Panda China yang Bikin Gemas, Cocok Ajak Buah Hati Berwisata

Siapa sih yang tidak suka dengan panda? Hewan lucu nan menggemaskan ini sering kali menarik perhatian banyak orang di dunia. Bagaimana tidak?

Badannya yang gemuk dengan bulu yang biasanya bercorak hitam dan putih menjadi ikonik akan kelucuannya. Apalagi terdapat berbagai kartun bertemakan panda yang disukai anak-anak.

Panda sendiri merupakan mamalia yang masuk dalam keluarga beruang dan menjadi hewan asli khas Tiongkok Tengah. Panda biasanya tinggal di wilayah pegunungan.

China yang terkenal akan sebutan rumah giant panda, tentunya memiliki berbagai wisata unik yang bertemakan hewan gemas ini. Meski China kini menjadi sorotan dunia akibat virus corona, namun sebutan itu tidak akan hilang begitu saja.

Wisata panda tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke China. Terdapat sejumlah lokasi pengembangbiakan panda yang menjadi destinasi wajib saat wisatawan bertandang ke negeri tirai bambu ini. Apa saja? Berikut 4 lokasi pembiakan panda di China yang harus Anda ketahui:

 

  1.       Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding

Tempat pertama ialah Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, lokasi pembibitan panda dari bayi hingga ia menjadi dewasa. Para pengunjung bisa datang di jam 08.30 pagi, karena di jam 10.00 adalah waktu panda makan. Pengunjung pun dapat melihat nya secara langsung.

Tepat pada tanggal 13 Januari 2020 lalu, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding dikejutkan dengan kedatangan 2 ekor panda baru. Panda dengan nama Jia Yue Yue dan Jia Panpan ini ternyata berasal dari Kebun Binatang Calgary.

Kedua panda ini sangat imut dan menggemaskan. Jia Panpan dilahirkan pada bulan Oktober 2015 lalu di kebun binatang Toronto, Kanada, kemudian sampai di Kebun Binatang Calgary di bulan Maret 2018 sebelum tiba ke Chengdu.

 

  1.       Dujiangyan Panda Base

Ingin merasakan sensasi menjadi relawan panda? Dujiangyan Panda Base bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya. Wisatawan dibolehkan memberi makan panda hingga merawatnya. Namun, tentu saja tidak sembarang pengunjung diperbolehkan untuk menjadi seorang relawan panda.

Sebelumnya, pengunjung akan mendapatkan pengarahan khusus dari petugas setempat. Mulai dari cara bersahabat dengan panda dan cara merawatnya. Jika pengunjung dianggap layak, maka mereka bisa menjadi relawan selama sehari yang dimulai pukul 08.30 pagi.

Dujiangyan Panda Base memiliki sekitar 40 panda yang dikembangbiakan. Banyak sekali, ya!

 

  1.       Wolong Panda Center

Wolong Panda Center adalah destinasi wajib saat Anda bertandang ke China. Lokasinya terletak di barat daya Wenchuan County, sekitar 121 kilometer jauhnya dari Chengdu. Keunikannya terletak pada salah satu jenis panda yang sangat unik, yakni Ailurus Fulgens atau yang lebih dikenal dengan nama Panda Merah.

Sama halnya dengan Dujiangyan Panda Base, pengunjung juga diperbolehkan untuk mengikuti program relawan di Wolong Panda Center.

Bahkan, pengunjung yang menjadi relawan berkesempatan untuk memberi makan Panda Merah yang sangat ikonik, lho! Selain itu, relawan diperbolehkan untuk menjelajahi kehidupan panda saat malam hari. Pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan, bukan?

 

Baca juga:

Menakjubkan! Selfie Ceria dengan Quokka Hanya Ada di Australia

Jangan Keburu Pulang Kalau Belum Bawa Oleh oleh Khas Medan Ini

Wow Banget! Asyiknya Mengamati Paus, Migrasi Musim Dingin di Puerto Rico

Jelajah Kuliner Sri Lanka, Segarnya Aroma Salad Pagagan

Keunikan Pasar di Belanda, Bisa Ditawar dan Jual Barang Antik yang Langka

 

  1.       Bifengxia Panda Base

Tempat pembiakan panda yang satu ini telah buka sejak tahun 2004. Bifengxia Panda Base merupakan salah satu tempat pembiakan panda yang masih jarang dikunjungi pengunjung.

Ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk berinteraksi lebih dekat dan intens dengan panda.

Para pengunjung bisa mengikuti program relawan, yakni dengan menjaga panda selama 2 hari lamanya. Pengalaman ini akan semakin berkesan karena tempat ini dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah, lengkap dengan air terjun dan ngarai yang menyejukkan.

Panda memang jarang ditemui di banyak kebun binatang di Indonesia. Hanya ada beberapa diantaranya yang ditinggali oleh hewan menggemaskan ini.

Oleh sebab itu, berkunjung ke lokasi pengembangbiakan panda yang juga berstatus destinasi wisata ini.

 

Kapanlagi mendapatkan pengalaman baru sembari berinteraksi dengan panda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.