Indahnya Pantai Iboih di Sabang, Aceh

Pantai Iboih – Nama Sabang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Bahkan Sabang juga diabadikan dalam sebuah lagu wajib nasional yaitu “Dari Sabanag Sampai Merauke” karya R. Suharjo. Sabang sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Pulau Weh yang merupakan kawasan wisata paling populer di wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Pulau Weh terkenal karena mempunyai beberapa obyek wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Iboih. Seperti apa pesona yang dimiliki Pantai Iboih hingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana? Yuk, simak ulasan tentang obyek wisata nan menawan berikut ini!

Lokasi Pantai Iboih

Pantai Iboih tepatnya berada di Kepulauan Weh, dan masuk dalam wilayah Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang,  Nangroe Aceh Darussalam. Terdapat beberapa jalur yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke pantai ini meski sarana transportasi umum yang tersedia masih terbilang minim. Misalnya saja Anda yang sudah berada di Sabang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di sana dengan tarif sewa sekitar 350 ribu hingga 500 ribu rupiah per hari tergantung dari jenis kendaraan yang Anda pilih. Dari Sabang rutenya cukup mudah saja yaitu menuju Kelurahan Iboih yang berada di ujung pulau Weh. Anda harus waspada selama perjalanan sebab jalanan masih sempit dan berbukit-bukit.

Baca Juga: Jembatan Barelang Karya Pak Habibie yang Mempesona

Rute transportasi

Bagi Anda yang memulai perjalanan wisata dari Banda Aceh, Anda langsung menuju Pelabuhan Ulee Lheue untuk kemudian menyeberang ke Pulau Weh. Terdapat dua transportasi laut yang dapat Anda pilih, yaitu ferry cepat yang berangkat pukul 4 sore atau ferry lambat dengan jadwal keberangkatan pukul 2 siang waktu setempat. Bila Anda benar-benar ingin berwisata dan menikmati perjalanan maka sebaiknya Anda memilih jalur lambat. Sepanjang perjalanan laut ini, Anda dapat mengabadikan panorama alam Aceh yang indah dari atas kapal ferry. Dari Sabang, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum selama 45 menuju Iboih. Ongkos yang harus Anda bayar adalah 50 ribu rupiah, relatif mahal memang sebab jumlah angkutan yang membawa Anda ke Iboih masih sedikit. Angkutan di Sabang hanya beroperasi hingga pukul 7 malam saja lho, jadi usahakan jangan sampai kemalaman tiba di sana.

Begitu tiba di Pantai Iboih, Anda serasa menemukan surga yang tersembunyi. Pantai ini sangat indah dengan panorama yang masih alami dan lingkungan yang bersih. Terlebih lagi, kekayaan alam bawah lautnya sangat menawan dengan beragam ikan dan terumbu karang yang cantik. Anda hanya cukup bergeser sekitar lima meter saja dari bibir pantai untuk dapat menikmati keindahan dasar laut pantai ini baik dengan bersnorkeling maupun diving atau menyelam.   

Wisata menyelam

Ingin snorkeling tapi tak mempunyai perlengkapannya? Tak perlu cemas sebab Anda dapat menyewanya di kawasan sekitar pantai yang menyediakan jasa persewaan snorkeling. Harga sewanya pun cukup murah, yaitu 45 ribu rupiah saja per orang. Sedangkan untuk diving, Anda harus mempunyai izin atau sertifikasi untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Biaya sewa untuk perlengkapan diving sebesar 200 ribu per orang. Selain snorkeling dan diving, Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya di Pantai Iboih ini, misalnya berjemur, berenang, duduk-duduk sambil menikmati birunya air laut dan semilirnya angin pantai atau bermain pasir bersama buah hati Anda di sepanjang pantai yang berombak tenang. Pantai Iboih memiliki pasir berwarna putih dan juga sanga lembut hingga pasti aman dan disukai anak-anak. Selain itu, Anda juga dapat bermain banana boat dan jet ski. Keindahan sunset di Pantai Iboih juga sayang loh bila dilewatkan begitu saja.  

Fasilitasi penginapan di Pantai Iboih

Pantai Iboih menyediakan fasilitas penginapan yang beragam, mulai dari kelas melati hingga resort tingkat internasional. Harganya pun beragam, mulai dari 100 ribu rupiah per malam. Di kawasan obyek wisata Pantai Iboih juga telah tersedia toilet umum, musholla, pondokan serta pos penjaga bila sewaktu-waktu Anda butuh pertolongan. Penjual makanan pun tidak begitu sulit ditemui di kawasan ini sebab lokasi pantai yang bearda tak jauh dari desa Iboih, pemukiman penduduk yang terdekat dengan pantai. Tertarik? Segera datang ke sana ya… (jari adventure-det-image: Pedoman Wisata)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *