Panorama Negeri di Awan, Inilah 6 Gunung yang Minimal harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Mendaki gunung memberikan banyak manfaat. Bagi sejumlah orang mendaki gunung adalah pelarian dari berbagai stres dan aktivitas kesibukan yang menjemukan. Selain itu, sejumlah orang juga memanfaatkannya untuk olahraga dan bertaddabur alam. Alias lebih mensyukuri anugerah-Nya dengan berbagai keindahan alam yang disaksikan.

Mendaki gunung tentunya setiap orang ingin sampai di puncaknya. Pasalnya, panorama di puncak merupakan “klimaks” dari pesona yang sudah dilihat semenjak awal pendakian.

Pemandangan yang menyapu panorama kota dan pegunungan, terkadang berubah menjadi lautan awan yang menyulap setiap pendaki bagaikan sedang berada ke negeri di atas awan.

Setidaknya sekali seumur hidup, kunjungi 6 gunung dengan lautan awan berikut:

1. Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung tertinggi di Pulau Jawa nomor dua setelah Gunung Semeru berada perbatasan sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. Yaitu Brebes, Purbalingga, Pemalang dan Banyumas.

Puncaknya berketinggian 3.428 mdpl dengan jalur pendakian yang gersang. Namun, setibanya di puncak maka semua perjuangan akan terbayar dengan pemandangan lautan awan yang menakjubkan. Taj hanya itu, Gunung Slamet juga memiliki hutan pohon damar dan satwa liar yang sangat dijaga kelestariannya.

2. Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Berketinggian sekitar 3.136 mdpl, Gunung Sindoro menjadi salah satu gunung berapi yang aktif di Jawa Tengah. Puncaknya menjadi lokasi yang tepat menyaksikan keindahan bunga edelweiss dan lautan awan yang bikin melongo.

3. Gunung Merapi, Jawa Tengah

Popularitas Gunung Merapi sebagai gunung paling aktif di Indonesia sudah tak terbantah lagi. Ketinggiannya mencapai 2.930 mdpl dengan pesona lautan awan dan sunset yang bernuansa keemasan. Konon, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi adalah sekitar jam 6 – 7 pagi di Kaliadem. Selain hamparan sawah yang hijau, pemandangan kabut dan puncaknya diselimuti awan putih yang memancarkan sinar matahari pagi.

4. Gunung Semeru, Jawa Timur

Berlanjut ke Jawa Timur, Gunung Semeru yang menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa berketinggian sekitar 3.676 mdpl. Puncak Gunung Semeru sangat terkenal, bahkan beberapa kali sempat menjadi lokasi syuting film. Gunung tertinggi ketiga se- Indonesia ini memiliki puncak yang diberi nama Mahameru. Lokasi gunung berada di perbatasan dua kabupaten yaitu Malang dan Lumajang. Hamparan lautan langit bertebaran awan seputih kapas menjadi pemandangan yang tak bosan dipandang.

Baca juga:

Bertualang di Akhir Pekan, Taklukkan 5 Gunung Terpopuler Versi Pendaki Jaman Now

 

5. Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Selanjutnya ada gunung tertinggi nomor tiga di Indonesia yaitu Gunung Sumbing. Tingginya mencapai 3371 mdpl. Berlokasi persis di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemandangan indah lautan awan selembut kapas berarak menyelimuti panorama. Seolah – olah kita sedang berada di negeri antah – berantah yang melayang di langit.

6. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Sejak lama Gunung Merbabu dikenal luas para pendaki dengan pemandangan yang indah. Apalagi, setelah kaki sampai di padang rumput atau savannah yang hijau dan luas dengan pesona kawah – kawah eksotis. Tak tanggung – tanggung terdapat lima buah kawah di Gunug Merbabu, yaitu kawah Condrodimuko, kawah Kendang, kawah Kombang, kawah Sambernyowo, dan kawah Songo. Tak hanya itu, Gunung Merbabu juga dianugerahi dua puncak. Yaitu Puncak Songo dan Puncak Syarif. Kedua – duanya menyuguhkan penorama dramatis yang memberikan pengalaman sangat berharga sekali seumur hidup. Yaitu dengan menyaksikan pulau Jawa dari ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut.

***

Sekali dalam seumur hidup, cobalah untuk merancang liburan yang menggugah emosi dengan mendaki beberapa gunung di atas. Dijamin, sepulang liburan, semua tekanan dan stres akan menghilang berganti semangat dan antusias untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang.

Perjalanan wisata menjelajahi alam di seluruh destinasi yang ada di Indonesia, tidak akan lengkap tanpa merencanakan bersama agen travel wisata profesional, Jari Adventure.

Harga termasuk dalam satu paket yang komplit, meliputi hotel, sewa kendaraan, tiket penerbangan, maupun tiket transportasi umum lainnya.

Perjalanan wisata ke mana pun, pastikan Jari Adventure menjadi mitra terbaik perjalanan liburan Anda dan keluarga. Hubungi nomor Whatsapp 0877 – 78906999 untuk pemesanan dan info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *