Pemandian Air Panas Hantakan di Hulu Sungai Tengah, Kalsel

Pemandian Air Panas Hantakan Kota Barabai terletak ditepi sungai Barabai dan berjarak sekitar 165 km di sebelah utara Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Berada di kaki Pegunungan Meratus yang membujur dari selatan ke utara pulau Kalimantan, Barabai menyimpan beberapa obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain objek wisata sungai pegunungan Pagat Batu Benawa, Barabai juga menawarkan obyek wisata alternatif yang berupa pemandian air panas yang terletak sekitar 14 km dari kota atau tepatnya berada di Kecamatan Hantakan. Seperti apa obyek wisata Pemandian Air Panas Hantakan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Akses Lokasi

Berwisata akan terasa menyenangkan bila akses menuju ke lokasi wisata sangat baik dan mudah ditempuh. Begitu pula dengan obyek wisata Pemandian Air Panas Hantakan yang berada di Desa Murung, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Kondisi jalanan menuju ke pemandian terbilang cukup baik dan mulus tak berlobang dan lalu lintasnya pun sangat lancar.

Begitu memasuki daerah pegunungan di desa Bulayak, pengendara harus berjalan agak pelan dan lebih berhati-hati karena terdapat jurang yang cukup dalam di sebelah kiri jalan. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Suasana hutan Meratus yang dingin dan sejuk sangat kental terasa. Pepohonan yang menjulang tinggi dan sangat lebat semakin menambah indahnya panorama alam.

Rute transportasi

Karena medan yang tak terlalu sulit ini maka obyek wisata Pemandian Air Panas Hantakan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Sedangkan untuk jalur yang harus ditempuh, dari Kota Barabai pengunjung hanya melewati jalanan beraspal rata sejauh sekitar 7 km menuju ke obyek wisata Pagat Batu Benawa.

Dari Pagat, perjalanan dilanjutkan ke Pasar Hantakan yang berjarak 3 km dengan kondisi jalanan yang beraspal dengan tanjakan dan turunan. Dari sini, pengunjung harus menumpuh perjalan sekitar 5 km lagi dengan kondisi jalanan berbatu dengan tanjakan dan turunan hingga sampai ke lokasi Pemandian Air Panas Hantakan.

Perjalanan menuju lokasi

Setelah kurang lebih setengah hingga satu jam perjalanan, pengunjung akan tiba di pintu gerbang wisata Pemandian Air Panas Hantakan. Dari sini, pengunjung harus berjalan kaki lagi sejauh beberapa kilometer untuk sampai ke pemandian. Jalan menuju tempat pemandian air panas ini hanya berupa titian papan kayu sehingga mau tidak mau mobil atau sepeda motor harus ditinggalkan di tempat parkir yang berada di depan gerbang.

Baca Juga: Melihat Koleksi Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalsel

Lagi-lagi, perjalanan ini pun tak terasa membosankan karena panorama alam yang hijau dan asri di sepanjang jalan. Suara gemericik air yang mewarnai terdengar bagaikan alunan musik yang merdu dan menenangkan. Pengunjung juga akan melewati jembatan penyeberangan yang hanya terbuat dari susunan pohon kelapa sementara sungai di bawahnya memiliki aliran yang cukup deras dan air yang sangat jernih.

Tarif dan tiket masuk

Tiket masuk ke Pemandian Air Panas Hantakan sebesar Rp. 5000,- saja per orang. Di dalamnya, pengunjung dapat menikmati tiga kolam dengan suhu air yang berbeda-beda. Kolam pertama diisi dengan air panas biasa, kemudian kolam kedua memiliki air yang sedikit lebih panas dibanding dengan kolam pertama. Untuk kolam ketiga berisi air yang dingin.

Suhu panas pemandian alam di tempat ini berasal dari kandungan belerang di dalamnya. Meski begitu, tidak tercium bau belerang yang menyengat dan air tetap jernih dan tawar. Air belerang ini memiliki banyak khasiat dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti reumatik, stroke, gatal-gatal, panu, kadas dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, sebagian orang percaya bahwa lumpur panas yang ada di dasar kolam bila diusapkan ke bagian wajah memiliki khasiat yang orang Banjar menyebutnya dengan “kebungusan”.

Tips berwisata di Pemandian Air Panas Hantakan

Wisata ke tempat wisata Pemandian Air Panas Hantakan, memberikan banyak manfaat bagi fisik dan mental. Bila pikiran terlepas dari jeratan stres karena melihat panorama alam hijau yang menyejukkan, tubuh juga mendapatkan keuntungan dengan berendam air panas yang menyembuhkan berbagai penyakit. Nah, sebelum Anda berkunjung ke Pemandian Air Panas Hantakan, mari simak dulu beberapa tips-tips berguna yang kami sampaikan berikut:

1. Pilih lokasi yang nyaman

Beberapa spot menjadi primadona sebagian besar pengunjung karena dirasa cukup nyaman dan strategis. Anda bisa meniru tips yang satu ini agar acara berendam air panas makin menyenangkan. Bila berencana tidak berendam pun, pilih tempat yang nyaman di mana Anda bisa duduk sembari mengawasi anak-anak bermain di sekitar kolam air panas.

2. Piknik

Lokasi Pemandian Air Panas Hantakan  yang indah dan menyejukkan, jangan sampai dilewatkan begitu saja untuk tidak menggelar acara piknik keluarga. Gelar alas berupa karpet atau tikar, kemudian bersantap makanan atau bekal yang sudah dibawa dari rumah bersama-sama keluarga. Wow, acara piknik sekaligus berendam air panas akan menjadi momen quality time yang mendekatkan kembali hubungan keluarga.

3. Datang lebih awal

Jika berencana ingin mandi air panas, sebaiknya datanglah lebih awal. Suasana di sekitar Pemandian Air Panas Hantakan di kala pagi, akan terasa lebih lengang sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati Pemandian Air Panas Hantakan lebih leluasa, kan?

4. hati-hati suhu panas

Untuk anak-anak yang ingin berendam atau mandi di kolam Pemandian Air Panas Hantakan, usahakan selalu didampingi oleh orang tua. Kulit anak-anak relatif lebih sensitif terhadap suhu yang terlalu tinggi. Agar kulit anak-anak tetap aman, berendam jangan terlalu lama. Batasi antara 5 – 10 menit saja.

5. terapi

Bagi pengunjung yang memiliki penyakit tulang seperti rematik atau pegal-pegal, bisa mencoba terapi air panas dengan berendam.

6. jangan cepat-cepat dibilas

Suhu kolam Pemandian Air Panas Hantakan yang tinggi berpotensi mempengaruhi suhu tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, setelah berendam di dalam kolam, jangan cepat-cepat membilas dengan air dingin agar suhu tubuh tidak menurun terlalu drastis. Sebaliknya, biarkan dulu selama beberapa menit hingga suhu tubuh kembali normal, baru Anda bisa membilas di kamar mandi yang sudah tersedia. Mendiamkan tubuh selama beberapa menit juga bermanfaat agar kandungan belerang dan mineral alami bisa meresap ke dalam pori-pori kulit untuk menghilangkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal atau akibat jamur.

7. batasi waktu perendaman

Seperti yang mungkin Anda ketahui, manfaat berendam air panas sangat populer di negeri Sakura, Jepang. Di dalam masyarakat Jepang, berendam air panas merupakan tradisi turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah batas waktu. Berendam air panas yang tepat adalah sekitar 5-10 menit saja agar tidak merusak sel-sel kulit atau menimbulkan alergi.

***

Sayangnya, dibalik khasiat yang begitu besar yang dimilikinya, obyek wisata seluas sekitar 1 hektar ini nampak tak terawat. Pemandiannya pun terlihat kurang bersih hingga tak sedikit pengunjung yang memilih untuk merendam kaki saja daripada mandi. Penduduk sekitar seperti tak perduli dengan keindahan wisata alam ini meski telah menikmati banyak keuntungan komersil dari sana.   (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *