3 Nama Pantai Unik di Lingga, Kep. Riau

3 Nama pantai unik di Kabupaten Lingga – Kabupaten Lingga merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau yang dikelilingi lautan. Terdapat 9 kecamatan di Lingga dan seluruhnya memiliki geografis dengan kontur alamnya berupa laut dan kepulauan. Keuntungannya, hampir seluruh wilayah di kabupaten seluas 11.772 km persegi ini menyimpan pesona wisata bahari yang mempesona meski ada juga kendalanya. Masalah yang sering dihadapi wilayah dengan banyak pulau adalah kesulitan mendistribusikan barang dan jasa ke daerah-daerah yang terisolir sebab prasarana perhubungan dan angkutan yang masih terbatas, terutama transportasi laut.

By the way, meski semua obyek wisata pantai di wilayah Lingga sangat cantik, beberapa diantaranya memiliki nama yang unik. Nama-nama tersebut biasanya diambil dari nama desa atau sesuatu yang menjadi ciri khas dari pantai tersebut atau mungkin ada sejarahnya tersendiri. Nah, kita cari tahu yuk pantai-pantai mana saja di Kabupaten Lingga yang masuk dalam daftar obyek wisata pantai dengan nama yang unik!

3 Nama pantai unik di Kabupaten Lingga : Pantai Batu Berdaun

Obyek wisata dengan nama unik pertama adalah Pantai Batu Berdaun yang berlokasi di Dabo, Singkep. Pantai ini cukup populer di kalangan masyarakat Singkep sebab biasa digunakan sebagai titik pusat perayaan pergantian tahun di wilayah tersebut. Namanya yang unik diambil dari sebuah batu besar yang ada di pantai yang ditumbuhi pepohonan yang oleh pecinta bonsai disebut dengan saike. Mulanya hanya pohon leban pantai saja yang tumbuh diatas batu tersebut, namun lama kelamaan pohon cemara anginpun ikut tumbuh di sana. Berapa tepatnya usia batu tersebut sepertinya tetap menjadi misteri bagi masyarakat setempat. Oh ya, desa tempat pantai ini berada juga bernama Batu Berdaun lho. Kira-kira mana yang mendapat nama Batu Berdaun terlebih dahulu ya, pantai atau desanya? Entahlah. Yang jelas obyek wisata Pantai Batu Berdaun ini layak untuk dikunjungi karena pesona alamnya yang sangat menawan.

3 Nama pantai unik di Kabupaten Lingga : Pantai Batu Bungkuk

Obyek wisata dengan nama unik berikutnya adalah Pantai Batu Bungkuk. Pantai nan elok ini berada diantara daerah Batu Berdaun dan Desa Kebun Nyiur, yang keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Singkep. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan potensi alam yang masih sangat asri dan nyaman. Letaknya cukup jauh dari pemukiman sehingga suah pasti terhindar dari hiruk pikuk kota. Tak ayal tempat ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang benar-benar ingin bersantai dan tentu saja mencari inspirasi.

Baca Juga:

Obyek Wisata Pantai di Lingga yang Wajib Dikunjungi

Bila Anda berkunjung ke Pantai Batu Bungkuk ini, Anda akan melihat sebuah batu yang tingginya kira-kira belasan meter dan terlihat agak membungkuk.  Bila dilihat dari jarak dekat, batu alam yang sangat mempesona itu nampak tertancap kuat dan kokoh ke perut bumi Singkep, tepat di bibir pantainya. Batu tersebut nampak semakin indah dengan panorama alam sekitarnya yang berupa laut dan pantai berpasir putih berseri. Dari sinilah sepertinya nama Pantai Batu Bungkuk berasal. Masuk akal bukan?

3 Nama pantai unik di Kabupaten Lingga : Pantai Batu Berlubang

Obyek wisata ketiga dan yang terakhir dibahas dalam artikel ini adalah Pantai Batu Berlubang. Lokasi pantai berada di Kecamatan Senayang, tepatnya berada di desa terluar yang jauh dari pusat administrasi pemerintahan. Namanya Desa Pulau Batu Berlubang. Dari pusat administrasi di Pulau Senayang, desa ini berjarak sekitar 58,80 mil yang bisa ditempuh dalam waktu yang relatif lama, yakni sekitar 3 hingga 5 jam dengan kapal terlebih dahulu ke Tanjung Kelit baru kemudian dilanjutkan dengan naik speedboat kecil ke Desa Batu Berlubang. Saking jauhnya, desa yang ditempati oleh sekitar 1000-an jiwa yang  bermatapencaharian utama sebagai nelayan ini masih sulit dijangkau.

Meski begitu, potensi wisata pantai yang dimiliki Pantai Batu Berlubang tak kalah menawan lho. Pantainya mempunyai pasir putih yang sangat bersih dan alamnya sangat cantik dan indah.

Bahkan, pantai di desa ini termasuk yang terbersih di kawasan Pulau Senayang. Selain itu, kawasan pantai bernama unik ini juga punya potensi lain yang perlu dikembangkan. Yaitu batu-batu cincin kecil yang sering dimanfaatkan sebagai batu hias untuk akuarium. Siapkan bujet dan diri Anda untuk menjelajahi keindahan dari 3 Nama pantai unik di Kabupaten Lingga. (jari adventure – det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *