Nunggu Berbuka Puasa, Wisata ke 7 Museum Terbaik di Indonesia Ini Yuk

Kendati sedang menjalankan ibadah puasa, tak berarti traveller hanya di rumah dan bermalas  – malasan saja. Aktivitas travelling masih bisa jalan terus, dan jangan biarkan lapar atau haus menghambat aktivitas perjalanan wisata Anda.

Justru selama berpuasa, travelling juga bisa menjadi salah satu kegiatan positif untuk menambah wawasan dan pengetahuan agar tidak hanya tidur – tiduran di rumah.

Nah, salah satu tempat destinasi wisata yang pas selama berpuasa adalah berkunjung ke museum – museum terbaik di Indonesia.

Tempat yang adem dengan lingkungan asri, tentu akan menambah keceriaan selama berpuasa. Selain itu, bisa juga untuk tempat berfoto – foto ria. Asyik, kan?

Yuk, langsung kita cek daftar 7 museum terbaik di Indonesia untuk menunggu waktu berbuka puasa:

1. Museum Rekor Indonesia – Semarang

Sesuai namanya, museum MURI atau Museum Rekor Indonesia ini telah mencatat berbagai prestasi dan rekor yang pernah diciptakan di Indonesia.

Sejak 1990, MURI mendapatkan banyak panggilan telepon untuk menjadi pengawas yang akan mencatat rekor – rekor baru oleh orang Indonesia. Pastinya, keunikan museum ini bisa menambah wawasan baru dan keseruan selama menunggu berbuka puasa.

2. Museum Tsunami Aceh – Banda Aceh

Berada tepat di jantung kota Aceh, museum ini dibangun untuk memperingati tragedi yang menewaskan ribuan orang karena gempa dan tsunami di Aceh pada 2004 silam.

Di dalamnya terdapat banyak foto – foto serta benda – benda yang menjadi saksi bisu peristiwa naas tersebut. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat menyimpan benda peninggalan bencana, museum tsunami Aceh juga dijadikan tempat berkumpul darurat apabila ada bencana yang serupa terjadi kembali. Tampak nama – nama para korban bencana tercantum di seluruh permukaan dinding museum.

3. Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta

Berada di kabupaten Sleman, Museum Ullen Sentalu banyak menampilkan kebudayaan Jawa Kuno dan bangsawan pada periode Dinasti Mataram. Museum yang namanya diambil dari bahasa Jawa yang disingkat yaitu “ulating blencong sejatine tataraning lumaku” dan berarti sinar lampu blencong pada wayang kulit adalah petunjuk bagi umat manusia untuk menjalani kehidupan”.

4. Museum Nasional Indonesia – Jakarta

Museum terbesar dan termegah yang menjadi kebanggaan seluruh warga Indonesia adalah Museum Gajah atau Museum Nasional Indonesia. Disebut museum gajah dikarenakan tepat di depan pintu masuk terdapat sebuah patung gajah dari perunggu yang diberikan oleh Raja Chulalongkorn, Thailand kepada Indonesia pada 1871.

Museum yang bangunannya menempati sebuah gedung peninggalan bangsa Belanda ini menjadi tempat untuk menyimpan berbagai benda bersejarah lintas zaman. Total tak kurang dari 140 ribu benda koleksi menghuni museum gajah.

5. Museum Fatahillah – Jakarta

Berada di kawasan kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah dahulu merupakan Balai Kota pada zaman penjajahan Belanda. Kemudian, pada 1974, pemerintah Indonesia menjadikannya sebuah museum sebagai tempat menyimpan benda – benda bersejarah dan galeri seni. Total ada sekitar 23.500 benda koleksi yang masih asli dan ada pula yang replika.

6. Museum Angkut – Batu

Dari beberapa museum yang ada di Indonesia, Museum Angkut di kota wisata Batu, Malang, Jawa Timur merupakan sebuah museum yang baru. Didirikan pada 2014 ini memiliki sejumlah koleksi yang spektakuler tentang berbagai jenis transportasi. Baik laut, udara maupun air. Mulai dari pesawat terbang hingga sepeda kayuh tradisional.

Museum Angkut juga memiliki banyak spot – spot yang Instagrammable untuk berfoto bersama teman – teman sejawat atau keluarga. Digadang sebagai museum transportasi satu – satunya, pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara.

7. Museum Siwalima – Ambon

Berada di sebuah teluk Ambon yang indah, museum Siwalima berdiri kokoh dengan cantiknya. Siwalima merupakan nama yang diambil dari “Siwa” yang berarti sembilan, sedangkan “lima” berarti lima. Siwalima sendiri merupakan sebuah “slogan” yang selalu ditanamkan di dalam diri warga Ambon untuk menjalani kehidupan. Benda – benda koleksi museum sebagian besar merupakan benda yang berhubungan dengan kelautan, maritim, geologi dan sebagainya.

Baca juga:

Pesona Menghipnotis, Wisata Bahari di Pesisir Malang Selatan

***

Daripada nongkrong atau jalan – jalan tidak jelas tujuannya, jadikan destinasi di atas sebagai tujuan Anda berwisata museum yang menambah pengetahuan dan manfaat selama berpuasa.

Siapkan segala kebutuhan perjalanan wisata Anda bersama agen travel wisata Jari Adventure. Terlebih, untuk mempersiapkan libur Lebaran bersama keluarga atau orang – orang tercinta, yuk pesan sekarang juga dengan menghubungi Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.