Pantai Keren Untuk Camping dan Tips Camping Pantai

Sekarang camping pun tak melulu soal gunung, kamu bisa lho, camping di pantai. Nah, jika kamu camping di pantai dan menjadi pengalaman pertama untukmu. Simak beberapa tips penting ketika hendak camping.

 

1.   Tentukan berapa lama menginap

Persiapkan kebutuhan camping dengan begitu kamu tidak perlu kesulitan untuk membeli barang kebutuhan selama camping. Semakin lama maka semakin banyak persiapan yang dilakukan.

Termasuk, berapa banyak stok persediaan makanan yang dibawa, karena perlu disesuaikan dengan jumlah orang yang ikut rombongan.

Dengan menentukan waktu, kamu juga bisa menentukan berapa tenda yang harus kamu bawa atau sewa saat camping.

 

2.   Perhatikan selalu dengan cuaca

Camping merupakan kegiatan terbuka, dimana semua orang akan melakukan kegiatan di alam terbuka termasuk pantai.

Jadi cuaca sangat berpengaruh terhadap rencana campingmu. Walaupun tenda terbuat dari parasut yang tahan air tetapi cuaca hujan mampu membuyarkan aktivitas mu di alam terbuka.

Seperti gagalnya melihat pemandangan taburan bintang ataupun tidak bisa membuat api unggun. Jadi pilihlah hari dan bulan di luar musim penghujan.

 

3.   Kenali penanggalan hijriyah dan waktu bulan purnama agar tahu pasang surut air laut

Secara teori, gravitasi bumi yang mempengaruhi pasang surut air laut. Namun banyak juga yang mempercayai pada tanggal 15 hijriyah menjadi titik tertinggi air pasang laut dan bertepatan dengan bulan purnama.

Setelah tahu, maka kamu bisa memutuskan dimana harus mendirikan tenda yang aman dari terjangan gelombong pasang.

Untuk lebih amannya lagi, bangun lah tenda camping agak jauh dari bibir pantai atau kawasan yang aman saat pasang sehingga kamu bisa tidur lelap, tidak takut hanyut tersapu ombak.

 

4.   Cari tempat yang tertutup untuk membangun tenda

Carilah tempat dimana angin malam tidak dapat merobohkan tendamu, karena saat malam hari, angin pantai lebih kencang dari tempat lainnya.

Pilihlah tempat tersembunyi seperti di balik pepohonan atau semak-semak sehingga mampu meredam tiupan angin.

Namun bila kamu memilih di luar pepohonan dan memilih semak-semak, maka pilihlah semak yang tidak terlalu lebat agar bisa mengantisipasi sarang hewan didalam semak.

Dan cari tempat yang luas agar bisa digunakan untuk memasak dan membuat api unggun.

 

5.   Pilih tempat dengan pasir yang padat

Pilih lah pasir yang padat agar tenda tidak dapat roboh dan mampu menahan angin. Lalu bagaimana kalau pantai memiliki pasir gembur, maka pilih kawasan agak jauh dari bibir pantai.

Sehingga, menemukan pasir yang lumayan padat. Nah saat malam harinya kamu bisa menyalakan api unggun ketika menemukan pasir yang padat dengan mengali pasir sedalam 10-15 cm sebagai pondasi

Nah, berikut ini beberapa pantai di Jawa timur yang bisa kamu jadikan tempat camping paling ciamik saat liburan.

baca juga:

Bosan ke Malioboro, Kunjungi 11 Tempat Wisata Terbaru di Jogja yang Lagi Hits

 

1.   Pantai Srau, Pacitan

Pantai ini bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pacitan. Tepatnya, berada di dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Pantai Srau cocok untuk camping karena suasana yang lebih tenang dan belum banyak terjamah wisatawan.

Di Pantai Srau, kamu akan menemukan pasir putih yang lembut, air jernih dan pepohonan hijau yang asri.

Ditambah lagi banyak  peselancar pemula belajar surfing di pantai srau karena memiliki deburan ombak yang cukup besar.

 

2.   Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

Pantai ini masuk dalam satu kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi. Suasana yang ramah, pasir putih yang lembut, ombak yang cenderung tenang. Terdapat pohon-pohon rindang di sekitar lokasi sehingga cocok digunakan sebagai tempat camping.

Selain itu kamu juga bisa memancing dan membakar ikan saat itu juga di area berkemah.

 

3.   Pantai Ngudel, Malang

Terletak di desa Sindurejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu berkendara selama kurang lebih dua jam dari pusat kota. Pantai ini masih terhitung destinasi baru sehingga belum banyak dikunjungi.

Karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga kegiatan berenang tidak disarankan. Namun kamu tak perlu berkecil hati karena pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan pemandangan yang indah.

Nah kalau kamu camping ke pantai ini, maka kamu akan melewati beberapa pantai indah dan eksotis lainnya di Malang, misalnya Pantai Goa China, Pantai Watu Leter, Pantai Bajul Mati dan sebagainya.

 

4.   Pantai Pangi, Blitar

Terletak di Dusun Kraja, Desa Tumpa kepuh, Bakung, Blitar. Pantai Pangi memiliki pemandangan yang indah dengan pohon pinus yang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk membangun tenda dan pantai ini masih belum ramai pengunjung.

Untuk menuju pantai Pangi, kamu hanya menempuh sekitar 1-2 jam dari pusat kota dan tergantung dengan situasi lalu lintas.

 

5.   Pantai Papuma, Jember

Nama Papuma merupakan singkatan dari Pantai Putih Malikan, pantai papuma ini memiliki pasir yang putih dan lembut ketika berjalan di bibir pantai.

Pantai ini memiliki kombinasi yang menarik antara air laut kebiruan dan hijaunya perbukitan sehingga keindahan yang tidak bisa dideskripsikan.

Terletak di kecamatan Wuluhan dan berjarak 45 kilometer dari kota Jember menuju arah selatan mampu membius serta menghilangkan penat saat bekerja.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.