Mengenal Flora dan Fauna Hingga Camping di Hutan Nyaru Menteng

Nyaru MentengGaris khatulistiwa yang membelah bumi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan menjadikan Indonesia sebagai negara tropis. Iklim ini disebut-sebut sangat ideal bagi makhluk hidup di dalamnya. Tentu saja, dikarenakan udaranya yang ada tidaklah terlalu dingin namun juga tidak panas. Musim penghujan dan kemarau menjadikan nusantara nyaman untuk ditinggali. Ini pula yang membuat negara ini memiliki ragam flora fauna dari Sabang sampai Merauke.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki hewan dan tumbuhan yang berbeda sesuai dengan keadaan daerah tersebut. Misal saja, Irian Jaya yang terkenal dengan ragam burungnya, hingga Kalimantan yang memiliki populasi orang utan lebih banyak karena sebagian wilayahnya adalah hutan dan plasma nutfah. Nah, liburan kali ini cobalah untuk menengok ragam flora fauna serta keasrian alam Indonesia di sebuah hutan di Kalimantan Tengah.

Yup, Arboretum Nyaru Menteng namanya. Di tempat ini wisatawan tak hanya bisa mengenal aneka tumbuhan tetapi juga dapat berkenalan dengan orang utan! Wah, seperti apa ya serunya jalan-jalan ke sini sambil mengenal kekayaan Indonesia?

Ketahui Dulu Lokasinya, yuk!

Sebagai pulau yang terkenal dengan hutannya yang luas, Kalimantan merupakan tempat ideal bagi orang utan untuk hidup. Di samping itu, Borneo juga masih menyimpan flora yang nyaris hampir punah. Nah, Nyaru Menteng merupakan obyek wisata berupa kawasan hutan yang di dalamnya terdapat aneka tumbuhan mulai dari meranti, geronggang, hingga tampan. Di lokasi ini wisatawan juga bisa melihat orang utan yang di reintroduksi.

Lokasi tepatnya berada di Kelurahan Tumbang Tahay, Kecamtaan Bukit Batu atau 28 km dari Palangkaraya menuju Kabupaten Katingan. Daerah ini cukup mudah dijangkau dari pusat kota karena wilayahnya yang tidak terlalu kepelosok, sehingga wisatawan lebih mudah datang kemari.

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Akses Menuju Nyaru Menteng

Karena lokasinya yang masih dekat dengan kota, Anda tak perlu khawatir dengan transportasi untuk menuju Kecamatan Bukit Batu. Jika traveller berasal dari luar kota atau pulau maka ambillah jalur udara dengan tujuan akhir Bandara Tjilik Riwut. Selai  itu,kini banyak maskapai yang memberikan penawaran menarik untuk penerbangan domestik sehingga wisatawan bisa berhemat untuk perjalanan wisata yang tak terlupakan ini.

Perjalanan dilanjutkan dengan transpotasi umum menuju Desa Tahai atau bisa juga menyewa mobil atau motor di sekitar bandara agar Anda lebih leluasa menikmati Nyaru Menteng. Waktu tempuh yang hanyalah sekitar satu jam bisa dimanfaatkan mengenal daerah Palangkaraya. Anda bisa mengabadikan momen terlebih dahulu di taman Tugu Soekarno. Dan taman kota yang memiliki tirai air sehingga membelah taman menjadi dua bagian.

Wisata Pendidikan Ideal

Sebagai salah satu tempat konservasi dan penangkaran orang utan, tentu saja Nyaru Menteng menyimpan banyak pengetahuan seputar hewan primata tersebut. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancenegara. Di sini Anda bisa menyaksikan proses penangkaran, perawatan, hingga melepas kembali orang utan ke alam bebas. Itulah sebabnya Nyaru Menteng merupakan tempat pendidikan ideal bagi siapapun yang berkunjung ke sini.

Dari Flora Hingga Fauna

Tak hanya orang utan dapat Anda jumpai, tetapi juga hewan lainnya seperti beruang madu yang merupakan beruang terkecil di dunia. Lalu ada juga aneka burung mulai beo hingga cucak rowo serta ragam hewan liar lainnya. Disamaping itu, wisatawan juga bisa mengetahui serta menghafal nama tumbuhan langka yang tumbuh di wilayah nusantara, seperti makangkang, kapur naga, belangiran, punak, hingga gelam tikus.

Jika di total, koleksi tumbuhan yang tumbuh di sini mencapai 139 spesies. Hal tersebut juga didukung oleh jenis tanah alluvial, organosol serta pasir kuarsa yang membuat flora tumbuh subur.

Bisa Kemah dan Menikmati Alam Juga

Setelah mengetahui jenis hewan tumbuhan khas Indonesia yang unik, kini saatnya untuk melepas lelah sebentar dengan menikmati alam arboretum. Pohon-pohon tinggi yang dilengkapi dengan dedaunan hijau menjadikan tempat penangkaran satu ini lebih instagram-able. Di tambah pula dengan jembatan kayu yang cukup panjang sebagai spot terbaik untuk mengabadikan momen. Tidak heran, bila pecinta alam banyak yang berdatangan ke sini untuk mendirikan tenda.

Anda pun juga bisa melakukannya dengan membawa perlengkapan camp, seperti tenda, sleeping bag, jaket tebal, hingga perlengkapan konsumsi. Yang terpenting adalah kamera, karena nantinya wisatawan tidak boleh ketinggalan setiap spot indah serta momen bahagia di sini.

TIPS-TIPS BERMANFAAT BERWISATA KE NYARU MENTENG DI KALIMANTAN

Bagi para pelaku wisata yang sudah bersiap dan berencana datang ke Nyaru Menteng tidak ada ruginya untuk sejenak menyimak tips-tips bermanfaat kala berwisata ke Nyaru Menteng berikut:

Hanya buka di hari Minggu

Perlu diketahui, bagi para pelancong atau wisatawan untuk yang berkeinginan melihat langsung satwa orang utan asli Kalimantan, bahwasanya Nyaru Menteng hanya dibuka pada hari Minggu. Disarankan untuk datang sekitar pukul 09.00 pagi hingga jam 13.00 siang. Di luar jam tersebut, para petugas Nyaru Menteng umumnya tidak mengizinkan para wisatawan untuk memasuki area Nyaru Menteng.

 

Di dalam Nyaru Menteng sendiri menerima donasi berapa pun besarnya untuk kelestarian satwa orang utan yang sedang menjalani karantina. Para wisatawan akan dapat melihat orang utan yang ditempatkan dari ruang kaca dengan jarak tertentu agar satwa orang utan tidak merasa stres atau takut. Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat film dokumenter tentang orang utan untuk menambah edukasi tentang kelestarian hewan yang dilindungi tersebut.

Hotel/penginapan

Sebelum menuju ke Kalimantan Tengah atau Nyaru Menteng, pastikan Anda sudah memesan kamar atau booking kamar sejak jauh-jauh hari agar tidak kecewa karena kehabisan kamar atau semua kamar sudah penuh. Keperluan akomodasi umumnya tersedia di kota Palangkaraya dengan tarif mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per malam.

Tur keliling Nyaru Menteng

Jika Anda mengambil jasa pemandu wisata atau agen travel wisata, selain mengunjungi Nyaru Menteng para pemandu wisata umumnya akan mengarahkan para pelancong untuk berwisata ke Danau Tahai yang tempatnya tidak jauh dari Nyaru Menteng.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Danau Tahai juga tidak mengecewakan, sudah ada toilet, mushola, rumah makan hingga penginapan dan tempat-tempat membeli suvenir khas Kalimantan. Ada satu keunikan yang menantang adrenalin untuk bisa sampai ke area ini, yaitu melewati jembatan kayu yang panjangnya mencapai 5 km. Wow, bisa dibayangkan jembatan kayu ini membutuhkan berapa kubik kayu di hutan Kalimantan yang memang sangat kaya dengan pohon-pohon berbatang besar. Di bawah jembatan kayu ini, para pengunjung dapat melihat rimbunnya hutan lahan gambut yang sangat lebat dan luas.

Aktivitas wisata

Seperti tujuan pembangunan Nyaru Menteng untuk arboretum di mana beberapa flora dan fauna bisa dilepas kembali ke habitat aslinya, maka kebanyakan aktivitas wisata para pengunjung adalah blusukan ke dalam hutan dan ikut membantu melestarikan lingkungan termasuk tanaman dan hewan orang utan.

Banyak pengunjung yang datang ke Nyaru Menteng adalah demi tujuan penelitian ilmiah, pendidikan, wisata studi banding, konservasi orang utan, pembuatan film dokumenter tentang lingkungan hutan, pembimbingan dan sarana edukasi bagi para pelajar, termasuk pembinaan untuk kegiatan pramuka.

Akses transportasi

Dari pusat kota Palangkaraya, Nyaru Menteng bisa ditempuh dengan jarak sekitar 28 km atau sekitar 35 menit dengan mobil. Rute yang bisa dilalui yaitu: Jl. Cilik Riwut – Tangkiling – km 28 belok ke kanan – Taman Wisata Danau Tahai. Mengingat betapa pentingnya keberadaan Nyaru Menteng bagi para peneliti dalam negeri maupun para peneliti dari luar negeri yang butuh akses jalan yang memadai, maka sarana infrastuktur jalan menuju ke Nyaru Menteng sudah sangat baik untuk bisa dilalui kendaraan roda 4 atau roda 2.

***

Senang bukan rasanya bisa dapat pengetahuan banyak sekaligus wisata yang terlupakan? Oleh sebab itu, yuk bergegas menuju Kalimantan Tengah dan kenali flora serta faunanya di Nyaru Menteng! (jari adventure-det img:Ensiklopedia Indonesia)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.