Ngarai Sianok, Grand Canyon dari Sumatera Barat

Ngarai SianokMendapatkan nama dari kontur geografis yang dimilikinya, kota Bukittinggi di Sumatera Barat memang terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh kontur alam perbukitan. Hal ini menjadikan kota tersebut dianugerahi dengan udara yang sejuk nan dingin, serta pemandangan alam yang menajubkan. Jika traveler berkesempatan untuk mengunjungi Provinsi Rumah Gadang ini, jangan lewatkan keajaiban alam di Bukittinggi yang populer dengan nama Ngarai Sianok.

Ngarai yang berarti lembah dan Sianok yang merupakan nama sebuah desa, digabungkan menjadi satu rangkaian yang memberi identitas obyek wisata ini. Bila Amerika Serikat mashyur akan lembah Grand Canyon-nya, maka di Indonesia traveler akan disuguhi keindahan Ngarai Sianok.

Tak kalah cantik dari Grand Canyon

Selain memiliki lembah curam dengan barisan tebing yang gahar, Ngarai Sianok dihiasi dengan aneka jenis tumbuhan dan masih didapati satwa endemik daerah yang eksotis. Sebuah sungai kecil juga mengalir di tengah-tengah lembah ini melengkapi keindahan pesona alam Ngarai Sianok.

Menurut peneliti, lembah ini berasal dari proses pergerakan kulit bumi yang menyebabkan sebagian lempeng bumi menjadi turun, dan menimbulkan patahan besar berwujud jurang yang curam. Patahan yang ada di Sianok ini merupakan bagian dari Patahan Semangko. Patahan inilah yang membentuk pegunungan Bukit Barisan, dan membujur di sepanjang Pulau Sumatra, dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung.

Ngarai Sianok ini membentang sepanjang 15 kilometer, mulai dari Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dan berujung di Palupuh. Kedalaman tebingnya mencapai 100 meter dengan lebar celah sekitar 200 meter.

Baca Juga:

Jembatan Barelang Karya Pak Habibie yang Mempesona

Lembah Pendiam Ngarai Sianok

Kawasan lembah ini juga memiliki julukan lain yaitu Lembah Pendiang atau Lembah Pendiam karena suasananya tenang dan damai. Udara yang sejuk dan segar, diiringi dengan suara kicauan burung dan gemericik air, turut mendukung Ngarai ini sebagai tempat yang cocok untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Bagi rekan traveler yang hanya memiliki sedikit waktu untuk singgah di tempat ini, tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok. Cukup dengan mengunjungi Taman Panorama yang terletak di Jalan Panorama, kota Bukittinggi, pengunjung dapat bersantai sejenak sambil mengagumi dan mengabadikan pemandangan indah lembah ini. Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, di sepanjang jalan setapak taman ini juga bisa ditemui kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir khas Bukittinggi.

Sungai bermuara di Samudera

Selain lembahnya, sungai yang membelah Ngarai Sianok ini pun turut andil dalam melengkapi pesona alamnya yang luar biasa. Sungai yang memiliki air cukup jernih ini bermuara di Samudera Hindia. Puas menikmati pemandangan alamnya, rekan traveler dapat melakukan berbagai kegiatan bahari.  

Aliran sungai ini sering juga digunakan untuk olah raga air, seperti arung jeram, kayak, dan kano. Tidak perlu bingung karena organisasi olahraga air setempat menyewakan perlengkapan kano dan kayak, bagi siapa saja yang ingin menjajal sensasi penuh adrenalin ini. Biasanya perjalanan mengarungi sungai ini menempuh rute mulai dari Desa Lambah menuju Desa Sitingkai Batang Palupuh, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit.

Bunga raflesia arnoldi

Di sepanjang tepi sungai, traveler akan disuguhi pemandangan langka Bunga Rafflesia.  Bunga yang tumbuh dengan subur dan juga beraneka ragam tumbuhan obat-obatan. Jika tertarik untuk melihat satwa liar, pengunjung dipersilakan memasuki dan menjelajahi hutan di lembah Sianok. Namun wajib didampingi pemandu. Ada banyak hewan yang dapat rekan traveler jumpai di lokasi ini. Antara lain siamang, monyet ekor panjang, rusa, tapir, babi hutan, dan juga macan tutul.

Selain diminati para pecinta alam. Keindahan pepohonan hijau dan tebingnya yang  tinggi, menjadikan Ngarai Sianok sebagai spot favorit bagi pencinta fotografi landscape. Lokasi pertama yang sering dimanfaatkan untuk menjepret pemandangan paling memukau adalah di Taman Panorama. Dengan monyet-monyet yang banyak dan bebas berkeliaran di lokasi ini.

Taman Panorama

Sedangkan tempat kedua adalah dasar ngarai yang berada di luar Taman Panorama. Pengunjung dapat mencapai lokasi ini dengan melintasi jalan di belakang Taman Panorama. Dari dasar tebing inilah, rekan traveler bisa mengabadikan keindahan tebing-tebing yang curam tinggi menjulang.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Ngarai Sianok. Rugi rasanya jika berkunjung ke Sumatera Barat, tanpa mampir untuk melihat sendiri keindahan yang ditawarkan. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.