Obyek Wisata di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah untuk Dikunjungi (Bagian 1)

Banyuwangi memiliki banyak obyek wisata yang patut untuk dikunjungi. Tak hanya Kawah Ijen, Pantai Plengkung, Pantai Rajegwesi, Pantai Watu Dodol dan Teluk Hijau yang sudah dipaparkan dalam artikel terdahulu, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini juga memiliki obyek wisata lainnya yang tak kalah indah dan menawan. Berikut 5 obyek wisata di Banyuwangi yang bisa Anda simak sebagai tambahan referensi:

Pantai Pulau Merah

Tak hanya Teluk Hijau, nama dari obyek wisata Pantai Pulau Merah juga dikaitkan dengan warna. Jika Green Bay memiliki  air yang hijau jernih maka pantai pulau merah dikaitkan dengan sebuah bukit yang berada tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Karena tertutup pohon dan semak hijau, bukit ini hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja. Jika air sedang surut, Anda bisa berjalan mendekat ke bukit. Anda bisa melakukan beberapa aktifitas di obyek wisata ini seperti berjalan menyusuri pantai yang memiliki panjang 3 km, mencari obyek yang indah untuk difoto ataupun belajar berselancar karena ombak di pantai ini sangat cocok untuk level pemula.

Selain kemolekan pantai, Anda juga bisa menemukan pura Hindu di obyek wisata yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini. Pura yang diberi nama Pura Tawang Alun ini sering digunakan sebagai tempat ritual pada waktu-waktu tertentu oleh umat Hindu yang bermukim di sekitar Pantai Pulau Merah.

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian 10 meter dan berada sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi. obyek wisata  ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan sungai-sungai yang mengalirkan air yang jernih di sekitar air terjun. Karena berada di dataran tinggi, Anda juga bisa merasakan hawa yang sejuk dan segar  saat berada di sana.

Jika Anda mengambil rute keberangkatan dari Kampung Anyar, Glagah, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat menawan.  Disepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati hamparan hijau yang berupa kebuh teh, cengkeh dan kopi yang bisa menyejukkan mata. Anda juga bisa merasakan suasana pedesaan yang begitu kental.

Air Terjun Lider

Belum puas dengan keindahan Air Terjun Kalibendo? Anda bisa mengunjungi air Terjun Lider yang berada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Tapi Anda harus memiliki fisik yang prima agar bisa mencapai  obyek wisata ini. Dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, air terjun ini memiliki medan yang cukup berat dan memang sedikit sulit diakses.

Jangan patah semangat dulu ya…Beratnya medan yang ditembuh akan sedikit terabaikan dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan. Anda bisa melihat hamparan perkebunan juga tujuh sungai di dalam hutan. Tak jarang Anda juga bisa menjumpai kera-kera yang bergelayut di pohon-pohon serta mendengar kicauan beraneka burung. Bawalah bekal yang cukup selama perjalanan karena Anda tak akan bisa menjumpai seorang pedagang pun di sana.

Saat tiba di lokasi, Anda pasti sangat terpsona dengan keindahan air terjun setinggi  60 meter ini dan kelelahanpun lenyap seketika. Selain air  terjun utama, ada juga air terjun anak yang dapat Anda nikmati keindahannya bersama sahabat, keluarga ataupun pasangan tercinta.

 

Baca Juga : Indahnya 5 Tempat Wisata di Banyuwangi Ini

 

Pemandian Taman Suruh

obyek wisata Pemandian Taman Suruh bisa Anda temukan di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Pemandian dengan luas 3,5 hektar ini berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Awalnya, tempat ini kosong dan tandus.  Namun, sejak munculnya mata air dingin dari bebatuan kawasan ini disulap menjadi obyek wisata yang indah.

Terdapat dua kolam pemandian di kawasan wisata Pemandian Taman Suruh yaitu, kolam anak yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan dilengkapi aneka permainan khas anak dan kolam dewasa. Berbagai fasilitas pendukung juga di sediakan seperti mushala, kafetaria serta ruang ganti.

Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata Kali Klatak adalah pelopor agrowisata di Banyuwangi.  Dulunya, obyek wisata ini dimiliki oleh Belanda di bawah Mij Moorman & Co. Namun kini, agrowisata ini dimiliki oleh pengusaha pribumi, R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Agrowisata Kali Klatak berada di lereng  gunung dengan ketinggian mencapai 450 meter di atas permukaan laut. Tanah di sini sangat subur sehingga cocok ditanami aneka tanaman. Kawasan ini biasa menghasilkan teh, cokelat, kopi, kelapa, karet, buah-buahan dan aneka rempah. Anda juga bisa menikmati wisata budaya di obyek wisata ini yaitu ritual sedekah bumi yang diselenggarakan setiap 17 April.

(Jari Adventure – Dett)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.