Terhipnotis Hempasan Ombak di Pantai Karang Songsong Cibobos

Pantai Karang Songsong CibobosHempasan ombak tinggi yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Pulau Jawa bagian selatan menjadi salah satu daya tarik pantai-pantai yang ada di Propinsi Banten. Tidak sedikit para wisatawan yang datang dari luar kota, bahkan mancanegara, untuk mencari dan menikmati pemandangan alam yang masih alami dan berbeda dari pantai pada umumnya. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi adalah Pantai Karang Songsong Cibobos, Banten.

Lokasi

Pantai yang terletak di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarangan, Kawasan Lebak, Banten ini dikenal dengan dua nama, yaitu Pantai Karang Songsong Cibobos atau Pantai Cibobos. Kondisi bebatuan karang yang besar dan memanjang ke arah laut, membuat nama Songsong tersemat di pantai, dengan makna ‘karang yang menyongsong’ seakan menyambut datangnya ombak yang menghempas sangat kencang.

Selain disebut sebagai Pantai Songsong, pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Cibobos, sesuai dengan lokasinya berada. Pantai seluas tiga hektar ini masih merupakan bagian dari RPH Cibobos, yaitu Hutan Tanaman dimana di dalamnya terdapat aneka tanaman, seperti tanaman jati dan mahoni. Pemandangan yang asri ini berpadu dengan pesona hempasan ombak yang membentur karang, menjadikan pantai ini cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan stres setelah lelah beraktifitas sepanjang minggu.

Atraksi wisata

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Selain menikmati keindahan laut, langit, dan pasir putih kecoklatannya yang eksotik, traveler dapat bermain air atau berenang. Namun diharapkan berhati-hati karena kondisi ombak yang sulit untuk diprediksi, sehingga dapat membahayakan keselamatan jika kurang waspada. Anda juga bisa memuaskan hobi fotografi, dengan mengabadikan pesona alam, terutama saat pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Jika Anda berkunjung ke sini bersama teman-teman atau rombongan keluarga, tidak ada salahnya menikmati sejuknya udara pantai saat berjalan-jalan menyusuri pantai, maupun piknik dengan gelaran tikar dan bekal yang dibawa dari rumah. Jangan khawatir, tersedia tempat sampah di sini, sehingga memudahkan untuk membuang sampah dan ikut menjaga kelestarian pantai, agar tetap indah dan jauh dari kesan kotor dan tidak terawat.

Akses transportasi

Untuk sampai ke Pantai Karang Songsong Cibobos ini, ada beberapa jalur yang bisa dipilih, yaitu jalur Serang, jalur Rangkasbitung, dan jalur Sukabumi. Jika memilih melewati Serang dan Rangkasbitung, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan rute Cibobos-Sawarna dengan waktu tempuh empat puluh menit.

Sementara itu, jika memutuskan dari arah Sukabumi, traveler harus terlebih dahulu masuk ke arah Sawarna, baru menuju ke Cibobos. Apabila ingin menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya persiapkan kondisi kendaraan karena jalur perjalanan yang ditempuh tidak terlalu mulus. Namun, rasa lelah yang menyergap saat menempuh perjalanan dari Kota Malingping menuju Pantai Karang Songsong Cibobos ini menyuguhkan pemandangan alam berupa hamparan pantai dan laut lepas. Jangan lupa untuk memastikan kondisi tangki bensin dalam keadaan full, sehingga tidak bingung mencari tempat stasiun pengisian bensin yang jarang ada di kawasan tersebut.

Tarif

Untuk masuk ke lokasi wisata Pantai Karang Songsong Cibobos ini, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket yang harganya cukup terjangkau rata-rata Rp10.000-20.000,-. Namun karena masih belum banyak dikunjungi wisatawan, fasilitas yang tersedia hanya berupa toilet atau MCK, dan tempat sampah. Kedai makanan pun sangat terbatas jumlahnya, begitu juga dengan tempat penginapan. Namun jangan sampai hal ini menghentikanmu dari keinginan menikmati keindahan alam yang ditawarkan pantai ini. Anda bisa kok mendapatkan sarana prasarana tersebut di Pantai Sawarna yang masih dalam satu kawasan dengan pantai karang ini.

Tips wisata ke Pantai Karang Songsong Cibobos

Liburan di depan mata, saatnya memilih wisata pantai terdekat dengan lokasi kediaman. Pantai Karang Songsong Cibobos sudah lumrah menjadi pilihan warga masyarakat yang berada di sekitar Banten atau ibukota, Jakarta.

Meskipun berwisata ke pantai penuh keceriaan, jangan terlena dengan bahaya yang mengintai seperti sengatan sinar matahari dan hawa terik penyebab dehidrasi. Apa yang perlu Anda perhatikan saat berlibur ke Pantai Karang Songsong Cibobos? Yuk, intip jawabannya..

Bawa pakaian renang atau bahan yang ringan

Sudah pasti bermain di sekitar air, Anda akan menjadi basah. Hindari memakai busana berbahan tebal seperti jeans atau wol karena Anda sendiri yang akan repot ketika membawanya pulang. Terlebih, ketika harus bermain air, pakaian tebal justru akan berat saat berenang. Lebih baik pilih busana renang atau busana berbahan tipis dari katun atau spandex.

Berjemur dengan aman

Beberapa orang memang sengaja memilih berlibur ke Pantai Karang Songsong Cibobos, untuk membuat kulit agak kehitaman atau tanning secara alami. Tetapi, ingat bahwa sinar matahari juga bisa memicu reaksi alergi seperti sunburn, atau gatal-gatal dan ruam. Hindari berjemur ketika sinar matahari sangat menyengat sekitar pukul 12.00-14.00. Pasalnya, saat sinar matahari berada dalam rentang waktu itu, sinar ultraviolet yang memancar justru berbahaya untuk kulit bahkan dapat memicu kerusakan sel-sel kulit alias kanker kulit.

Disarankan untuk berjemur pada pagi hari atau sore hari kira-kira pada jam 07.00-10.00 atau jam 15.00-17.00

Topi, payung dan kacamata hitam

Waspada dengan sengatan sinar matahari yang berbahaya. Jika perlu bawalah topi lebar, payung dan kacamata hitam. Untuk menangkal paparan sinar ultraviolet yang merusak kulit.

Tabir surya

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk selalu mengoleskan krim tabir surya setiap satu hingga dua jam sekali. Terlebih, ketika Anda berada di pantai dengan suhu yang tinggi untuk menjaga kelembapan kulit. Dan mencegah paparan sinar UV. Jika kulit terjadi ruam atau sunburn, Anda bisa mengoleskan losion berbahan lidah buaya. Untuk menenangkan kulit yang terbakar maupun obat apotik seperti Bioplasenton.

Waspada saat bermain di air

Meskipun sudah ada penjaga pantai atau tim penyelamat. Namun diri sendiri merupakan penjaga yang paling handal bagi setiap orang. Cobalah untuk selalu waspada ketika berenang. Apakah terdapat binatang seperti ubur-ubur atau jelly fish yang bisa saja menyengat dan menimbulkan kram kaki.

Selain itu, pastikan bahwa ombak atau gelombang air laut masih relatif aman untuk bermain di tepi pantai. Jika terdapat larangan untuk mandi. Sebaiknya tunda keinginan untuk bermain air demi keselamatan dan keamanan keluarga.

Membilas diri

Segera bersihkan badan dan rambut dari air laut yang bisa memicu reaksi alergi. Sseperti gatal-gatal ataupun ruam bagi yang memiliki kulit sensitif. Di sekitar pantai, biasanya terdapat sumber atau kamar mandi untuk membilas tubuh dengan air tawar yang bersih.

Situasi yang masih alami, pesona deburan ombak yang menghipnotis, dan keseruan bermain air di pantai ini mulai dikenal. Terutama setelah ramai diperbincangkan di media sosial. Tidak heran jika kini ada saja pengunjung, baik itu keluarga, rombongan, atau komunitas lainnya yang menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang bikin hati adem, cocok buat Anda yang mencari alternatif tempat wisata, yang tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta.

Jangan tunda lagi keinginanmu untuk mengunjungi Pantai Karang Songsong Cibobos yang indah dan eksotik ini. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *