Pacitan dan Keindahan Wisata Alamnya yang Menghipnotis

Pacitan merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, lokasinya berada di barat daya Surabaya dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

 

Pacitan dikenal memiliki destinasi wisata dengan keindahan yang memesona. Seperti wisata goa-goa karst, air terjun dan pantainya yang berada di sepanjang pantai selatan dan berbatasan langsung dengan samudera hindia. Bentang alam ini menjadi Pacitan sebagai salah satu destinasi yang memiliki banyak wisata alam.

 

Apalagi untuk kamu yang penat dengan deadline dan kerjaan yang tak kunjung usai, membuat janji ingin berlibur. Namun kali ini kamu tak perlu terlalu jauh atau bahkan keluar negeri untuk sekedar liburan, kamu tinggal memesan tiket ke kota paling selatan dari Jawa Timur saja yaitu Pacitan. Kamu akan menemukan keindahan alam lainnya yang tak kalah menarik dengan Bali dan Yogjakarta.

 

1.   Pantai Klayar

Pantai paling hits yang harus dikunjungi ketika di Pacitan, ya pantai ini bernama Pantai Klayar. Destinasi ini pertama kali hits ketika presiden Susilo Bambang Yudhoyono pulang kampung dan berlibur ke pantai klayar.

 

Suara ombak dan melihat lantai membuat semua penat selama di kota, hilang seketika. Terlebih lagi dengan adanya seruling samudra yang menjadi daya tarik utama. Suara seruling ini muncul karena adanya angin dan air laut yang melewati lubang batu karang. Apalagi dengan perpaduan gradasi cokelat dan putih pada pasir pantai semakin membuatnya indah.

 

2.   Gua Gong

Di dalam gua ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah. Gua Gong sendiri terbagi menjadi beberapa ruangan seperti ruang kristal bidadari, marmer dan lain-lain. Dan hanya butuh waktu 1-2 jam untuk menelusurinya.

 

3.   Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo ini masih berada di kawasan atau masih segaris dengan Pantai Klayar, terletak di Desa Widoro, Kecamatan Wonorejo. Dinamakan pantai Banyu Tibo karena ada air terjun tepat di pinggir pantai dan mengalir ke pantai selatan. Dalam bahasa Jawa arti Banyu Tibo adalah air yang jatuh atau air terjun.

 

4.   Pantai Buyutan

Berjarak 1,5 jam dari pusat kota Pacitan. Pantai yang berada di kecamatan Donorojo, Pacitan ini memiliki pantai yang panjang dengan keindahan pasir putihnya. Dimana di sekitar pantai terdapat batu karang hang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya saja. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dari pantai-pantai lainnya yaitu adanya watu nerada yang bentuk bata karangnya mirip dengan tokoh wayang Batara Narada.

 

5.   Sungai Maron

Pacitan terkenal memiliki sungai-sungai besar dan populer sehingga mampu dijadikan tempat wisata sambil menikmati pemandangan yang menawan. Sungai Maron merupakan sumber mata air dan habitat alami ikan tawar yang banyak dimanfaatkan oleh dua warga Desa Dersono dan Desa Sendang.

 

6.   Hutan Pinus Gemaharjo

Meski terkenal dengan wisata pantai dan goanya, Kabupaten Pacitan juga memiliki wisata hutan Pinus yang menarik dan hits di Pacitan yaitu Hutan Pinus Gemaharjo. Hutan ini berada di dataran tinggi sehingga udaranya segar dan menyejukkan dibanding berwisata di dataran rendah seperti pantai dan goa.

 

7.   Pantai Karang Bolong

Kalau kamu ingin mencari suasana yang berbeda dan tidak terlalu ramai bisa lho mengunjungi pantai Karang Bolong. Di pantai ini kamu akan mendapatkan batu karang yang berlubang karena faktor geologis. Pantai Karang Bolong ini masih di area sekitar Pantai Klayar.

 

8.   Grojogan Dhuwur

Keindahan alam yang mengagumkan memang sulit untuk dilupakan apalagi dengan adanya pemandangan berupa pepohonan hijau dan gemericik air terjun yang berjatuhan sehingga membentuk kolam raksasa dengan warna natural biru yang bisa menjadi obat pelepas penat. Yap, kamu akan menemukan itu semua bila kamu berkunjung di Grojogan Dhuwur yang berada di dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

 

9.   Sungai Cokel

Sekitar 25 km dari kota Pacitan. Kamu akan menemukan sungai Cokel yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Sungai ini ditumbuhi ratusan pohon kelapa di samping kanan kirinya dan sungai yang berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri dari Sungai ini. Sungai Cokel terletak persis di dekat pantai Watukarung.

 

10.                Goa Song Terus

Berada di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung. Gong Song Terus ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai bahan penelitian arkeolog sejarah. Penelitian paling bersejarah yang pernah ditemukan adalah manusia purba pada Goa Song Terus.

 

11.                Pantai Tawang

Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan yang bikin kagum dan syahduh. Pasalnya ketika kamu tiba di pantai ini, kamu akan disambut dengan pemandangan pantai yang penuh kapal berwarna biru. Ditambah lagi kamu bisa menikmati ikan segar di warung makan tengah pantai.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.