Pantai Indah Sergang, Kecantikan Lingga Belum Terpoles

Pantai Indah SergangBosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, saatnya Anda mengeksplorasi Lingga, sebuah Kabupaten di Kepulaun Riau dengan deretan panjang obyek wisata yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Indah Sergang yang bisa dijumpai di wilayah Dabo Singkep. Bagi masyarakat sekitar, Pulau Indah Sergang merupakan pilihan tempat wisata utama bagi mereka terutama untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Bahkan di hari biasa pun tempat wisata ini tidak pernah sepi dikunjungi warga. Penasaran bukan dengan salah satu surga yang ada di Kabupaten Lingga ini? Berikut ulasannya!

Lokasi Pantai Indah Sergang

Pantai Indah Sergang adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Tanjung Harapan atau biasa juga disebut dengan Kampung Sergang Rt 03/RW 03. Itulah sebabnya pantai elok ini diberi nama sesuai dengan nama kampungnya. Sebagai salah satu tempat wisata favorit masyarakat Dabo Singkep, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga lingkungannya sangat nyaman. Tersedia juga beberapa fasilitas di tempat ini hingga masyarakat lebih suka menghabiskan liburan di Pantai Indah Sergang daripada di tempat lain. Kebanyakan pengunjung yang datang ke lokasi ingin melepas penat dengan menikmati pemandanga alam menawan yang disuguhkan sembari bercengkrama bersama anggota keluarga. Ada pula pengunjung yang datang dengan tujuan melakukan kegiatan yang menarik secara bersama-sama dengan kelompoknya, ataupun sepasang muda mudi yang memilih area ini sebagai tempat berkencan.

Ternyata, Pantai Indah Sergang ini ada sejarah pendiriannya lho. Pada mulanya, pantai ini akan diberi nama pantai Tanjung. Namun, seiring perkembangannya dimana muncul berbagai wisata pantai di kawasan Lingga seperti Pantai Tanjung Jodoh dan juga lainnya maka pemberian nama Tanjung pun akhirnya dibatalkan untuk menghindari kesamaan nama.

Dermaga kecil Pantai Indah Sergang

Masyarakat Sergang yang sebagaian besar berprofesi sebagai nelayan pada awalnya memanfaatkan pantai ini hanya sebagai tempat berlabuhnya perahu-perahu mereka yang baru pulang mencari ikan dari laut. Baru pada era 1980an ketika usaha pertambangan timah di kawasan Dabo Singkep sedang melejit, kawasan Pantai Indah Sergang mulai dilirik para karyawan perusahaan-perusahaan timah swasta yang sebagian besar orang asing sebagai tempat berlibur atau sekedar melepas penat setelah seharian bekerja. Dari sinilah, masyarakat Dabo Singkep mulai menyadari bahwa pantai mereka yang semula hanya sebagai tempat sandaran kapal ternyata memiliki potensi wisata yang luar biasa hingga mampu menarik wisatawan asing menghabiskan waktu liburan di sana.

Sejarah obyek wisata Pantai Indah Sergang

Pada tahun 1997, akhirnya muncul sebuah ide untuk menjadikan Pantai Indah Sergang sebagai salah satu obyek wisata atau tempat rekreasi. Ide ini dicetuskan oleh seorang tokoh masyarakat dari kampung Sergang yaitu Bapak Hadi Sumatri sebagai ketua RW. Akhirnya, berdirilah tempat wisata yang kini dikenal masyarakat sebagai Pantai Indah Sergang Laut.

Meski sudah cukup lama dibuka sebagai tempat wisata, Pantai Indah Sergang ternyata masih minim fasilitas dan masih belum dikembangkan secara optimal. Meski pesona alamnya sangat indah. Hal ini begitu jelas terlihat dari pintu gerbang yang bertuliskan selamat datang masih berupa bangunan yang sederhana. Untungnya pemandangan menuju pantai terlihat asri. Dengan deretan pohon kelapa berwarna hijau yang nampak berdiri kokoh melambai-lambai tertiup angin hingga kesederhanaan bangunan gapura inipun sedikit tertutupi.

Baca Juga:

Pemandian Batu Ampar, Salah Satu Obyek Wisata Andalan di Lingga, Kep. Riau

Jalanan menuju lokasi yang masih berupa tanah terkadang tidak rata  agak menyulitkan pengunjung terutama yang menggunakan kendaraan roda empat. Namun, segala kendala akses menuju lokasi akan terbayarkan begitu tiba di pantai yang nampak asri nan sejuk.

Pesona Pantai Indah Sergang

Pantai Indah Sergang memiliki hamparan pasir putih yang bersih dengan warna air laut yang jernih. Begitu melihatnya, Anda akan tergiur untuk menjejakkan kaki di atasnya dan bermain ombak di sepanjang bibir pantai. Anginnya pun terasa sepoi-sepoi hingga membuat mata ingin terpejam.

Setelah puas bermain di pantai, Anda dapat beristirahat di pondok-pondok yang beratap daun rumbia. Pohon cemara yang ada di sekitarnya membuat suasana pondok semakin teduh. Terdapat sebuah panggung di sisi kiri pantai. Panggung ini biasa dipergunakan sebagai tempat menggelar pertunjukan hiburan rakyat pada waktu tertentu. Saat lapar mendera, Anda dapat mencoba kuliner melayu di warung-warung yang bisa ditemui di kawasan sekitar pantai. Makanan melayu yang dijajakan antara lain  laksa / lakse, soto, nasi goreng, dan yang lainnya.

Tak lengkap rasanya bila berwisata tanpa berfoto. Nah, di kawasan Pantai Indah Sergang ini terdapat sebuah pelabuhan kecil yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Anda ingin mencobanya juga?

Sayangnya, tempat wisata yang indah ini masih kurang terawat. Hal ini terlihat dari toilet yang masih kurang terjaga kebersihannya. Sampah-sampah plastik masih nampak berserakan.  Satu lagi, tidak tersedianya lahan parkir yang memadai membuat pengunjung memarkirkan kendaraannya di tempat-tempat sembarangan hingga terkesan tidak rapi.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *