Panorama Indah Menakjubkan, 7 Tempat Wisata Banjarbaru yang Terkeren

Kota Banjarbaru memiliki sejuta pesona yang harus Anda lihat dengan mata telanjang. Kota ini penuh dengan panorama alam yang menakjubkan.

Memang, masih banyak orang yang masih belum tahu akan keindahan dan tempat keren lainnya yang ada di Banjarbaru. Mulai dari spot wisata keren, situs budaya, situs sejarah, hingga wisata alam yang patut untuk Anda singgahi.

Bicara soal wisata di Banjarbaru yang sangat banyak, tentu cukup membingungkan untuk memilah mana saja yang akan dikunjungi. Oleh karena itu, mari kita simak wisata paling menarik di Banjarbaru yang menjadi rekomendasi untuk Anda. Check this out!

1.    Danau Seran

Dulunya, area ini merupakan kawasan penambangan intan yang dimiliki oleh PT. Galuh Cempaka. Seusai aktivitas penambangan berakhir, bekas galian tambang yang terbengkalai akhirnya digenangi air dan menjadi danau dengan nama Danau Seran yang hingga kini banyak dikunjungi wisatawan.

Danau ini sangatlah mempesona dan indah. Setelah sampai di lokasi, Anda akan disuguhkan indahnya danau seluas 10 hektar lengkap dengan alam hijau di sekelilingnya.

Air danaunya juga cukup jernih dan menggoda untuk dijadikan tempat berenang. Namun, Anda harus berhati-hati karena kedalaman danau ini mencapai 30 meter.

Uniknya, di tengah danau terdapat pulau dengan pepohonan liar yang terlihat sangat cantik. Pulau ini juga bisa Anda kunjungi ketika singgah di Danau Seran.

Danau ini berada di Guntung Manggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

2.    Danau Galuh Cempaka

Destinasi Danau Galuh Cempaka tak kalah indahnya dengan Danau Seran. Danau ini juga menjadi bekas area pertambangan oleh PT yang sama dengan danau Seran.

Ada yang mengatakan bahwa danau ini terbentuk karena adanya sumber air dari dalam tanah bekas galian tambang. Ada juga yang menyatakan bahwa danau ini merupakan galian tambang yang tergenang air.

Lokasinya berada di Purnawirawan, Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas penyewaan perahu, lho!

3.    Embung Sidodadi

Selanjutnya ada Embung Sidodadi, wisata dengan fungsi utama sebagai daerah tangkapan air ini menjadi wisata andalan di kota Banjarbaru.

Anda bisa mengajak keluarga untuk bersantai sambil melepas kepenatan sehabis bekerja. Di sini juga bisa melakukan aktivitas memancing, lho!

Pemerintah kota telah menebar 12 ribu benih ikan yang terdiri atas 4000 jenis ikan lokal yang berbeda. Namun, jangan sampai Anda menyetrum ikan, ya! Lokasi Embung Sidodadi berada di Jl. Sidodadi 2 No. 96, Loktabat Selatan, Banjarbaru

4.    Danau Wisata Kota Citra

Danau yang satu ini berada dalam perumahan elit Kota Citra Graha (Jl Ahmad Yani Km. 17,5, Gambut, Banjar, Banjarbaru).

Bahkan, danau ini dimiliki oleh seorang pengusaha Kalimantan Selatan bernama H. Norhin. Fasilitas yang tersedia juga cukup banyak mulai dari perahu bebek, outbound, wahana air, spot memancing, area makan, bahkan karaoke. Pantas saja jika wisata ini dipenuhi oleh pengunjung setiap hari.

Tak hanya itu, area danau ini memiliki udara sejuk sehingga membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

5.    Kampung Iwak

Bila Anda merupakan penggemar ikan dan suka memancing ataupun mencari benih unggul ikan, maka disinilah tempatnya.

Wisata ini tak hanya menyediakan kuliner saja, namun juga lengkap dengan fasilitas kolam pemancingan.

Jika beruntung, Anda bisa mengikuti beberapa moment di hari tertentu berupa lomba memancing. Lokasinya berada di Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara. Kampung Iwak juga buka setiap hari 24 jam, lho!

6.    Kampung Pelangi Banjarbaru

Kampung yang satu ini tentu bisa menarik perhatian banyak orang. Nuansa warna-warni yang didapat dari rumah-rumah warga sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

Kampung ini dibangun di atas bantaran Sungai Kemuning Banjarbaru. Lokasinya berada di Jl. Kemuning, Guntung Paikat, Banjarbaru.

7.    Hutan Pinus Mentaos

Wisata ini sering menjadi alternatif bagi siapapun yang ingin menghirup segarnya udara dan hijaunya pepohonan. Hutan Pinus Mentaos menyuguhkan pemandangan pohon pinus yang hijau dan eksotis.

Hutan ini kini lebih berwarna karena dilengkapi dengan beragam gantungan payung sehingga sangat instagramable untuk dijadikan spot berfoto.

Lokasinya berada di Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Kota Banjarbaru.

Dari ke-7 rekomendasi wisata menarik di Banjarbaru, mana dulu yang ingin Anda singgahi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.