Nirwana Gardens Sarana Rekreasi Berwawasan Lingkungan

Nirwana Gardens-Bintan merupakan Pulau terbesar yang berada di kepulauan Riau. Pulau Bintan berada di gerbang jalur selat Malaka. Karena letaknya yang sangat strategis pulau Bintan menjadi salah satu pulau yang memiliki beberapa tempat wisata indah yang dilengkapi oleh fasilitas akomodasinya. Kali ini penulis akan mengungkap keindahan salah satu tempat wisata terindah di Pulau Bintan yaitu Nirwana Gardens.

Lokasi

Nirwana Gardens berada di kawasan Wisata Terpadu Lagoi tepatnya di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.  Perjalanan menuju Nirwana Gardens terbilang tidak sulit. Bagi Anda para calon wisatawan yang datang dari luar Pulau Bintan Anda bisa memilih maskapai penerbangan rute dari kota asal Anda menuju Kota Tanjung Pinang.

Dan untuk Anda yang berada di Batam Anda bisa menyebrang dengan menggunakan kapal ferry atau dengan menggunakan kendaraan pribadi  dengan menaiki kapal roro.Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga bisa menyewa kendaraan untuk bisa sampai ke Nirwana Gardens. Untuk bisa sampai ke Nirwana Gardens kurang lebih kita membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Di sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri akan kehijauannya. Jika masih bingung, Anda dapat melihat petunjuk di sekitar daerah Nirwana Gardens berupa rambu-rambu yang jelas seperti adanya sebuah papan petunjuk arah yang menuntun Anda untuk menuju ke Patung Gajah sebagai tanda jika Anda sudah sampai di Nirwana Garden.

Setelah tiba di Nirwana Gardens Anda harus turun untuk lapor ke security bahwasanya Anda hendak akan berwisata ke Nirwana Gardens.

Atraksi wisata

Selama pemeriksaan Anda harus meninggalkan KTP, kemudian Anda akan diberi sebuah gelang berwarna hijau sebagai bukti bahwa Anda sudah masuk ke kawasan Nirwana Gardens. Di Nirwana Gardens Anda bisa melihat-lihat pantai,kolam renang, bermain kuda dan jalan-jalan ke kawasan mini zoo.

Nirwana Gardens merupakan salah satu tempat wisata yang sangat dijaga akan keindahan dan kebersihannya, oleh sebab itu Anda sebagai pengunjung juga harus tetap menjaga keindahan dan kebersihannya.

Kolam Renang

Nirwana Gardens menawarkan banyak tempat-tempat unik dan indah. Tapi ada satu tempat yang menjadi favoritnya para wisatawan. Nirwana Gardens sangat terkenal akan kolam renangnya. Posisinya  juga sangat strategis yaitu berada di antara pantai dan bangunan-bangunan resor.

Karena berada pada kawasan yang strategis Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai ketika Anda sedang berenang. Selain itu, bagi Anda yang berlibur dengan membawa buah hati yang masih berusia 3-4 tahun, Anda  tidak perlu khawatir lagi karena dikawasan area kolam renang juga terdapat tempat bermain untuk buah hati Anda.

Baca juga: Liburan Seru ke Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini

Jadi Anda masih bisa tetap menikmati rileksasi di kolam renang sementara si buah hati Anda juga bisa tetap asyik bermain. Di area kolam renang juga tersedia kafe, jadi jika Anda sudah mulai lelah bermain di kolam renang Anda bisa beristirahat dan bersantai-santai sejenak di kafe terlebih dahulu sebelum menjajaki perjalanan ke tempat lainnya.

Pantai pribadi

Selain kolam renang Anda juga bisa menikmati keindahan  Pantai yang berhadapan langsung dengan bangunan-bangunan resor, tapi sayangnya pantai ini termasuk kawasan tertutup. Jadi tidak sembarang orang yang bisa menikmati keindahannya.

Hanya tamu hotel yang bisa mengakses area pantai ini. tapi jangan khawatir di Nirwana Gardens juga terdapat pantai umum, jadi jangan heran  jika kawasan resor lebih bersih dibanding pantai umum, karena selain tak banyak orang yang berdatangan, pantai ini juga selalu dijaga akan kebersihannya. Karena setiap pagi hari sudah ada petugas yang bekerja untuk membersihkan kawasan pantai tersebut.

Cabana

Selain itu jika Anda ingin berkeliling ke kawasan Nirwana Gardens, Anda bisa singgah ke salah satu tempat unik. Tempat ini dikenal dengan Cabana. Cabana adalah rumah panggung yang bernuansa perkampungan. Lokasinya sangat menarik yaitu berada di sisi sungai kecil yang dikelilingi oleh pohon kelapa yang berdaun rindang.

Menurut cerita para wisatawan, ketika Anda datang untuk singgah di Cabana maka Anda akan merasakan kerinduan akan kampung halaman. Bagaimana bisa? Wah pasti Anda mulai bertanya-tanya.

Dengan lokasi berada di tepi pantai yang sejuk dengan perpaduan pasir putih khas pesisir pantai, para wisatawan akan dimanjakan sejumlah bungalow-bungalow yang berciri rumah adat panggung khas masyarakat Melayu berderet di area yang telah disulap cantik menjadi perkampungan wisata ini.

Desain Unik

Desain pondok atau penginapan memang sengaja dibuat unik, yaitu mirip seperti rumah-rumah penduduk di kampung. Fasad atau kondisi rumah dari tampak luar memang seperti rumah penduduk di kampung, tetapi kalau sudah melongok ke dalam interior rumah. Wah, semuanya sudah tersedia dengan komplit. Ada fasilitas kamar dengan bed yang empuk dan nyaman, meja dan kursi untuk duduk atau menjamu tamu, serta dapur dan peralatan memasak yang modern.

Tidak hanya itu, para pelancong yang ingin menginap di perkampungan ini juga dikenakan biaya yang cukup terjangkau, rata-rata mulai Rp 200.000,-. Suasana padat perkotaan akan segera terlupakan ketika Anda menginap di Cabana selama beberapa malam. Saat bosan melanda, Anda bisa saja duduk-duduk di teras depan bersama pasangan atau keluarga sambil menikmati secangkir teh hangat dengan camilannya.

Kemudian, masih ada sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar pantai yang tentu saja lokasinya sangat dekat dan mudah dijangkau meski hanya dengan berjalan kaki. Hebatnya lagi, di dekat area Cabana terdapat sebuah kebun binatang mini berisi aneka macam satwa. Hal ini tentu akan sangat menarik bagi wisatawan yang membawa serta sang buah hati.

Menariknya, di area Cabana juga telah tersedia fasilitas free Wi-fi untuk koneksi internet para pengunjung yang ingin sekadar memeriksa email atau mengunggah foto-foto mereka saat liburan di Nirwana Gardens.

Mayang Sari Beach Resort

Masih di dalam lokasi Nirwana Gardens, konsepnya hampir serupa dengan Cabana.  Tetapi jelas peruntukan berbeda. Karena tempat penginapan ini khusus bagi wisatawan kelas VIP atau premium.

Kamar yang tersedia terkesan sangat mewah dan bersih, lengkap dengan peralatan rumah tangga. Seperti TV, AC dan bed yang empuk.

Bonus bagi para wisatawan yang memilih tempat penginapan ini adalah dapat mendengar deburan ombak setiap saat untuk melepas penat dan stres.

Banyu Baru Villas

Jika ingin memilih tempat penginapan yang berkonsep vila di atas bukit, para pengunjung disarankan untuk mencoba Banyu Biru Villa.

Umumnya, para pengunjung adalah orang yang ingin mengadakan pesta pribadi atau private party di lokasi yang nyaman dan lebih tenang.

Indra Maya Villas

Lokasi yang pernah dijadikan tempat menginap para kepala negara dan tokoh-tokoh penting ini memang luar biasa keindahannya. Kamar-kamar didesain eksotik dengan jendela yang menghadap ke arah kolam renang. Tepat berada di tengah-tengah bangunan.

Fasilitas kamar, dilengkapi dengan bathtub Jacuzzi untuk rileksasi yang menenangkan tubuh dan pikiran selama liburan.

Silakan saja Anda mau pilih yang mana. Namun yang pasti segera hubungi agen travel wisata yang berpengalaman. Untuk mengakomodir perjalanan wisata Anda ke Nirwana Gardens bersama keluarga. Happy vacation… (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *