Pantai Angsana, Kalimantan Selatan, Sajikan Keindahan Alam Bawah Laut Ala Bunaken

Pantai Angsana-Pariwisata Kalimantan tak selalu identik dengan sungai dan hutan. Pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi ini juga menawarkan wisata bahari yang menawan. Pantai Angsana misalnya. Obyek wisata yang berada di kawasan Kalimantan Selatan ini sekarang sedang naik daun meski tergolong masih baru. Semua itu tak lepas dari peran serta pemerintah yang terus berusaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Pantai Angsana. Penasaran dengan obyek wisata Pantai Angsana yang juga disebut sebagai Bunaken-nya Bumi Lambung Mangkurat ini? Yuks, simak ulasannya berikut ini!

Lokasi

Obyek wisata Pantai Angsana tepatnya berada di Kecamatan Angsana Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pantai yang berada di belakang area perkebunan kelapa sawit ini bisa di tempuh dari Banjarmasin selama kurang lebih lima jam perjalanan darat. Sedangkan bila dari Balicin, pantai ini berjarak sekitar 76 km dan skitar 53 km saja dari Pantai Angsana, sebuah obyek wisata bahari yang masuk dalam wilayah Tanah Bambu. Saat pengunjung sudah mencapai ruas Trans-Kalimantan maka akan dijumpai jalan sepanjang 5 km yang berupa tanah merah dan berbatu-batu sebelum akhirnya tiba di Pantai Angsana. Di sisi kiri dan kanan jalan tersebut pengunjung dapat melihat perkebunan kelapa sawit.

Atraksi wisata

Keunggulan Pantai Angsana bila dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kalimantan Selatan adalah memiliki air yang sangat bersih dan bisa dikatakan masih perawan. Pantai ini juga mempunyai pemandangan alam yang indah. Lebih menariknya lagi, pengunjung dapat melakukan snorkeling dan selam scuba di pantai ini, seperti yang biasa dilakukan di pantai Bunaken Sulawesi dan juga Raja Ampat di Maluku, untuk menikmati keindahan terumbu karang yang berada tak jauh dari lepas pantai. Mungkin poin terakhir inilah yang menjadi daya tarik utama Pantai Angsana bagi wisatawan.

Surga snorkeling

Terdapat tiga spot snorkeling dan diving di kawasan obyek wisata Pantai Angsana ini, yaitu Sungai Dua Laut, Batu Anjir dan Karang Kima. Peralatan untuk aktivitas snorkeling dan diving dapat disewa di tempat persewaan setempat. Sedangkan untuk menuju spot biasanya menggunakan perahu nelayan atau kelotok yang disewakan dengan harga yang wajar. Dari pesisir menuju area terumbu karang butuh waktu sekitar satu jam karena perahunya berjalan pelan. Obmak yang tidak terlalu besar sangat mendukung para penyelam yang hanya menggunakan peralatan sederhana untuk dapat menikmati keindahan tertumbu karang dengan leluasa. Namun biasanya penyewaan alat sudah masuk satu paket dengan kapal dan dive master.

Baca juga: Soto Banjar, Kuliner Terpopuler Asal Kalimantan Selatan

Pesona terumbu karang

Terumbu Karang di kawasan Pantai Angsana sangat beragam dan biota lautnya pun sangat khas. Pengunjung akan menjumpai ikan yang berwarna-warni seperti ikan badut atau yang kerap disebut sebagai ikan nemo. Pengunjung yang bersnorkeling dan melakukan diving kebanyakan merasa terpesona dengan suguhan keindahan alam laut pantai in. Mereka tidak menyangka bila salah satu pantai yang berada di Kalimantan Selatan ini bisa menyajikan pemandangan alam bawah laut yang tak kalah indah dengan pantai Bunaken.

Fasilitas

Meski saat ini Pantai Angsana belum sepopuler wisata bahari lain yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, namun dengan potensi yang dimilikinya pantai ini akan segera melejit meninggalkan para pesaingnya. Pasir putihnya yang bersih dipadu dengan birunya air laut dan keindahan biota lautnya akan membius siapa saja yang berkunjung ke sana. Suara deburan ombak bila dinikmati akan memberikan efek menenangkan. Selain snorkeling dan scuba diving, di Pantai Angsana ini pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti berenang, menikmati terbit dan tenggelamnya matahari, memancing, bermain jet ski dan juga banana boat.

***

Tips snorkeling di Pantai Angsana

Pantai Angsana yang terkenal akan keindahan pesona bawah laut ala Bunaken, sangat menyenangkan dinikmati dengan snorkeling atau diving di perairan dangkal. Eitss… tapi ini bukan tanpa bahaya, jika Anda tidak berhati-hati saat berenang, kulit bisa lecet atau tergoreng batu karang yang tajam. Nah, untuk lebih  menyenangkan lagi, coba cek tips-tips snorkeling di Pantai Angsana berikut yuk:

  1. Utamakan keselamatan

Melihat-lihat pemandangan bawah laut yang mempesona bisa membuat siapa saja takjub dan terlena, padahal di bawah sana juga membutuhkan kewaspadaan. Jaga keamanan dan keselamatan dengan selalu waspada akan peralatan snorkeling. Apakah sudah terpasang dengan baik? Memakai sepatu katak/fin, memakai pelampung dan masker.

  1. Jangan takut

Usir ketakutan saat berada di bawah laut. Dunia bawah air bagi para pemula memang sedikit asing, jadi coba untuk kumpulkan nyali kemudian baru siap menyelam. Tidak perlu pandai atau mahir berenang jika ingin snorkeling, karena umumnya hanya melintas di sekitar perairan dangkal.

  1. Cuci bersih semua peralatan

Menyewa peralatan snorkeling di sekitar lokasi wisata Pantai Angsana sudah menjadi hal yang lumrah. Tetapi, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih peralatan snorkeling sebelum dipakai. Walaupun mungkin peralatan snorkeling tersebut sudah dibersihkan secara rutin sehabis dipakai orang lain, namun untuk memastikan kebersihan, tidak ada ruginya untuk membersihkan ulang dengan air bersih yang mengalir dan sedikit desinfektan.

  1. Meminta ditemani pemandu/teman

Meskipun tidak seramai di darat, alam bawah laut juga menyimpan satu bahaya. Yaitu kram karena kelelahan berenang. Untuk menghindari hal ini, mintalah untuk selalu ditemani oleh pemandu yang berpengalaman atau tetap bersama dalam satu grup selama di bawah permukaan air.

  1. Utamakan Keamanan

Beberapa pecinta snorkeling yang sudah mahir sekalipun, tetap menjaga keamanan diri dan satu grup selama melakukan snorkeling. Ini karena ada hewan-hewan bawah laut yang terkadang tidak kita sadari mendekat seperti ubur-ubur atau bulu babi. Sengatan ubur-ubur mungkin tidak mematikan, namun bisa menimbulkan kram yang menyyulitkan berenang nantinya. Demikian pula dengan perahu-perahu yang mungkin tidak melihat keberadaan kita dan melintas di atas kepala, jika tidak waspada bisa membahayakan keselamatan penyelam.

  1. Hati-hati melangkah di sekitar terumbu karang

Pantai Angsana yang terkenal dengan keindahan alam bawah laut seperti di Raja Ampat ataupun Bunaken, membuat para pengunjung di bawah air enggan untuk pulang cepat-cepat atau naik ke darat terburu-buru. Namun, jangan lupa untuk tetap memastikan waktu dan selalu berhati-hati saat melangkah di atas terumbu karang. Meskipun terbuat dari batu koral atau karang, terumbu karang cukup rentan dan mudah rusak jika tersenggol ataupun tertendang fin/sepatu katak dari para penyelam. Kemudian, ikan-ikan kecil ataupun hewan-hewan laut juga mudah stres jika mendapat interaksi dari manusia terlalu sering.

Lebih baik biarkan saja keindahan alam bawah laut Pantai Angsana tetap lestari hingga anak-cucu kelak. Kita diperbolehkan untuk menikmati keindahan pesona alam bawah laut Pantai Angsana, tanpa perlu untuk menyentuhnya. Dengan kesadaran ini, maka diharapkan pesona bawah laut Pantai Angsana dapat terus dipertahankan.

***

Berwisata ke Pantai Angsana akan sangat menyenangkan. Terlebih lagi di sini sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai. Seperti penginapan dan juga hotel yang bisa dipilih tergantung dari budget, serta kamar bilas dan toliet yang jumlahnya lumayan banyak. Bagi yang ingin beribadah, di kawasan ini juga sudah dibangun mushala. Tak ketinggalan, deretan warung dan rumah makan juga telah siap menunggu pengunjung yang ingin memanjakan perut dengan aneka jenis menu masakan khas lokal yang nikmat.  Semoga liburan Anda menyenangkan. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.