah banana boat saja, namun seiring dengan makin banyaknya pengunjung yang datang ke sana, jumlah banana boat pun bertambah hingga lebih dari sepuluh buah. Tak hanya itu saja, jumlah perahu karet pun kini ada ratusan dan armada klotok yakni kapal wisata kecil pun semakin banyak terlihat berjejer di dermaganya. Pengunjung juga dapat menyewa motor beroda empat untuk menikmati keindahan pantai dengan cara menyusurinya. Di kawasan Pantai Takisung juga terlihat banyak sekali tenda yang disewakan serta payung warna-warni yang berjajar di bibir pantai siap menyambut penyewa yang ingin bersantai menikmati bekal. Keberadaan payung-payung dengan beragam warna ini membuat suasana pantai semakin semarak.

Baca juga: Soto Banjar, Kuliner Terpopuler Asal Kalimantan Selatan

Tarif dan sarana

Para pengunjung yang ingin naik benana boat dikenakan tarif sebesar Rp. 20.000 per orang dewasa dan Rp. 15.000,- per orang anak-anak. Untuk sewa motor roda empat, per setengah jamnya pengunjung membayar biaya sewa sebesar Rp. 50.000,- saja. Sedangkan untuk sewa tenda dan payung sepuasnya pengunjung dikenakan tarif masing-masing sebesar Rp. 50.000,- dan Rp. 25.000,-. Bila ingin menjajal perahu wisata, tarif sewa bervariasi tergantung lama pemakaian. Tujuan dari wisata perahu ini adalah ke Pulau datu yang berjarak setengah jam perjalanan dari bibir Pantai Takisung. Bila ingin mengarungi laut dan menikmati keindahan terumbu karang, pengunjung dapat menyewa perahu kelotok, yaitu perahu yang terbuat dari bahan kayu keras seperti ulin dan digerakkan dengan mesin kendaraan roda empat.

Masalah yang sering mengganggu

Seperti obyek wisata kebanyakan di Indonesia, Pantai Takisung pun tak lepas dari masalah kebersihan yang kurang terjaga, yang sebetulnya sangat disayangkan. Sampah-sampah terlihat berserakan yang menandakan kurang kesadaran pengunjung terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, banyak sekali debu di pantai ini hingga sedikit menganggu kenyamanan. Bila ingin menjaring lebih banyak wisatawan, Pantai Takisung harus lebih banyak lagi menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Lahan parkir, misalnya. Ketidakteraturan lahan parkir di Pantai Takisung membuat jalan satu-satunya menuju ke pantai yang sempit menjadi macet. Terlebih dengan keberadaan pedangan yang berjualan di sembarang tempat membuat suasana semakin semrawut. Bila disediakan lahan parkir yang memadai, situasi seperti yang digambarkan di atas pasti bisa teratasi.

Tips wisata ke Pantai Takisung

Pantai Takisung merupakan salah satu pantai yang menawarkan kesenangan dan keceriaan berbeda. Selain, serunya bermain pasir coklat yang terhampar, para pengunjung juga ditawari berbagai macam fasilitas yang relatif bertarif terjangkau. Nah, apa saja tips-tips yang perlu diperhatikan oleh pengunjung? Mari periksa poin-poin berikut:

  1. sewa payung

Para pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan ketika bercengkrama di bibir pantai ataupun ingin sekadar menyantap aneka sajian piknik. Pasalnya, di Pantai Takisung sudah tersedia sejumlah spot-spot khusus dengan naungan payung lebar untuk 4-5 orang. Tentu saja, jika ingin berteduh dari sengatan terik matahari, para pengunjung diharuskan menyewa tenda-tenda tersebut dengan tarif per buah sekitar mulai dari Rp 25.000. Sementara itu, jika ingin menyewa tenda bisa merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

  1. naik banana boat, ATV (motor) atau perahu karet

Ada satu fasilitas yang cukup menarik animo para pengunjung, yaitu naik banana boat. Sarana hiburan ini memang seru dan banyak peminat karena bisa menjelajahi perairan di sekitar pantai bersama teman-teman atau keluarga. Muat untuk sekitar 6 orang, banana boat memang layak untuk dicoba sebagai alternatif naik perahu karet ataupun klotok. Jika Anda tidak terbiasa mengendarai kendaraan bermotor seperti All Terrain Vehicle (ATV) atau motor roda empat, jangan cemas! Karena di sini sudah tersedia pemandu atau sopir yang akan membonceng para pengunjung selama sekitar 30 menit atau sesuai kesepakatan di awal menyewa. Tarifnya per jam untuk naik banana boat/perahu karet sekitar mulai dari Rp 20.000 – Rp 50.000,- Sedangkan untuk menyewa motor roda empat/ATV sekitar Rp 50.000 untuk 30 menit.

  1. belanja suvenir

Jalan-jalan dari Pantai Takisung apa ya oleh-oleh yang bisa dibawa pulang? Jangan bingung. Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba. Di antaranya seperti ikan kering yang sudah diawetkan untuk oleh-oleh para pengunjung dari luar daerah. Ikan kering ini bisa bertahan lebih dari satu bulan, jadi tidak perlu khawatir basi atau busuk di tengah perjalanan. Selain itu, masih ada jenis hiasan khas pantai seperti bingkai foto dari kerajinan tangan cangkang kerang, perhiasan dari kerang, dan sebagainya.

  1. jaga kesehatan

Wisata ke pantai, terkadang membuat beberapa orang terkena dehidrasi karena teriknya udara. Untuk itu, jaga kondisi tubuh dengan meminum air setiap 1-2 jam sekali agar tidak kekurangan cairan atau pingsan. Anda juga bisa menyeruput segarnya minuman kelapa muda yang berkhasiat untuk memenuhi cairan tubuh.

  1. jaga kebersihan pantai

Pantai Takisung akan benar-benar padat ketika liburan tiba. Seperti masalah tempat wisata kebanyakan di Indonesia, selalu dan selalu adalah masalah sampah. Para pengunjung sudah dihimbau untuk membuang sampah di tempatnya, namun ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang membuang sampah bekas minuman atau makanan sembarangan. Sampah plastik akan menumpuk di bibir pantai terutama di atas pasir, dan membutuhkan waktu hingga jutaan tahun agar bisa terurai. Solusinya, bawa sendiri kantung plastik untuk mengumpulkan sampah jika Anda sedang berpiknik atau membawa makanan. Kemudian, nanti sepulangnya berwisata bisa dimasukkan ke tempat sampah yang sudah disediakan. Pantai tetap bersih, para pengunjung akan menjadi lebih nyaman.

***

Nah, bagaimana, Anda berminat untuk mencoba aneka fasilitas yang tersedia di Pantai Takisung? Segera hubungi agen travel wisata kami untuk mengakomodir perjalanan wisata Anda di bumi Kalimantan Selatan – (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *