Museum Zoologi Bogor, Belajar Tak Harus Membosankan

Museum Zoologi BogorMengenalkan dunia fauna pada si kecil tentunya akan membuka wawasannya tentang keberagaman makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Tapi tentunya lebih menarik kalau si kecil dapat melihat hewannya secara langsung, daripada hanya mengenalnya dari gambar di buku atau poster. Buat rekan traveler yang mulai bosan mengunjungi kebun binatang, bisa lho mengunjungi salah satu museum yang sudah lama ada di kota Bogor.

Museum Zoologi Bogor tempatnya. Berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor, museum ini berbeda dengan tempat lainnya yang identik dengan diorama berisi perjuangan kemerdekaan bangsa. Di sini, banyak menyimpan binatang-binatang yang diawetkan, mulai dari mamalia, burung, ikan, serangga, reptile, dan binatang unik lainnya, yang terbilang langka serta hampir punah. Jumlahnya fantastis, mencapai ribuan dan dipamerkan dalam sebuah wadah khusus yang berbataskan kaca.

Rute lokasi ke Museum Zoologi Bogor

Mencapai museum ini terbilang cukup mudah, hanya dengan mengikuti rute jalan ke arah kiri dari gerbang masuk Kebun Raya Bogor, dan mengikuti jalur yang ditentukan. Sepanjang jalur ini, rekan traveler akan dihibur oleh hijaunya pemandangan hutan dengan deretan pohon besar hingga mencapai lokasi Museum Zoologi Bogor.

Baca Juga:

Serunya Berwisata di Jungleland Adventure Theme Park, Bogor

Dibuka mulai pukul delapan pagi hingga 5 sore, memberikan waktu yang cukup bagi seluruh anggota keluarga untuk mengeksplorasi setiap sudut museum. Memasuki bangunan ini, pengunjung akan disambut dengan fosil-fosil hewan berbagai ukuran. Terdapat beberapa ruangan yang menyimpan satwa-satwa yang dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Walau tidak diiringi dengan pemandu, rekan traveler tidak perlu bingung, karena di setiap eksebisi terdapat tulisan yang menjelaskan mengenai binatang yang dipamerkan.

Ruang pamer di Museum Zoologi Bogor

Mulai petualanganmu dengan memasuki Ruang Burung. Terbagi menjadi dua bagian, yaitu jenis yang berasal dari kawasan Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Di kawasan Indonesia Barat, pengunjung dapat melihat keelokan elang, alap-alap, betet, pelatuk, jalak, ayam hutan, burung maleo, dan puyuh.

Sedangkan dari kawasan Indonesia Timur dapat dilihat burung kasuari, kakak tua, dan Cendrawasih yang punya ciri khas ekor yang terurai. Jangan kaget saat tubuh merasa dingin saat memasuki kedua Ruang Burung ini, karena suhunya dijaga pada angka 22 derajat celsius untuk menjaga koleksi agar tidak mudah hancur.

Melanjutkan langkah ke Ruang Mamalia, di dalamnya terdapat koleksi hewan mamalia dari kepulauan di Indonesia, mulai dari barat hingga timur. Jangan lupa melihat ke atas pintu. Anda bisa menyaksikan pajangan kepala beberapa hewan mamalia, seperti badak, gajah, dan menjangan. Pengunjung dapat menikmati berbagai binatang, mulai dari binatang pemakan daging yang ganas hingga pemakan rumput berukuran mungil.

Di ruangan ini pula rekan traveler dapat melihat bentuk dari badak jawa yang terancam punah. Berbagai macam kera, bekantan, orang utan, binatang pengerat seperti bajing, juga tak ketinggalan katak. Diorama di sini juga didesain menarik, terutama bagi si kecil, saat melihat harimau, beruang, atau macan tutul di antara binatang buruan, seperti rusa dan kijang.

Jelajah ruang reptil hingga serangga

Jangan hanya karena jijik, rekan traveler melewatkan masuk ke Ruangan Reptil dan Amfibi ini. Sebanyak 763 jenis tersimpan di dalam ruangan ini, mulai dari ular hingga katak, yang semuanya diawetkan sebagai bahan pembelajaran. Di salah satu dinding terdapat kepiting raksasa yang memperlihatkan kaki-kakinya yang terbuka lebar. Juga berbagai jenis kura-kura yang dipajang dalam satu tempat, sehingga terlihat perbedaannya.

Ikon yang pasti akan diingat oleh siapa saja yang pernah berkunjung ke Museum Zoologi Bogor adalah kerangka ikan paus biru. Kerangka dari paus yang ditemukan mati di pesisir pantai Pameungpeuk, Garut pada 1916 ini begitu besar. Hingga memerlukan satu ruangan tersendiri untuk memajangnya.

Biar terasa geli, Ruang Serangga juga cukup menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya masih dibagi menjadi ruangan yang lebih kecil sesuai dengan jenis dari serangga yang dipamerkan. Dengan koleksi lebih dari 12.000 jenis serangga, Museum Zoologi Bogor menjadi tempat penyimpanan serangga terbesar di Asia Tenggara.

Tak jauh dari ini, terdapat Ruang Ikan dan Moluska yang menampilkan berbagai ikan raksasa. Siap-siap terkagum-kagum saat melihat langit-langit yang menggantung ikan hiu gergaji. Ada juga ikan lainnya berukuran besar, yaitu todak yang disimpan di dalam lemari kaca.

Siapa bilang belajar harus dilakukan dalam suasana kaku. Justru media yang interaktif seperti ini aka menunjang si kecil makin memahami teori yang didapatkan saat duduk di sekolah. Siap mengajak buah hati pergi ke Museum Zoologi Bogor?

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *