Panduan Lengkap & Tarif Naik Gondola Ala Venesia, Italia

Liburan ke Italia, pastinya sisi romantis kota terapung Venesia tak bisa dilepaskan. Apalagi jika berkesempatan naik gondola yang populer itu.

Di sepanjang kanal kota Venesia, banyak tersedia perahu – perahu bercadik atau gondola yang didayung oleh seorang berpakaian unik.

Mereka akan mengayuh gondola sambil bernyanyi lagu – lagu Italia. Tak jarang mereka juga selayaknya tour guide yang menyediakan waktu untuk menunjukkan spot – spot indah dan unik di kota Venesia.

Terdengar indah, kan? Tapi, ternyata untuk menaiki sebuah gondola dan melakukan tour keliling kota Venesia tak semudah yang terlihat. Kamu harus pandai tawar – menawar harga agar tak terjebak permainan harga yang terlalu mencekik kantong.

Lalu, bagaimana cara naik gondola dan berapa tarifnya? Yuk, simak ulasan berikut:

Harus merogoh kocek yang agak dalam  untuk naik gondola?

Popularitas memang bisa berujung keuntungan tinggi. Meskipun banyak traveller yang ingin mencoba naik gondola, sayangnya tak jarang hal ini hanya sebatas angan. Tarif yang dipatok terlalu tinggi, membuat wisatawan merasa gentar untuk sekadar tawar – menawar harga.

Padahal, dari pemerintah lokal sendiri telah memberikan patokan yang jelas dan pasti yakni sekitar 80 euro untuk perjalanan selama 40 menit, dengan kapasitas penumpang 6 orang setiap gondola.

Tergantung nilai tukar mata uang rupiah dengan Euro. Agar bujet liburan ke Venesia bisa makin murah, sebaiknya mencoba share cost atau liburan rame – rame. Dengan begitu ongkos akan lebih murah karena dibagi secara patungan. Misalnya, naik gondola 100 euro dibagi 6 menjadi sekitar 17 Euro per orang. Lebih murah, kan?

Hal – hal yang perlu diingat ketika akan naik gondola

Ingat harga standar

Pihak pengelola gondola sudah menetapkan harga resmi untuk menaiki gondola yaitu 80 Euro selama 40 menit perjalanana. Jika masih kurang puas, bisa tambah lagi 20 menit dengan ongkos tambahan sebesar 40 Euro.

Harga untuk waktu – waktu spesial seperti weekend ataupun malam hari juga berbeda. Ini karena penumpang di malam hari akan jauh lebih menikmati keindahan Venesia yang bermandikan cahaya gemerlap lampu kota terpantul dari permukaan air.

Biaya naik gondola setelah makan malam atau lebih dari jam 7 malam adalah sebesar 100 euro untuk perjalanan selama 40 menit. Jika ingin tambah waktu perjalanan selama 20 menit, akan dikenakan biaya tambahan 50 Euro.

Tawar menawar harga

Seperti umumnya tempat wisata terkenal. Kamu pasti tahu bagaimana cara menawar harga naik becak atau andong di Malioboro? Nah, seperti itu pula persamaan dengan naik gondola di Venesia. Para pengayuh gondola atau gondolier biasanya memasang tarif awal tinggi, tapi kamu berhak menawar harga atau negosiasi untuk mendapat harga yang terbaik.

Rute yang dilalui gondola

Patut diingat pula, jika kamu sudah sepakat dengan harga yang rendah, kebiasaan gondolier akan  melewatkan tempat – tempat spesial karena hanya menempuh jarak yang pendek. Agar tak terjebak, tanyakan rute dan buat kesepakatan.

Rute – rute standar yang dilalui gondola di antaranya Jembatan Rialto, Grand Canal, dan kanal – kanal kecil yang menyisir lorong di antara bangunan bergaya Eropa kuno.

Naik gondola beramai – ramai atau naik water bus

Bila tak mau repot tawar menawar dan tetap ingin  merasakan sensasi menyusuri kota terapung Venesia, pilih saja water bus yang lebih murah dan bisa naik beramai – ramai.

Pangkalan gondola biasanya ada di jalan St. Marks’s Square. Cari teman lain agar penumpang bisa genap 6 orang.

Ciri – ciri gondolier resmi

  • Gondolier yang resmi memakai busana unik seperti busana adat Madura. Yaitu kaos putih bermotif garis – garis.  Kemudian, mengenakan sepatu hitam dan topi hat yang berwarna hitam.
  • Tidak semua gondolier bernyanyi, tetapi yang paling umum mereka akan menjelaskan kepada turis tempat – tempat menarik beserta sejarahnya seperti layaknya tour guide.
  • Gondolier juga bisa bahasa Inggris meski hanya kata – kata yang umum.
  • Gondola yang tersedia sama seperti angkutan kota yang bervariasi fasilitasnya. Jika beruntung kamu bisa menemukan gondola yang sudah disediakan bantalan empuk dan selimut.

***

Selamat menikmati Venesia di atas gondola…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.