Pantai Dungun –Lingga, Eksotisme Pulau Terluar Indonesia

Lokasi Pantai Dungun

Kabupaten Lingga memang terkenal dengan hutannya, namun siapa sangka terdapat surga tersembunyi yang akan membuat anda berdecak kagum. Memiliki air laut yang jernih dan butiran pasir putih yang indah, Pantai Dungun ini terletak Desa Teluk, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Lokasinya masih berada di kecamatan yang sama dengan dua air terjun yang eksotik, yakni air terjun Makunggal dan Resun.

Apa Saja Yang Ada di Pantai Dungun?

Wisata bahari yang satu ini rupanya menjadi tujuan wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Lingga, terlihat dari jumlah pengunjung yang cukup ramai ketika liburan tiba. Karakteristik ombak yang tenang membuat anda tak perlu khawatir bermain air di sekitaran pantai. Lokasinya berada di pulau terluar Indonesia membuat tak banyak wisatawan yang tahu, sehingga pantai ini masih terjaga kealamiannya. 

Terdapat beberapa pohon yang rindang, para pengunjung biasanya memanfaatkannya untuk berteduh atau hanya sekedar ingin berteduh sembari menikmati pantai saat cuaca terik. Selain berenang, biasanya terdapat anak-anak yang bermain surfing di pantai.

Hamparan bebatuan yang memanjang sepanjang garis pantai menjadi tempat yang pas untuk bertoto ria, ditambah pula Pantai Dungun yang indah sebagai latar belakangnya. Uniknya, bila air surut akan ada acara mandi safar di pantai ini. Mandi safar sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan kegiatan masyarakat melayu Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Baca juga: Pulau Tunda, Suguhkan Panorama Alami Laut Jawa

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada setiap hari Rabu ke-4 Bulan Syafar Tahun Hijriah. Makna dari mandi safar ialah agar dijauhkan dari musibah dan malapetaka, sementara dari segi sosial bertujuan untuk menjalin kekompakan dan kebersamaan antar warga.

Menurut cerita yang beredar, pada tahun 2005 pernah terdampar “Gajah Mina”. Yakni salah satu makhluk yang masih diteliti untuk diidentifikasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Jakarta. Tulang belulangnya pun dikumpulkan dan diserahkan ke Museum Linggam Cahaya Daik setahun kemudian.

Tips wisata ke Pantai Dungun

Menggunakan Sunblock

Ke pantai, wajib rasanya membawa benda yang satu ini. Bagi anda yang belum tahu, subnblock berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Aplikasikan sunblock pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Pastikan pilih sunblock yang sesuai dengan jenis kulit anda. Tak hanya melindungi dari sinar UVA dan UVB, tetapi juga menghindari kulit penuaan lebih cepat atau menjadi berkerut. Meski waterproof, anda tetap harus mengoleskannya beberapa jam kemudian.

Membawa Baju Renang

Disini anda dapat berenang atau mencoba olahraga selancar, maka dari itu usahakan untuk membawa pakaian ganti. Jangan lupa untuk selalu hati-hati saat berenang, dengan memperhatikan peringatan gelombang atau batas aman misalnya.

Piknik Kecil-Kecilan

Untuk menghemat kantong selama liburan, anda dapat membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah. Bila menginginkan suasana liburan yang sesungguhnya, cobalah untuk membawa tikar. Lumayan, selain menikmati pemandangan Pantai Dungun yang indah, anda juga bisa sekaligus piknik bersama keluarga tercinta.

Mencoba snorkeling

Bawalah peralatan snorkeling sendiri agar liburan makin menyenangkan. Pantai bersih berpasir putih serta air laut yang jernih menyimpan keindahan terumbu karang yang sangat menawan. Salah satu cara menikmatinya adalah melakukan snorkeling atau menyelam di perairan dangkal. Ikan – ikan berwarna – warni yang hilir mudik ditambah terumbu karang yang sangat subur patut untuk dinikmati sekaligus dijaga kelestariannya.

Menjaga kelestarian lingkugan

Apa pun jenis aktivitas wisata yang dilakukan pengunjung, sebaiknya tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar Pantai Dungun. Ketika snorkeling, usahakan untuk berhati – hati saat berenang, karena kadang – kadang penyelam tak sengaja menendang terumbu karang. Padahal, terumbu karang sendiri butuh waktu hingga bertahun – tahun agar bisa tumbuh.

Selain itu, bila membawa makanan atau minuman dalam kemasan plastik, pastikan untuk membuang kemasan di tempat sampah yang tersedia.

Camping dan berkemah

Pantai Dungun yang indah, kadang – kadang juga kerap menjadi tempat berkemah sejumlah wisatawan. Sembari menikmati keindahan panorama pesisir, pastikan untuk tidak meninggalkan api unggun yang masih membara. Kumpulkan sampah dan tetap menjaga kebersihan pantai.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *