Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Pulau Maratua-Saat berjalan-jalan ke Kalimantan Timur, kebanyakan wisatawan menjadikan Pulau Derawan sebagai destinasi wisata utama. Padahal, terdapat sebuah surga tersembunyi yang tak kalah indah dari obyek wisata bahari kawasan Taman Laut Pulau Derawan. Pulau Maratua namanya. Pulau yang terletak di Laut Sulawesi ini adalah salah satu dari 92 pulau-pulau kecil terluar (PPKT) Indonesia yang berbatasan dengan negara lain. Selain menyajikan hamparan birunya laut yang menawan, pulau yang memiliki bentuk mirip dengan huruf C ini masih belum banyak dikunjungi sehingga tempat ini sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu atau sekedar melepaskan diri dari kebisingan kota. Tertarik mengetahui lebih jauh tentang kelebihan yang dimiliki obyek wisata yang satu ini? Simak ulasaanya berikut ini!

Lokasi Pulau Maratua

Pulau Maratua masuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Letaknya pun tak begitu jauh dari Pulau Derawan, hanya membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan saja dengan menggunakan kapal cepat. Sedangkan bagi wisatawan dari luar Kalimantan, Anda dapat memasuki Pulau Maratua via Tarakan ataupun pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Untuk mencapai pulau ini memang agak sedikit sulit karena Pulau Maratua berada di pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau ini memiliki luas 4.119,54 km2 dengan komposisi berupa perairan sebesar 90,67% dan garis pantai sepanjang 70,34 km. Karena kemolekannya, Pulau Maratua sering disebut Paradise Island. Bahkan Pangeran William dari Inggris sempat dikabarkan berlibur di pulau ini untuk menikmati keindahannya.

Pesona alam laut Pulau Maratua

Setelah perjalanan yang relatif melelahkan, Anda akan disambut dengan kejernihan air laut Pulau Maratua yang sudah terlihat dari jauh. Semakin dekat dengan kawasan wisata, kemurnian pulau ini semakin terasa. Pulau Maratua sendiri merupakan bagian dari Kepulauan Derawan yang masuk kawasan segitiga terumbu karang sehingga menyimpan kekayaan hayati laut yang beragam. Di pulau ini, Anda wajib melakukan snorkeling dan diving sebab keduanya merupakan aktivitas andalan bila berwisata ke pulau ini. Meski hanya menyelam pada kedalaman 5 meter, Pulau Maratua mampu menyuguhkan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Banyak sekali biota laut yang akan Anda temukan di sini, sebut saja kuda laut, cumi-cumi, gurita, lobster, pari putih dan lain sebagainya, yang memperindah taman bawah laut Pulau Maratua. Beberapa penyu juga sering menampakkan diri di perairan dangkal di waktu pagi atau menjelang sore hari. 

21 titik selam Pulau Maratua

Meski tergolong kecil, Pulau Maratua menawarkan lebih dari 21 titik selam yang sangat menarik untuk dijelajah oleh pecinta olahraga air ini. Masing-masing titik tersebut menawarkan keindahan tersendiri yang sangat sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Beberapa spot selam yang biasa dikunjungi antara lain, mid reef, second channel shark city, sea wall, leo point dan lainnya.

Tak hanya snorkeling dan diving, Pulau Maratua juga menawarkan keindahan sunset yang luar biasa. Suasana hening dipadu dengan ombak yang menyapu seiring dengan pasangnya air laut memberikan sensasi tersendiri kala menikmati senja di Pulau Maratua. Namun, pemandangan sunset yang indah ini menjadi sirna jika serangan kabut asap mulai menyerang kawasan Kalimantan. Hmmm, sayang sekali bukan!

Akomodasi di Pulau Maratua

Bila ingin menikmati keindahan alam disana lebih lama, Anda dapat menginap dengan nyaman karena di pulau ini sudah dibangun resort dan penginapan mulai dari kelas paling murah hingga yang memiliki standar internasional. Salah satu penginapan paling lengkap adalah Maratua Paradise Resort. Lokasi resort ini langsung berhadapan dengan laut lepas dan juga mempunayi dermaga sendiri. Beberapa kamar bahkan sengaja dibangun tepat di bawah bibir laut. Dengan menginap disini, Anda dapat langsung terjun ke laut untuk berenang atau snorkeling tanpa harus keluar penginapan terlebih dahulu. Bagi yang ingin lebih dekat dengan penduduk sekitar pulau, Anda dapat menginap di rumah-rumah penduduk yang disewakan.  

Untuk menginap di water vila yang tepat berada di bibir pantai, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam, yaitu sekitar 600 ribu rupiah hingga sejuta permalam. Sedangkan biaya transportasi pulang pergi Tarakan-Pulau Maratua sebesar 10 hingga 12 juta rupiah untuk tujuh orang. Bila berangkat dari Berau, harga relatif lebih murah karena faktor waktu tempuh yang lebih cepat, yaitu sekitar 7 juta rupiah untuk 7 orang pulang-pergi. 

Pilih agen travel wisata ke Pulau Maratua

Berlibur ke Pulau Maratua tidak kalah seru dengan liburan ke Maladewa atau kep. Karibia di luar negeri. Pantai dengan pasir putih yang halus, nuansa biru tosca air laut yang masih bersih dan berkilau, ditambah sarana pendukung seperti Maratua Paradise Resort dengan 8 vila di pantai dan 10 villa di atas laut.

Maka tidak heran jika banyak agen travel wisata yang menawarkan paket-paket liburan yang murah-meriah bagi para pelancong. Tidak perlu berkantung tebal, semakin banyak jumlah anggota rombongan maka harga akan semakin murah. Semua paket termasuk akomodasi di Maratua Paradise Resort, transportasi dari bandara menuju lokasi, dan juga biaya makan selama liburan. Jadi, bujet liburan akan semakin hemat, kan?

Dari beberapa sumber, agen travel wisata umumnya akan menawarkan beberapa paket yang di antaranya sebagai berikut:

  1. Wisatawan akan dijemput oleh pihak agen travel wisata dari Bandara Juwata kota Tarakan, untuk menuju ke pelabuhan. (pulang-pergi)
  2. Perjalanan dilanjutkan memakai transportasi berupa speed boat (disediakan oleh pihak agen travel wisata) dari kota Tarakan menuju ke pulau Maratua (pulang pergi)
  3. Check in di maratua paradise resort sesuai dengan kamar yang telah disepakati
  4. Mendapatkan fasilitas makan 3 kali dalam satu hari: makan pagi, makan siang, dan makan malam selama di Pulau Maratua ataupun pulau yang dikunjungi.
  5. Perjalanan wisata dengan pemandu profesional di Pulau Maratua, dan pulau-pulau sekitarnya
  6. Mendapatkan minuman air mineral selama perjalanan tur wisata
  7. Tergantung kondisi ketersediaan kamar, 1 kamar hotel, bisa diisi 2-3 orang
  8. Peralatan snorkeling disediakan oleh pihak agen travel wisata
  9. Asuransi jiwa bagi para wisatawan
  10. Tur wisata ke kota Tarakan (bonus tambahan tur wisata jika kondisi dan waktu memungkinkan)

Kenapa disarankan memilih ikut agen travel wisata untuk berlibur ke Pulau Maratua? Karena Anda akan menghemat bujet liburan 4 kali lipat lebih murah. Saat bergabung dengan agen travel wisata ke Pulau Maratua Anda akan bertemu dengan para wisatawan lain yang memiliki destinasi wisata sama. Perlu diketahui, tidak ada moda transportasi langsung yang bisa mengangkut dari Bandara Tarakan menuju ke Pulau Maratua, hingga bisa dipastikan satu-satunya moda transportasi adalah speed boat yang harus disewa dari para nelayan. Tarifnya lumayan mahal, sekitar Rp. 4.000.000 sampai Rp. 8.000.000 per 3 hari. Jika Anda bergabung dengan grup atau rombongan peserta lain dari agen travel wisata yang mengambil paket wisata Pulau Maratua maka biaya ini bisa digotong beramai-ramai dengan wisatawan yang lain, sehingga ongkos liburan akan menjadi lebih murah.

Maskapai penerbangan

Direkomendasikan untuk mengambil rute Jakarta/Surabaya ke kota Tarakan, daripada rute Jakarta/Surabaya ke Kota Berau. Pasalnya, tarif pesawat lebih murah ke kota Tarakan. Maskapai penerbangan yang bisa dipilih seperti Lion Air, atau Sriwijaya Air.

Bagaimana, tertarik untuk liburan dan menjelajah obyek wisata Pulau Maratua di Kalimantan Timur dengan berbagai macam keindahan dan keunikannya? Yuk, jelajahi Pulau Maratua… (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

  • October 26, 2016 at 12:32 am
    Permalink

    lokasi wisatanya indah di gambar diatas, ingin kesana namun kok besar juga ya biaya pp nya. harus nabung dlu kayaknya ini.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *