Pantai Harlem, Sejuta Pesona Alami Papua

Pantai Harlem – Berwisata ke pantai memang sangat menyenangkan. Selain dapat melakukan berbagai aktivitas air yang mengasyikkan, Anda juga dapat suguhan pemandangan laut yang indah. Sunset, sunrise, warna laut yang biru jernih dengan biota lautnya yang beragam serta pasir pantai yang lembut biasanya menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah obyek wisata pantai. Namun, dapatkah Anda bayangkan bila kondisi lingkungan pantai tidak terjaga kebersihannya? Anda pasti merasa tidak nyaman dan bakalan tak betah berlama-lama di sana. Di Jayapura, Papua, Anda dapat menemukan sebuah obyek wisata pantai yang masih alami dan terjaga kebersihannya dan menjadi terkenal karenanya. Namanya adalah Pantai Harlem. Yuk cari tahu lebih jauh tentang obyek wisata yang memiliki pesona alam yang masih alami ini!  

Lokasi

Pantai Harlem berada di kawasan Distrik Depapre, Jayapura. Pantai ini memiliki tingkat kealamian yang tinggi dan pemandangan alam yang mempesona. Letaknya masih tergolong tersembunyi, yakni di balik pebukitan dan relatif jauh dari keramaian. Sepadan kiranya bila pantai ini sering disebut sebagai sepenggal tanah surga tersembunyi di Indonesia.   

Baca Juga: Eksotisnya Festival Bahari Raja Ampat, Papua Barat

Mencapai lokasi Pulau Harlem tergolong tidak mudah sebab Anda harus mengarungi Samudera Pasifik selama kurang lebih 30 menit dengan naik kapal nelayan. Jalur laut ini mesti Anda tempuh karena belum adanya akses daratan menuju pantai yang layak. Jika Anda bersikeras menempuh jalur darat maka Anda harus rela trekking di hutan selama berjam-jam dengan medan yang berat seperti melewati lereng-lereng dan juga perbukitan yang bearda di belakang Pantai Harlem.   

Rute transportasi

Sebelum menempuh perjalanan laut ini, Anda terlebih dahulu harus menuju Pantai Tablanusu yang berada di Desa Tablanusu, Distrik Depapre, Jayapura. Perjalanan menuju Tablanusu memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sejauh 54 kilometer dari pusat kota Jayapura. Perjalanan ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan roda empat dengan tarif sekitar 500 ribu per hari beserta sopirnya. Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di Pantai Tablasu sebelum naik kapal nelayan. Tarif parkirnya cukup murah, sekitar 10 ribu rupiah per kendaraan, ditambah dengan biaya masuk per orang sebesar 5 ribu rupiah.    

Kapal nelayan yang akan membawa Anda mengarungi Samudera Pasifik biasanya berkapasitas sekitar 10 orang. Biaya sewa kapal beragam tergantung dari kepiawaian Anda menawar serta barang bawaan yang dibawa. Biasanya tarif sewa berkisar antara 300 ribu hingga 400 ribu untuk pulang-pergi.

Atraksi wisata

Pantai Harlem memiliki pasir pantai yang berwarna putih dengan air laut yang jernih. Biota lautnya pun sangat cantik dan menawan hingga mampu menawan hati siapa saja yang melihatnya. Memasuki kawasan pantai ini, Anda tidak dikenakan biaya lagi sebab sudah membayarnya ketika memasuki Pantai Tablasu. Wah, dengan biaya yang sangat murah Anda sudah dapat menikmati keistimewaan dan keindahan surga di timur Indonesia ini. Selain jernih, Pantai Harlem juga memiliki tiga gradasi warna laut yang sangat menawan. Biota lautnya juga lebih indah dan berwarna.

Di sekitar wilayah Pantai Harlem terdapat kawasan pedesaan yang berpenghuni tak lebih dari 50 orang. Itulah sebabnya pantai ini tergolog masih sepi dan suasananya terasa hening. Akses menuju obyek wisata yang tidak mudah juga menjadi sebab mengapa pantai ini masih terjaga kebersihannya sebab tidak semua wisatawan dapat mencapai pantai ini.

Aktivitas pengunjung

Selain sebagai tempat menyepi, Pantai Harlem juga asyik untuk melakukan aktivitas snorkeling yang bisa dilakukan hanya dengan berjalan beberapa meter saja dari bibir pantai. Meski begitu, suguhan alam bawah lautnya tak kalah menawan dari pantai-pantai lainnya. Anda dapat juga melakukan aktivitas memancing, berjemur sambil bersantai di pinggiran pantai, bermain ayunan dan berendam di kolam air tawar yang bearda tak jauh dari pantai.

Karena belum tersentuh, obyek wisata Pantai Harlem tak memiliki fasilitas yang lengkap. Bagi Anda yang ingin menginap di sana, Anda sebaiknya membawa tenda sendiri karena belum adanya hotel atau cottage di seputar pantai. Anda juga akan kesulitan menemukan penjaja makanan sehingga harus membawa bekal sendiri dari rumah. Sediakan juga pakaian ganti yang cukup agar Anda dapat menikmati beragam aktivitas pantai sampai puas. Selamat berlibur di Pantai Harlem!(jari adventure-det-image-Ketahui.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *