3 Pantai Spektakuler yang Jadi Surga Liburan di Nusa Tenggara Timur

Sudah bukan rahasia umum lagi bila pesona alam di Indonesia Timur amatlah menggiurkan untuk dikunjungi. Indonesia Timur memang bagai medan magnet bagi wisatawan. Alamnya yang masih sangat terjaga memberikan pemandangan yang ciamik. Tak heran bila para pelancong datang jauh-jauh kemari. Pengalaman yang didapatkan akan setara dengan yang sudah dikorbankan.

Nusa Tenggara Timur atau yang biasa disingkat NTT memiliki 21 kabupaten/kota. Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Memiliki total luas sekitar 48.718.10 Km2, merupakan wilayah yang cukup luas untuk dieksplor lagi. Beningnya air laut, Rindangnya pepohonan pantai, lembutnya pasir putih, perpaduan elok yang dapat dengan mudah kamu temukan disini. Berikut adalah beberapa pantai indah yang bisa membuat kamu betah berlama-lama.

  1. Pink Beach

Terletak di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Di dunia, pantai yang memiliki pasir berwarna pink hanya berjumlah 7, Pink Beach merupakan satu dari dua pantai di Indonesia yang punya keunikan tersebut. Warna Pink ini didapat dari butir-butir asli warna putih pasir pantai yang bercampur  dengan serpihan karang Merah Muda. Terpaan sinar matahari akan menambah jelas warna pink di Pantai ini.

Hamparan bukit beserta ombak yang tenang bisa memberikan kenyamanan tersendiri untuk kamu. Janganlah kamu membayangkan fasilitas mewah dan serba ada, karena di pulau ini tidaklah ada. Kamu hanya bisa menjumpai nelayan yang menawarkan perahu untuk berkeliling pulau dan beberapa orang penjaja makanan atau minuman. Untuk kegiatan snorkling pun, kamu harus membawa peralatan sendiri, tidak ada pihak yang menyewakan perlengkapan snorkling. Namun disamping semua kekurangan yang ada, pantai pink punya pesona yang mampu menggugurkan segala kekurangan tersebut.

  1. Pantai Ratenggoro

Hal langka yang bisa kamu temukan saat berlibur di pulau ini yaitu perpaduan wisata alam dan budaya. Di dekat pantai terdapat sebuah desa Tradisional bernama kampung Ratenggoro dengan makam batu yang bersejarah. Rumah-rumah gulma beratap vertikal menambah keunikan pantai ini. Arsitektur asli rumah tetap dipertahankan. Penduduk setempat masih memegang teguh adat-adat yang ada, oleh karena itu ada baiknya bila kamu kemari mematuhi dan menghormati segala peraturan yang ada.

Garis pantai ditandai oleh pasir putih hingga air kristal. Ombak besar di pantai ini cocok  untuk kamu penyuka surfing. Letak pantai ini di Desa Ratenggoro, Kecamatan Kodi Bangedo, NTT. Infrastruktur menuju pantai ini mulus dan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari kota Waikabubak. Jika kamu berjalan di sekitar pantai, kamu akan melihat menara rumah dari dua desa, yaitu Wainyapu dan Ratenggoro.

  1. Pantai Koka

Ditengah laut terlihat sebuah pulau karang kecil. Konon, itulah yang bernama pulau Koka. Menurut warga setempat, disana bersemayam ular-ular laut yang tidak berbisa. Pamali bagi warga untuk membunuhya.

Air jernih berwarna biru toska bisa kamu temukan disini. Letaknya sendiri berada di desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, NTT. Fasilitas yang dimiliki memang masih sangat minim, pemerintah perlu memberi perhatian lebih agar tempat-tempat seperti pantai koka dapat menjadi ladang devisa. Pantai koka berjarak sekitar 42Km dari kota Maumere.

Di sekitar pantai koka terdapat beberapa pulau serta batu yang cukup sakral. Salah satunya adalah batu karang besar berwarna hitam yang disebut dengan Watu Kuda yang katanya merupakan jelmaan dari seekor kuda astral. Terlepas dari segala mitos yang dipunya, pantai koka memiliki pesona yang indahnya tak terkira.

baca juga:

4 Tempat Wisata Alam Amerika Serikat Paling Ideal Untuk Olahraga

 

Indonesia memang tak ada henti-hentinya dalam menyuguhkan pesona Alam yang begitu Sempurna. Pink beach, Pantai Ratenggoro, dan pantai koka hanyalah contoh pantai indah yang dimiliki. Sayangnya, ketiga pantai tersebut masih belum punya fasilitas yang memadai, tugas pemerintah sekarang adalah memberi suntikan dana dan rencana yang matang agar pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah  dengan pulau bali atau pun Yogyakarta.

***

Bila kamu berkunjung ke NTT, masukkan 3 pantai tersebut dalam list tujuan kamu ya. Menjangkau tempat-tempat tersebut tidaklahmudah. Untuk memudahkan kamu, gunakanlah Agen Perjalanan. Agen perjalanan Jari Adventure siap mengantar kamu sampai kesana. Jari Adventure merupakan Agen perjalanan yang terpercaya dan handal dalam bidangnya. Tak perlu ragu lagi, percayakan perjalanan Anda di Jari Adventure agar perjalanan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *