Pesona Obyek Wisata Pantai Nirwana di Baubau, Sulawesi Tenggara

Pantai NirwanaWisata di Indonesia memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Hampir di setiap wilayah memiliki keunikannya sendiri-sendiri yang mendorong wisatawan untuk menjelajahinya. Begitu pula bila Anda sedang berada di Sulawesi. Ya, hampir seluruh daerah di pulau ini menawarkan obyek wisata yang menawan dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Buton, Sulawesi Tenggara yang termasyur akan wisata bawah lautnya yang kaya dan indah. Kota terbesar di pulau yang juga terkenal akan produksi aspalnya ini adalah BauBau. Nah, di Baubau inilah Anda dapat menemukan sebuah obyek wisata yang terkenal akan kebersihannya, yaitu Pantai Nirwana. Sebelum Anda menghabiskan liburan akhir pekan Anda di sana, ada baiknya Anda menyimak ulasan tentang Pantai Nirwana berikut ini!

Letak Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau Bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pantai ini berjarak sekitar sembilan kilometer dari pusat kota Baubau. Nirwana sendiri merupakan nama yang biasa dipakai untuk menggambarkan seorang gadis yang sangat cantik. Bahkan Nirwana juga diartikan sebagi surga. Memang tak salah. Pantai Nirwana ini memang bagai surga cantik dengan keindahan panorama alam yang dimilikinya dan membuat para pengunjung kagum hingga merasa seperti berada di surga.  

Obyek wisata Pantai Nirwana mempunyai hamparan pasir yang putih dan juga bersih. Air lautnya memiliki kombinasi warna biru kehijauan, biru muda dan putih dimana ketiganya terpisah satu dengan yang lainnya. Ombak di pantai ini bisa dibilang sangat tenang dan tak dijumpai karang yang terjal disepanjang garis pantai hingga tempat ini sangat aman untuk melakukan beragam aktivitas air. Anda dapat berenang, bermain pasir dan juga berjalan-jalan di tepian pantai sambil menikmati panorama Pantai Nirwana yang indah, serta diving atau menyelam. Deretan pohon kelapa yang ada di bibir pantai dipadu dengan angin yang sepoi-sepoi semakin menambah pesona tempat ini.

Baca Juga: Kabuenga, Tradisi Pencarian Jodoh Ala Wakatobi

Atraksi wisata

Bagi pecinta diving, Anda dapat bergabung dengan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk menikmati terumbu karang yang menawan. Gugusan karang dan ikan-ikan serta jutaan biota laut lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penyelam untuk mengujungi Pantai Nirwana. Saking indahnya, para penyelam juga sering terlihat melakukan pemotretan bawah laut. Sungguh keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Pantai Nirwana juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan sunrise maupun sunset bersama pasangan. Bisa Anda bayangkan  bagaimana romantisnya kala Anda bercengkrama dan memadu kasih dengan pasangan dilatarbelakangi pemandangan tenggelam ataupun terbitnya sang mentari.  

Fasilitas pengunjung

Bila Anda memutuskan untuk berlibur di Pantai Nirwana, Baubau, Sulawesi Tenggara ini, Anda tak perlu risau karena fasilitas yang ada di obyek wisata ini terbilang cukup lengkap. Anda tak perlu menyiapkan peralatan selam sendiri sebab di Pantai Nirwana tersedia persewaan peralatan selam yang cukup lengkap. Bahkan peralatan renang seperti ban juga disewakan. Bila Anda kelelahan, Anda dapat menyewa Gode-gode yaitu sejenis gubuk yang dipergunakan untuk beristirahat dan melepas penat. Deretan warung makan dan restoran juga dapat dengan mudah Anda jumpai di sekitar kawasan pantai sehingga Anda tak perlu repot-repot membawa bekal sendiri dari rumah. Bila ingin menikmati keindahan Pantai Nirwana lebih lama, Anda dapat memilih penginapan yang banyak tersedia di sana dan menyesuaikan dengan kondisi kantung Anda.  

Rute transportasi

Akses menuju Pantai Nirwana yang berjarak kurang dari 10 km dari kota Baubau ini terbilang cukup mudah dicapai. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun naik angkutan umum seperti ojek motor. Dari pusat kota Baubau, Pantai Nirwana bisa ditempuh sekitar 15 menit saja lewat jalan darat. Bila Anda berangkat dari bandara Baubau, Pantai Nirwana bisa ditempuh antara 5 hingga 10 menit saja. Tak perlu khawatir akan tersesat sebab terdapat banyak petunjuk arah yang menginformasikan lokasi pantai. Para pengguna jasa ojek motor, pastikan Anda memperoleh tarif yang wajar yaitu antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- saja per orang. Cukup terjangkau bukan?

Nah, siapkan fisik prima dan juga dana cukup untuk berlibur di Pantai Nirwana yang bersih dan indah ini ya. Selamat berwisata…  (jari adventure-det-image: Wisata Sulawesi)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.