Pesona Alam Pantai Ciputih yang Indah Alami

Pantai CiputihBanten tidak hanya terkenal dengan wisata religi dan budayanya, tapi juga menyimpan potensi wisata alam yang sangat besar. Sebut saja pantai-pantainya yang mempesona berada di jalur sepanjang kurang lebih tiga ratus lima puluh kilometer. Sayangnya, pemerintah belum memberikan perhatian yang terlalu besar, terutama dalam memperbaiki infrastruktur menuju ke tempat wisata, sehingga wisatawan harus melalui perjalanan yang penuh perjuangan, lama, dan melelahkan.

Salah satu pantai yang masih sepi, belum banyak terjamah manusia, dan asri di Banten adalah Pantai Ciputih. Lokasinya ada di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Seperti namanya, obyek wisata pantai yang satu ini memang memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih yang indah dan menawan. Akan tetapi, keindahan pantai tersebut harus dibayar dengan perjalanan yang cukup menantang.

Rute transportasi Pantai Ciputih

Buat Anda yang berangkat dari Jakarta, wajib menempuh dua ratus empat puluh kilometer atau selama sepuluh jam. Selain jalanan yang rusak di sejumlah tempat, kemacetan yang menghadang pun sering dijumpai. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Kemudian ambil rute menuju Tol Merak – Serang Timur – Pandeglang – Labuhan – Pnimbang, dan berakhir di Sumur.

Sesampainya di pantai pasir putih yang dihalangi ilalang ini, Anda akan dipuaskan dengan pemandangan indah air laut yang jernih dan pasir yang bersih. Selain dapat menyelam dan melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, bisa juga bersantai di pinggir pantai sambil menikmati sejuknya udara khas pantai dan bermain pasir. Ombaknya cukup tenang untuk berenang, namun pengunjung wajib membawa perlengkapan snorkeling sendiri, karena tidak disediakan tempat penyewaan perangkat snorkeling di sini.

Pulau Mangir

Tidak terbatas pada wisata bahari saja lho. Para pengunjung juga dapat menyeberang ke Pulau Mangir yang tidak berpenghuni dan menikmati keindahan alamnya yang terasa eksotik. Jangan lupa juga untuk membawa kamera, untuk mengabadikan momen indah dan berharga bersama keluarga, pasangan, atau teman saat sunset. Nggak kalah dengan panorama indah di Bali atau pantai terkenal lainnya.

Walau masih terkesan alami, Pantai Ciputih ini telah dilengkapi dengan fasilitas tempat penginapan. Bahkan pantai ini merupakan satu-satunya pantai di Ujung Kulon yang telah mengenal peradaban. Resort bernama Ciputih Beach Resort yang berdiri megah di dekat pantai ini mulai banyak diminati para wisatawan, terutama di musim libur.

Baca Juga: Karimun Jawa, Surga di Utara Pulau Jawa

Akomodasi Pantai Ciputih

Tidak perlu takut merogoh kocek terlalu dalam, di sini kamar spesial dengan pemandangan pantai dibanderol dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu sekitar empat ratus ribu rupiah per malam. Anda pun bisa menikmati fasilitas mewah, lengkap dengan kolam renang, restoran, dan kamar yang selalu dijaga kebersihannya. Namun jika ingin merasa lebih dekat dengan alam, bawa peralatan dan perlengkapan berkemah, yang asyik dilakukan bersama-sama.

Dari Pulau Ciputih, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Cinibung. Berenang di sini juga memberikan sensasi yang unik, dengan gelombang laut yang tenang tanpa takut terseret ombak. Pasirnya pun terasa sangat lembut dan suasananya lebih sepi ketimbang Pantai Ciputih. Jika ada yang berlalu lalang biasanya adalah segerombolan kerbau peliharaan warga yang tinggal di sekitar pantai.

Tips wisata ke Pantai Ciputih

Untuk mencapai tempat wisata ini, tidak hanya menyiapkan kendaraan yang akan digunakan menuju Pantai Ciputih, tapi juga kondisi tubuh. Menghabiskan waktu terlalu lama di dalam mobil selain membuat badan pegal-pegal, juga membuat tubuh lelah karena harus melewati jalan yang buruk dan berlubang. Bulatkan tekad , kumpulkan kesabaran, dan lihat sisi positifnya karena Anda dapat memandang deretan pantai indah saat menuju ke Pantai Ciputih.

Persiapkan juga perbekalan yang cukup, terutama saat dalam perjalanan panjang maupun sesampainya di Pantai Ciputih, jika ingin menghemat bujet liburan selama menghabiskan liburan di sana. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab, dengan tidak ikut mengotori atau merusak pantai yang masih alami ini. Jangan lupa juga untuk membawa kamera atau gadget, untuk mengabadikan keberadaanmu di pantai yang indah ini. Siapkan pose terbaikmu ya!

Buat traveler yang memiliki jiwa petualan tinggi, tidak ada salahnya memasukkan nama Pantai Ciputih sebagai tujuan wisata selanjutnya. Have fun! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *