Obyek Wisata di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah untuk Dikunjungi (Bagian 2)

Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini banyak dikenal sebagai kota transit bagi pelancong yang akan menuju Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Namun, mungkin tak banyak yang tahu jika Banyuwangi mempunyai pesona wisata yang tak kalah menariknya dengan pulau Dewata. Jika Anda mempunyai banyak waktu, cobalah luangkanlah waktu mengunjungi Banyuwangi dan mengeksplor tempat-tempat wisata yang ditawarkan kota ini. Berikut 5 tempat wisata di Banyuwangi yang patut Anda coba:

Kawah Ijen

Tempat wisata alam pertama yang disuguhkan Banyuwangi adalah Kawah Ijen yang memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah Ijen memiliki luas 20 km dan dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter. Tak puas rasanya jika tidak mendekati kawah nan indah ini, seperti itu kira-kira yang ada di benak Anda. Namun, jika Anda memutuskan untuk mendekati kawah, Anda harus tetap waspada sebab suhu kawah bisa mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian hingga tubuh Anda.

Di bawah kawah, Anda bisa menemukan Api Biru atau Blue Fire yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Api yang berwarna biru ini akan semakin terlihat cantik saat kondisi sekitar gelap. Oleh karena itu waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan Api Biru ini adalah saat dini hari.

Di tempat wisata yang secara administratif terletak di Banyuwangi dan Bondowoso ini Anda juga bisa menyaksikan kegiatan tambang belerang yang masih tradisional. Para penambang tidak dilengkapi dengan peralatan canggih dan masih menggunakan alat seadanya serta langsung turun ke kawah untuk mengambil batangan belerang. Mereka kemudian memikul batangan-batangan belerang yang mencapai berat hingga 80-100 kg ini ke atas untuk dibawa ke pos-pospengumpulan belerang.

Pantai Plengkung

Bagi pecinta selancar, pantai Plengkung merupakan pilihan tempat wisata yang ideal bagi Anda. Pantai yang juga dikenal dengan sebutan G-Land ini menjadi  jujugan para peselancar baik lokal maupun international karena ombaknya yang pas untuk berselancar. Djuluki The Seven Giant Waves Wonder karena tempat wisata ini memiliki ombak yang berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Tak tanggung-tanggung, tempat wisata ini juga memiliki ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.

Meski ombak di Pantai Plengkung bagus sepanjang tahun, Juli-September adalah waktu yang tepat untuk berselancar. Anda tak perlu repot-repot membawa peralatan sendiri karena di kawasan tempat wisata ini menyediakan persewaan alat selancar yang lengkap.

Pantai Plengkung ternyata bukan hanya surga bagi peselancar. Bagi yang mendambakan liburan berkualitas, tempat wisata ini cocok bagi Anda karena tempatnya yang jauh dari keramaian. Dengan adanya hutan tropis yang mengelilingi pantai, Anda bisa melakukan tracking dan melongok air terjun yang  ada berada di dalam hutan.

 

Baca Juga : Obyek Wisata di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah untuk Dikunjungi (Bagian 1)

 

Pantai Rajegwesi

Jika Anda berkunjung ke Pantai Rajegwesi, yang berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Anda bisa menikmati dua macam wisata yaitu alam dan sejarah. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat keindahan pantai dan bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan. Pantai  Rajegwesi memiliki keunikan tersendiri dengan warna pasir pantai yang kecoklatan dan teksturnya yang lembut. Hal ini disebabkan pasir pantai bercampur dengan endapan lumpur yang terbawa air sungai saat banjir.

Kehidupan masyarakat di sekitar pantai ini juga sangat menarik untuk diamati. Karena profesi mereka yang sebagian besar nelayan, Anda bisa menyaksikan deretan perahu-perahu yang diparkir di bagian barat pantai. Anda juga bisa melihat penyu bertelur di kawasan bagian timur pantai.

Pantai Watu Dodol

Tak sulit menemukan lokasi Pantai Watu Dodol terutama bagi Anda yang menuju ke Pelabuhan Ketapang dari arah Jember dan sekitarnya. Bongkahan batu besar di tengah jalan serta patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi menjadi pertanda lokasi tempat wisata ini. Karena Pantai Watu Dodol yang berjarak hanya 2 km dari Pelabuhan Ketapang, Anda bisa puas menyaksikan lalu lalang kapal fery dari dan ke Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi. Keindahan Pantai Watu Dodol juga bisa Anda nikmati dari atas bukit yang berada di dekat pantai.

Teluk Hijau

Teluk Hijau yang dikenal juga dengan sebutan Green Bay banyak menarik wisatawan karena memiliki air yang jernih kehijauan dan hamparan pasir putih yang lembut serta dikelilingi hutan tropis. tempat wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini seperti snorkeling, memancing, berenang dan bermain pasir. Anda juga bisa menikmati  keindahan air terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai. Air terjun  yang berketinggian 8 meter ini dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari pada saat-saat tertentu.

Wow… makin kepingin buru-buru liburan ke Banyuwangi, kan? Yuk, berangkat sekarang! (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.