Pantai Pagatan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Pantai Pagatan – Wisata bahari memang selalu menarik untuk dieksplorasi, seperti yang ada di Kalimantan Selatan ini misalnya. Namanya Pantai Pagatan. Pantainya indah dan sangat eksotis hingga banyak yang tak menyangka obyek wisata pantai semenawan itu bisa ada di Bumi Lambung Mangkurat yang sangat identik dengan sungai dan hutan ini. Penasaran banget seperti apa keindahan obyek wisata Pantai Pagatan? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini!

Lokasi

Obyek wisata Pantai Pagatan merupakan salah satu wisata bahari yang berada di Kalimantan Selatan. Tepatnya di Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, kelurahan Pagatan. Pantai ini berada cukup jauh dari ibukota Banjarmasin. Yaitu sekitar 300 km, dan dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam perjalanan darat. Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari terminal Banjarmasin yang letaknya di Jalan Ahmad Yani KM6. Tersedia bus atau angkutan umum lainnya yang dapat membawa ke lokasi wisata. Untungnya, akses menuju ke Pantai Pagatan terbilang mudah. Dan dapat dijangkau berbagai kendaraan sebab lokasinya terhubung dengan provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Bila tak sempat mampir, keindahan Pantai Pagatan dapat dinikmati pemakai jalan yang sedang melintas menuju Batulicin atau Kotabaru. Karena pantai ini memang letaknya di samping jalan utama Trans-Kalimantan.

Pesona

Obyek wisata Pantai Pagatan mempunyai luas total sekitar 1,5 hektar. Dengan pasir pantai yang memanjang dari barat menuju ke arah timur sepanjang 1,5 km. Kawasan seluas itu tentu saja dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal yang menarik. Sebut saja bermain bola dan juga voli pantai, trakking sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak laut yang menawan. Berenang di tepian dan juga bermain dengan pasir putihnya yang bersih. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan laut biru yang mempesona dengan lambaian pohon kelapa di bibir pantai. Karena banyaknya ikan yang berkeliaran di lokasi, Pantai Pagatan ini juga menjadi tempat memancing yang asyik. Tak perlu bersusah payah membawa peralatan sendiri dari rumah sebab di sekitar tempat ini dapat ditemukan tempat penyewaan alat pancing yang Anda butuhkan. Tak hanya itu, kehidupan masyarakat di sekitar pantai juga sangat menarik untuk diamati.

Pesta Laut Mappanretasi

Selain keindahannya, pantai yang berada di ujung Tenggara Kalimantan Selatan ini juga terkenal di kalangan masyarakat. Sebagai tempat diselenggarakannya festival Pesta Pantai atau Pesta Laut Mappanretasi yang digelar tiap tahun di bulan April. Mappanretasi yang dalam bahasa Indonesia artinya memberi makan laut adalah festival adat suku Bugis yang sudah dijalankan secara turun temurun di Pagatan.

Sebagai pesta pantai, Mappanretasi telah diabadikan dalam sebuah lagu yang diciptakan oleh Hamka. Dalam album Putri Junjung Buih / Panting Dangdut Banjar Volume 1 dan dipopulerkan oleh penyanyi dangdut Meggy Z. Pesta yang biasanya berlangsung selama tiga minggu di bulan April. Dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Khalik atas karunia rejeki yang dilimpahkan dari Pantai Pagatan. Yang dapat menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar pantai yang menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan. Selain itu, pesta laut ini juga diadakan dengan tujuan untuk meminta keselamatan dan perlindungan saat mereka pergi ke laut.

Pesta Laut

Festival yang sangat menarik untuk dilihat ini mempunyai seorang pelaksana utama yang disebut Sanro, yaitu tokoh bugis Pagatan yang mendapatkan gelarnya secara turun temurun. Sanro ini akan didampingi oleh dayang-dayang berjumlah 12, yaitu 6 pria dan 6 wanita. Saat pelaksanaan Mappanretasi, beberapa jenis makanan tertentu seperti pisang barengseng, pisang raja, hitam, kuning, nasi ketan putih, dan merah jambu (yang melambangkan unsur di bumi). Serta ayam jantan hitam si Kadi dan ayam betina si Manis, disiapkan untuk dilarungkan atau dihanyutkan ke laut.

Setelah aba-aba dari Sanro, sajen dan ayam akan dinaikkan ke kapal nelayan yang bertolak dari pantai menuju titik tengah pantai yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah mencapai tujuan, ayam kemudian disembilih dan sajen dihanyutkan disertai dengan doa selamat.

Selain menyaksikan pelepasan sesajen, pesta laut juga dimeriahkan oleh atraksi musik dan tarian yang juga merupakan suguhan budaya yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Bila ingin menyaksikan kemeriahan Pesta Laut, pengunjung harus memperhatikan datang ke Pantai Pagatan pada dua minggu terakhir di bulan April.

Fasilitas pengunjung

Obyek wisata Pantai Pagatan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Di lokasi pantai terdapat hotel bintang tiga juga beberapa wisma dan homestay. Ada juga mushola, warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan dan pondok-pondok untuk tempat berteduh. Di sini juga tersedia lahan perkemahan yang cukup luas.

Tips wisata ke Pantai Pagatan

Pantai Pagatan konon tidak kalah cantik dengan pantai Kuta ataupun pantai Sanur yang sudah sangat terkenal di pulau Dewata. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Pagatan dengan keceriaan dua kali lipat, yuk ikuti tips-tips yang kami sampaikan berikut:

  1. Kondisi lebih sepi di hari biasa

Umumnya, Pantai Pagatan akan lebih sepi ketika di hari biasa atau di luar hari-hari libur seperti weekend. Nah, kondisi ini dapat Anda manfaatkan untuk berwisata bersama pasangan atau ingin liburan ke Pantai Pagatan dengan lebih leluasa.

  1. Tidak perlu membawa perbekalan

Di sekitar bibir pantai, sudah banyak penjual makanan dan minuman yang menawarkan dagangan. Menu-menu laut seperti ikan bakar, udang, kepiting dan sebagainya menjadi menu andalan yang cukup diminati para pengunjung. Minumannya, segelas es degan yang segar tentu akan menjadi pelepas dahaga yang menyejukkan.

  1. Jaga kebersihan pantai

Para pengunjung Pantai Pagatan seringkali diganggu dengan adanya sampah-sampah bertebaran di sekitar bibir pantai. Jika dipikir-pikir mungkin kondisi ini sudah lumrah mengingat panjangnya bibir pantai yang mencapai puluhan kilometer. Namun, tetap masyarakat dan pengunjung dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan sekitar kawasan Pantai Pagatan. Jika kondisi Pantai Pagatan selalu bersih dan indah, maka hal ini akan meningkatkan kunjungan wisata ke Pantai Pagatan yang berimbas pada peningkatan pendapatan para pedagang dan masyarakat sekitar.

***

Sudah siap untuk berwisata ke Pantai Pagatan? Selamat berkunjung… (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *