Padang Rumput Sadengan Banyuwangi, Bak Hamparan Karpet Alami yang Asri

Padang savana adalah sebuah dataran dengan hamparan rumput yang hijau dan luas. Jika Anda beranggapan bahwa padang savanna hanya ada di Afrika saja, maka pemikiran Anda sekarang akan berubah.

Indonesia juga memiiki beberapa padang savanna yang hijau dan indah. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Afrika jika ingin melihat suasana padang savanna.

Ternyata, Jawa Timur memiliki beberapa padang savanna yang sangat terkenal. Salah satu padang savanna yang ada di Jawa Timur yaitu Padang Rumput Sadengan.

Padang rumput ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi yang luasnya mencapai 80 hektar. Kawasan padang savanna ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo.

Padang Rumput Sadengan

objekwisatapopuler.com

 

Tidak jauh berbeda dengan padang rumput lainnya seperti yang ada di Taman Baluran. Kawasan ini termasuk kawasan padang rumput semi alami.

Awalnya terbentuk akibat adanya kerusakan hutan, lalu membentuk sebuah wilayah dengan hamparan rumput yang luas.

Di dalamnya, Anda dapat menemukan beberapa binatang liar yang berkeliaran. Beberapa hewan yang akan sering Anda temui di sini adalah gerombolan banteng, kijang, babi hutan, dan rusa.

Bahkan, beberapa ekor macan tutul. Wilayah ini benar-benar terlihat seperti kawasan liar, namun terlindungi. Ternyata, Anda bisa memilih waktu-waktu tertentu saat ingin melihat beberapa hewan yang ada.

Contohnya, Anda bisa pergi ke kawasan ini saat pagi atau menjelang sore agar dapat bertemu dengan gerombolan banteng Jawa.

Banteng jawa biasanya terlihat saat pagi hari sekitar jam 6 hingga 9 pagi, serta sore menjelang malam. Selain banteng, Anda juga dapat bertemu dengan kawanan rusa saat jam-jam tersebut.

Namun, Anda harus berhati-hati karena hewan seperti rusa lebih sensitif dari pada hewan lainnya.

Mereka akan menghindar dan lari tiba-tiba saat mendengar suara ramai atau saat mengetahui ada rombongan pengunjung yang mulai mendekat.

Populasi banteng yang ada di padang rumput sadengan ini termasuk cukup banyak. Terdata ada sekitar 120 banteng pada tahu 2012.

Baca juga:

Menyelami Masa Lalu di 5 Istana Kerajaan Asli dari Korea Selatan

 

Aneka Satwa Liar Otentik

Selain mamalia, ternyata Anda juga dapat menemukan beberapa jenis burung liar yang menghuni kawasan ini. Beberapa jenis elang seperti elang jawa, elang ikan kepala kelabu, elang laut perut putih, serta elang ular bido.

Selain itu, Anda juga akan menemukan burung srigunting, jalak putih, ayam hutan merah, blekok sawah, peregam, bahkan merak hijau yang sangat cantik dan burung liar lainnya.

Waktu yang sangat tepat jika Anda ingin melihat kawanan burung merak, maka Anda harus stand by di tempat saat pagi sekitar jam 6 hingga 10.

Di kawasan ini, Anda juga akan mendapatkan fasilitas berupa sebuah bangunan dengan lensa binokular. Tempat ini dapat Anda manfaatkan untuk melihat satwa-satwa lainnya agar mendapatkan pemandangan yang lebih luas dan jelas.

Selain itu, kawasan ini juga memiliki sebuah gubuk berlantai tiga. Gubuk ini ternyata dapat digunakan untuk memantau satwa dari ketinggian.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengamatan serta penelitian satwa di padang rumput sadengan ini, akan ada penginapan khusus yang letaknya berada di belakang pos pemantau.

Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat melakukan pengamatan, karena kawasan ini telah dibagi beberapa blok agar proses penelitian berjalan cepat dan mudah.

Rute transportasi

Jarak padang rumput sadengan ini hanya sekitar 2 km jika diukur dari pintu masuk pos Rawa Bendo. Cukup dekat bukan? Kawasan ini termasuk padang rumput yang sangat luas.

Oleh karena itu, kawasan ini memiliki tempat penyewaan mobil jeep milik Perhutani agar pengunjung mudah saat mengelilingi padang rumput yang luas ini.

Mobil jeep sangat direkomendasikan untuk transportasi berkeliling di padang Sadengan karena jalannya masih sangat alami.

Jalannya masih banyak terdapat banyak bebatuan yang tercampur dengan tanah dan rerumputan. Namun, Anda tidak perlu repot lagi untuk memikirkan transportasi jika Anda mengikuti paket tour Banyuwangi.

Dengan paket tour ini, transportasi, akomodasi, bahkan makan dan tiket masuk wisata sudah termasuk kedalam satu paket saja. Mudah, bukan?

***

Itulah kawasan padang rumput Sadengan yang sangat indah. Dengan mengunjungi wisata ini, Anda dapat menikmati keindahan serta keunikan alam liar yang sesungguhnya.

Cintai berbagai destinasi di Indonesia dengan berkunjung dan berwisata ke sana. Jadikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata Anda yang terpercaya dan bisa diandalkan. Hubungi Jari Adventure:

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.