Obyek Wisata Pantai Ora di Maluku Tengah, Maluku

Pantai OraSiapa yang tak mengenal Maluku. Salah satu provinsi yang terletak di bagian Timur Indonesia ini memang populer karena keberagaman wisata bahari yang dimilikinya. Terdapat banyak sekali obyek wisata seperti pantai yang menawarkan pesona alam yang begitu menawan. Salah satunya adalah Pantai Ora. Bagi Anda pecinta traveling, berkunjung ke Pantai Ora seharusnya tak Anda lewatkan begitu saja sebab banyak kelebihan yang dimiliki obyek wisata di Maluku yang satu ini yang bisa Anda eksplorasi. Seperti apa keindahan pantai yang juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang paling populer dalam hal kebersihannya ini? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini!

Lokasi Pantai Ora

Pantai Ora tepatnya berlokasi di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Bagi Anda yang berasal dari luar Maluku, rute menuju ke obyek wisata ini bisa dimulai dari Bandara Patimura Ambon. Setelah tiba di Bandara, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju ke Pelabuhan Tulehu. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju Pelabuhan Amahai (Masohi) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tarif perahu yang dipatok beragam, yaitu Rp. 92.000,- per orang untuk kelas ekonomi dan Rp. 150.000,- per orang untuk VIP.

Akses transportasi ke Pantai Ora

Dari Pelabuhan Amahai, perjalanan dilanjutkan kembali dengan menggunakan angkutan umum menuju Desa Sawai yang berada di Kabupaten Maluku Tengah. Waktu tempuhnya lumayan lama yaitu sekitar 2 jam. Dari Desa Sawai ini, Anda hanya butuh waktu 10 menit saja untuk menyeberang dengan kapal motor menuju Pantai Ora.

Baca Juga: Pulau Halmahera, Berlian Wisata Diving Maluku Utara

Bagi yang tak ingin menggunakan jasa angkutan umum, Anda dapat menyewa mobil setibanya di Bandara Patimura Ambon. Harga sewa mobil yang ditawarkan tergantung dari kesepakan Anda dengan pemilik kendaraan. Semakin pandai menawar, Anda akan mendapatkan harga sewa yang lumayan miring. Perjalanan darat dari bandara menuju Desa Sawai cukup menguras waktu, yakni sekitar sehari semalam. Anda butuh fisik yang prima untuk melakukan perjalanan ini agar tidak kelelahan sebelum tiba di tempat wisata.

Keindahan pesona Pantai Ora

Perjalanan yang begitu panjang akan terbayar bila Anda telah sampai di Pantai Ora. Pemandangan alam di pantai ini sangatlah indah dan menawan. Pasir pantainya putih bersih dan lembut dengan ombak yang tidak begitu besar. Suasana di sekeliling pantai pun terasa nyaman dan tenang hingga Anda akan merasa seperti di pantai pribadi. Bila malam tiba, Anda dan pasangan dapat menikmati suasana romatis dengan berjalan-jalan maupun duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati keremangan cahaya bulan dan deburan ombak yang syahdu.

Tak hanya panorama alamnya yang indah, Pantai Ora juga dikenal karena menyimpan kekayaan biota laut yang beragam. Ikan yang hidup di pantai ini banyak sekali jenisnya dan juga berwarna-warni. Begitu pula koral atau terumbu karangnya yang beraneka ragam dan sangat indah. Saking jernihnya air laut di kawasan ini, Anda dapat melihat keindahan alam bawah laut Pantai Ora langsung dari atas perahu tanpa harus menyelam di kedalaman tertentu. Wow, sangat menarik bukan?

Atraksi wisata di Pantai Ora

Seperti wisata pantai lainnya, obyek wisata Pantai Ora juga menawarkan berbagai hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke sana. Sebut saja berenang, berjemur, bermain pasir, bersantai di pinggir pantai, berjalan-jalan menyusuri pantai, snorkeling dan juga diving atau menyelam. Anda juga dapat mengabadikan keindahan pantai dengan lensa kamera Anda. Yang mana kira-kira yang bakal menjadi aktivitas favorit Anda saat berada di sana?

Akomodasi di Pantai Ora

Bila Anda ingin menikmati keindahan Pantai Ora lebih lama, Anda dapat menginap di kawasan sekitar pantai. Uniknya, obyek wisata Pantai Ora menawarkan penginapan yang berbentuk rumah panggung di atas laut. Ya, keunikan ini hanya bisa Anda rasakan bila Anda menginap di Ora Beach Resort yang merupakan satu-satunya resort yang ada di sana. Fasilitas yang disediakan resort ini pun cukup terbatas, yaitu tujuh buah kamar laut, sebuah rumah laut yang seluruhnya berada di atas air, empat kamar pantai, kamar, dan sebuah restoran.  Harga yang ditawarkan untuk menginap berkisar antara Rp. 400.000,- hingga Rp. 750.000,- per orang.     

Bila Anda tak menginap di Ora Beach Resort, sebaiknya Anda menyiapkan perbekalan yang cukup termasuk makanan dan minuman sebab tidak ada warung-warung makan di kawasan pantai. Satu-satunya restoran yang bisa Anda temui berada di dalam resort. Jadi, jangan sampai kekurangan bekal ya!

Tips wisata ke Pantai Ora, Maluku tengah

Siapa yang tidak menyukai liburan ke pantai? Pantai berpasir putih nan halus, ditemani semilir angin dan deru ombak, membuat hati dan pikiran terasa bebas dan lega, tidak ubahnya bagaikan burung-burung camar yang melayang di atas laut. Seperti itulah sedikit gambaran ketika Anda menjejakkan kaki di Pantai Ora, yang berada di Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora begitu memukau, bahkan menjadi tempat langganan para turis asing berlibur.

Nah, sebelum Anda berwisata atau mengunjungi Pantai Ora, simak dulu tips-tips berikut yuk…

  1. Pandai-pandai bernegosiasi

Perjalanan panjang menuju Pantai Ora, umumnya bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil sewaan dan perahu cepat atau speed boat. Lagi-lagi Anda harus mengeluarkan kocek yang lumayan mahal. Karena itulah, keahlian bernegosiasi begitu dibutuhkan dalam hal ini.

  1. Ikut agen travel wisata

Kenapa begitu? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika mengikuti atau bergabung dengan agen travel wisata. Pertama, Anda bisa bergabung dengan teman-teman sesama petualang atau wisatawan yang lain dan memperluas jaringan sosial ataupun bisnis. Kedua, memperoleh banyak informasi baru tentang tempat wisata yang mungkin tidak akan Anda ketahui dari media lain. Ketiga, Anda mendapatkan kenyamanan yang sudah disediakan oleh pihak agen travel wisata yang berpengalaman bertahun-tahun, baik dari segi transportasi, akomodasi ataupun perjalanan wisata.

  1. Sebisa mungkin datang dengan grup/rombongan

Liburan ke Pantai Ora, tidak ada salahnya mengajak serta grup atau rombongan dalam jumlah yang banyak. Misalnya 10 sampai 15 orang, Anda bisa mendapat keuntungan bujet liburan yang akan lebih miring karena digotong bersama-sama. Dalam hal transportasi menuju Pantai Ora, membutuhkan sewa kendaraan berupa mobil dan perahu cepat yang tarifnya rata-rata Rp 800.000 hingga 1 juta, jika digotong atau patungan bersama-sama tentu bujet liburan Anda akan jauh lebih terjangkau.

  1. Bawa perlengkapan

Liburan ke mana saja, jangan lupa membawa perlengkapan seperti kacamata hitam, topi, kamera/gadget diserta baterai cadangan/powerbank serta baju secukupnya. Sebisa mungkin, semua perlengkapan ini dikemas dalam kantong plastik ziplock agar tidak mudah basah atau terkena air. Tidak ingin kan, gadget kesayangan yang setia menemani dalam perjalanan, tiba-tiba rusak karena kemasukan air saat hujan atau berembun? Nah, itu sebabnya perlu bagi para petualang untuk menaruh perlengkapan dalam penyimpanan yang baik maupun tas ransel anti air/water proof.

Sudah tidak sabar ingin menjalani perjalanan wisata Anda ke Pantai Ora? Yuk, segera hubungi kami sekarang… Selamat berlibur!  (jari adventure-det image: piknik asik)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *