Obyek Wisata Pantai di Lingga yang Wajib Dikunjungi

Obyek Wisata Pantai di Lingga – Bolak-baik ke Kepulauan Riau bakalan tak membuat bosan. Ya, salah satu provinsi yang berupa kepualaun di Indonesia ini memang layak diacungi jempol terkait potensi wisata yang dimilikinya. Dan, pantai merupakan salah satu wisata andalan dari provinsi yang memiliki jumlah pulau sekitar 2.408 ini. Kabupaten Lingga adalah salah satu wilayah di Riau dengan obyek wisata pantai paling banyak. Salah satu obyek wisata pantai terindah di Riau juga berada di kabupaten ini, yaitu Pantai Pasir Panjang. Meski begitu, tak hanya pantai ini saja yang menjadi andalan wisata bahari di Lingga karena masih banyak pantai lainnya yang mempunyai potensi untuk dikembangkan. Berikut beberapa obyek wisata pantai lainnya di Kabupaten Lingga yang wajib Anda kunjungi.

Obyek wisata di Lingga: Pantai Cemara Sergang

Pantai Cemara Sergang adalah salah satu obyek wisata atau tempat berwisata yang ada di Dabo Singkep. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Dabo, tepatnya berada di daerah Sergang. Pantai ini menawarkan keindahan panorama alam sekitar yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke sana. Meski terbilang baru, obyek wisata ini sudah dilengkapi dengan pondokan-pondokan kecil yang dibanguan ditepian pantai. Berada dipondokan akan memberikan suasana pantai yang teduh dan adem meski matahari tampak bersinar dengan garang. Anda juga dapat menyaksikan lambaian pohon cemara yang berjajar di pantai yang nampak melenggak-lenggok diterpa angin. Di kala sore, pantai ini memberikan pemandangan unik berupa kapal laut yang banyak berlalu lalang melintas pantai ini.

Baca Juga:

Pemandian Batu Ampar, Salah Satu Obyek Wisata Andalan di Lingga, Kep. Riau

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Cemara Sergang, akses yang ditempuh untuk tiba di lokasi tidaklah terlalu sulit karena hampir sama dengan jalan menuju Pantai Indah Sergang Laut dan juga Pantai Nusantara yang lebih populer. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Bagi warga setempat, mereka biasanya lebih memilih berjalan kaki untuk menuju kawasan pantai ini karena lebih menghemat biaya.

Obyek wisata pantai di Lingga: Pantai Dungun

Dengan luas sekitar 42.000 km persegi, Pulau Lingga dikenal dengan eksotika alam yang menawan. Salah satunya adalah obyek wisata Pantai Dungun yang berada di Desa Dungun, Kecamatan Lingga Utara. Tak hanya pemandangan luas dan lepas, pantai ini juga menawarkan pantai dengan kontur yang landai dan juga pasir putih yang luas. Pasir pantai yang luas inilah yang banyak memikat hati wisatawan untuk berpiknik ke pantai ini. Selain itu, Pantai Dungun juga memiliki ombak yang besar dan bergulung ke pantai hingga sering dipakai untuk olahraga surfing atau selancar. Bila dilihat dari atas bukit, Pantai Dungun juga memiliki pemandangan yang menawan. Warna air laut yang membiru ditambah pasirnya yang puti bersih sangat memanjakan mata.

Pantai Dungun ramai dikunjungi saat akhir pekan atau liburan, dan terlihat lebih padat saat pelaksanaan ritual mandi safar. Anda yang datang dari jauh tak perlu bingung mencari penginapan karena Anda dapat istirahat di penginapan-penginapan yang dikelola warga. Tarifnya pun cukup murah, yakni sekitar 50 ribu rupiah per malam. Fasilitas yang ditawarkan tentu saja masih seadanya. Dinding penginapannya pun masih terbuat dari kayu.

Obyek wisata pantai di Lingga: Pantai Serim

Obyek wisata wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Serim yang berada di Desa Kerandin, Kecamatan Lingga. Meski belum dikembangkan secara optimal, Pulau Serim sudah menarik minat warga sekitar untuk berwisata ke sana karena memiliki pantai berpasir putih yang luas dan juga panjang. Pantai nan menawan ini juga dihiasi dengan batu-batuan yang cantik yang ada di sisi kiri dan kanannya. Bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat untuk memancing sebab terasa teduh karena pepohonan diatasnya. Dulunya, pantai ini dijadikan pusat perayaan ritual mandi safar yang dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Namun, sejak desa-desa lain menggelar acara mandi safar di waktu yang sama, pengunjung ke pantai ini pun berkurang. Pantai ini juga mulai ditinggalkan pengunjung sejak terjadinya penambangan pasir liar di sekitar lokasi yang menyebabkan pantai menjadi rusak dan kotor.   (jari adventure – det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.