Pantai Sawarna, Obyek Wisata Terpopuler di Banten

Pantai SawarnaSaat berjalan-jalan ke Banten, Anda sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke salah satu obyek wisata yang cukup populer di sana. Namanya Pantai Sawarna. Pesona yang ditawarkan Pantai Sawarna rupanya tak kalah dengan obyek wisata pantai lain di Banten yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan, seperti Pantai Anyer dan Pantai Carita. Agar Anda tak penasaran dengan Pantai Sawarna, yuk simak ulasannya di bawah ini sebelum Anda benar-benar berkunjung ke sana.   

Lokasi Pantai Sawarna

Obyek wisata Pantai Sawara berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pemandangan alam Pantai Sawarna sangatlah indah namun untuk mencapai tempat ini tidaklah mudah. Perlu usaha yang cukup keras dan gigih sebelum Anda sampai di sana sebab akses menuju ke obyek wisata Pantai Sawarna relatif cukup susah. Banyak aspal jalan yang telah rusak sehingga sangat sulit untuk dilaluai. Namun, susah dan lelahnya perjalanan menuju ke Pantai Sawarna akan terbayar lunas begitu Anda tiba di lokasi dan melihat keindahan Pantai Sawarna secara langsung. 

Jarak Pantai Sawarna dari ibukota Jakarta memang cukup jauh, yakni sekitar 280 km. Butuh sekitar 6 jam perjalanan dari Jakarta menuju Pantai Sawarna. Anda dapat memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk mencapai lokasi wisata. Bila kendaraan umum yang Anda pilih maka Anda harus memilih bus jurusan Bogor – Pelabuhan Ratu. Sesampai Pelabuhan Ratu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Sawarna. Jarak Pelabuhan Ratu dengan Desa Sawarna sudah cukup dekat yaitu sekitar 60 km saja.

Rute lokasi

Sebetulnya, terdapat dua jalur yang dapat Anda pilih untuk menuju obyek wisata Pantai Sawarna. Yang petama yaitu Jakarta- Serang Timur – Pandeglang – Malimping – Bayah – Sawarna. Jalur ini dikenal sebagai jalur yang terpendek. Meski begitu, akses menuju ke Pantai Sawarna bila memilih jalur ini sangatlah sulit karena kondisi aspal jalan banyak yang rusak sehingga tetap saja membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama. Jalur ini biasa dilewati oleh angkutan umum.

Sedangkan untuk jalur yang kedua, Anda dapat lewat Jakarta – Ciawi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna. Meski jalur kedua ini cukup panjang, Anda dapat menghemat waktu tempuh karena kondisi jalan yang bersahabat dan cukup baik. Jalur ini paling tepat dipilih bila Anda menggunakan kendaraan pribadi. Namun, kewaspadaan dan kehati-hatian mutlak dibutuhkan bila Anda memilih jalur ini karena akan ada banyak sekali tanjakan dan belokan serta tikungan tajam sebelum Anda tiba di Pantai Sawarna. Anda wajib mempersiapkan fisik yang prima agar dapat menakhlukkan medan dan kondisi kendaraan Anda pun harus tahan banting.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Pesona Pantai Sawarna

Rasa lelah sepanjang perjalanan akan terbayar begitu Anda tiba di lokasi obyek wisata Pantai Sawarna. Panorama alam di pantai ini sangat mengagumkan. Air lautnya berwarna biru bersih dipadu dengan hiasan pemandangan perbukitan yang nampak menghijau sungguh merupakan sebuah pemandangan yang sangat memukau. Henbusan angin yang lembut menyapa kulit seketika dapat meluruhkan rasa lelah yang mendera akibat perjalanan jauh yang baru saja Anda lalui. Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar hingga para wisatawan yang berdatangan tak sedikit yang memanfaatkannya untuk berselancar. Tak hanya berselancar dan menikmati pemandnagan pantai yang indah, wisatawan juga dapat mengunjungi gua yang cukup indah yang berada di sekitar kawasan pantai.

Tidak sulit untuk menemukan warung-warung makan di sekitar Pantai Sawarna bila Anda merasa lapar. Anda juga dapat dengan mudah menemukan penginapan bila ingin tinggal lebih lama di pantai ini untuk menikmati keindahannya. Dari mulai penginapan sederhana hingga hotel dan resort yang mewah dapat Anda temukan di Pantai Sawarna. Semua tergantung dari kondisi keuangan Anda.

Tips wisata ke Pantai Sawarna

  1. Ikut agen travel wisata

Biasanya, ketika Anda bergabung dalam agen travel wisata untuk mengatur perjalanan wisata, Anda akan mendapatkan seorang pemandu lokal yang berpengalaman dan menjelaskan setiap tempat yang mungkin belum banyak dikenal orang. Ini adalah keuntungan tersendiri, mengingat Anda juga tamu dan pendatang yang tidak pernah ke Pantai Sawarna. Jangan ragu menghubungi agen travel wisata kami untuk mengakomodir semua kebutuhan perjalanan wisata ke Pantai Sawarna.

 

  1. Moda transportasi ke Pantai Sawarna

Medan yang masih terjal dan belum begitu baik, membuat para pengunjung memang harus ekstra berjuang untuk bisa sampai di Pantai Sawarna. Jangan khawatir, perjuangan Anda akan terbayar lunas ketika melihat keindahan Pantai Sawarna di Lebak, Banten. Sebaiknya pilih moda transportasi sepeda motor/ojek agar lebih mudah dan cepat menjangkau lokasi. Rute lokasi menuju Pantai Sawarna, adalah dari Serang- Rangkas bitung- Pandeglang. Kemudian, berlanjut hingga ke Gunung Kencana, Bayah lalu ke Desa Sawarna.

  1. Naik angkutan umum/bus

Selain memakai sepeda motor, ternyata ada pula angkutan umum berupa bus. Dari Serang, turun di Terminal Pakupatan. Kemudian, menaiki mobil Elf menuju kota Malimping atau Bayah. Kemudian, baru dari Bayah bisa mengendarai angkutan desa menuju Desa Sawarna. Total perjalanan sekitar 5-7 jam. 

  1. Pilih penginapan jauh-jauh hari

Banyak wisatawan yang terlanjur jatuh cinta dengan keindahan Pantai Sawarna memilih untuk menginap agar dapat lebih lama dan leluasa menikmati pesonanya. Memang di sekitar Pantai Sawarna sudah tersedia penginapan namun bisa penuh jika musim liburan tiba. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan reservasi atau pemesanan penginapan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar. Lagi pula, dengan menginap Anda akan lebih puas dalam menjelajahi kecantikan Pantai Sawarna.

  1. Berangkat lebih pagi

Usahakan untuk melakukan perjalanan menuju ke Pantai Sawarna dengan berankgkat lebih pagi sekitar jam 05.00, pasalnya di beberapa spot masih ada jalanan yang kurang mulus dan minim penerangan. Hal ini bisa memicu aksi kriminalitas dan mengancam keselamatan.

  1. Cek kondisi kendaraan dan bensin

Mengingat medan yang cukup sulit dan setelah melewati Malimping akan susah menjumpai pom bensin, disarankan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan mengisi bahan bakar penuh. Bila perlu bawa bensin dalam botol atau jerigen cadangan.

  1. Bawa uang tunai

Di sekitar kawasan Pantai Sawarna masih belum tersedia sarana Anjungan Tunai Mandiri atau ATM, sehingga lebih baik bawa uang tunai secukupnya tapi jangan berlebihan.

  1. Perhatikan kondisi cuaca

Berkunjung ke pantai, sudah selayaknya untuk berhati-hati tentang cuaca. Hujan, petir, angin, badai bisa merusak liburan Anda kapan saja. Selain selalu memperhatikan prakiraan cuaca, Anda sebaiknya juga berkunjung saat musim panas, sehingga cuaca relatif lebih cerah dan mendukung liburan.

  1. Jaga kebersihan

Kebersihan Pantai Sawarna menjadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pengelola pantai, melainkan juga pengunjung. Buang sampah di tempatnya dan jangan mencemari lingkungan pantai dengan sampah/kotoran apa pun. Taati peraturan yang berlaku misalnya larangan berenang ketika ombak sedang tinggi untuk menjaga keselamatan bersama.

Selain Pantai Sawarna, ternyata masih banyak obyek wisata lain yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di Desa Sawarna. Untungnya lagi, jarak antar obyek wisata ini saling berdekatan hingga sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Beberapa wisata andalan yang ditawarkan Desa Sawarna selain Pantai Sawarna sendiri adalah pantai Tanjung Layar, Pantai Pulo Manuk, Pantai Ciantir, Pantai Karang Taraje, Gua Langir, Gua Seribu Candi serta Gua Lalay. Wah, asyik sekali bukan? (jari adventure-det img: Indonesia Explorer)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *