6 Museum Unik Indonesia, Kombinasi Sejarah dan Seni

 Indonesia memiliki budaya dan sejarah yang kaya serta kompleks sehingga tidak ada cara lebih baik untuk memahami negara dinamis ini selain melalui museum kelas dunianya.

Dari peninggalan kuno hingga seni kontemporer, pakaian batik tradisional hingga transportasi tempo dulu, temukan museum terbaik di Indonesia dalam daftar berikut ini.

 

  1. Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara (MACAN)

Sebagai museum seni modern internasional pertama di Indonesia, MACAN menyatukan karya-karya seniman lokal dan internasional. Ini mungkin satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki Andy Warhol, Yayoi Kusama, dan seniman dongeng bangsa Raden Saleh di bawah satu atap.

Tur umum dan keluarga diselenggarakan setiap minggu di sini. Ada pula pembicaraan dan diskusi bersama artis untuk penggemar seni yang rajin. Bahkan masyarakat umum yang ingin tahu dan terlibat di dalamnya. Museum ini juga mendedikasikan ruang khusus bagi anak-anak untuk belajar dan berkarya seni.

 

  1. Museum Angkut

Jika kamu berbicara bahasa Indonesia, tentunya tahu apa yang tersirat dari namanya: Museum Angkut adalah museum transportasi modern. Di sini, kamu akan menemukan kendaraan dari seluruh dunia dengan keunikannya masing-masing.

Ada kapal induk tradisional hingga pesawat terbang ditampilkan dalam pengaturan lanskap rumit yang dibuat secara kontekstual.

Kita berbicara tentang Broadway Street dan Jakarta kuno yang diciptakan kembali dengan indah untuk mengakomodasi pameran kendaraan. Pengunjung juga dapat terlibat dalam simulator penerbangan canggih, salah satu atraksi paling populer di sini.

 

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum pribadi ini menyoroti budaya Jawa, yang bisa dibilang budaya paling menonjol dengan kapasitas pembentuk sebagian besar konstruksi sosial di Indonesia. Ullen Sentalu menyimpan artefak otentik dari kerajaan di Jawa prasejarah, berkat hubungan dekat pemiliknya dengan kesultanan Yogyakarta.

Dari instrumen gamelan, batik yang indah, hingga surat dan foto tulisan tangan, pengunjung diajak untuk menyelami kehidupan para bangsawan Jawa, beserta segala kemewahan dan dramanya.

Kamu akan terpesona oleh perhatian budaya yang bijaksana dan cermat terhadap detail dan bagaimana mereka melambangkan keunikan pandangan dunia Jawa. Semua itu terangkum dalam arsitektur megah dengan sentuhan modern dan tradisional, dikelilingi oleh taman rimbun yang menenangkan.

 

  1. Rumah Danar Hadi

Sebagai salah satu kerajinan asli Indonesia paling populer, batik kini dihargai di seluruh dunia sebagai bentuk seni tradisional yang sering digabungkan ke dalam karya seni modern. Museum Batik Danar Hadi di Solo mengabadikan perjalanan tekstil tradisional dari sebelum era kolonial puluhan tahun lalu, hingga sesudahnya.

Wisatawan dapat menemukan dan mempelajari berbagai jenis batik milik negara ini, termasuk batik keraton yang berharga dan Batik Sudagaran. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi museum ini adalah mengamati proses pembuatan batik di bengkelnya sendiri.

 

baca juga:

4 Jalur Lintas Alam Paling Menakjubkan di Sekitar Mallorca, Spanyol

 

  1. Museum Seni Agung Rai (ARMA)

Museum seni ini berada di jantung kompleks terpadu yang didedikasikan untuk seni dan budaya di Ubud, Bali. Bangunan ini terdiri dari segala sesuatu mulai dari museum seni, resor, restoran, hingga toko sehingga memungkinkan seni dan budaya untuk melangkah dari pengalaman belaka menjadi gaya hidup yang terintegrasi.

Destinasi Museum Seni Agung Rai (ARMA) menampung karya-karya dari pelukis paling berpengaruh di Ubud tahun 1930-an, hingga seniman kontemporer lokal, dan segala sesuatu di antaranya. Museum ini juga memiliki visi menuju masa depan seni dan budaya Bali, menyelenggarakan lokakarya dan acara untuk membantu pengunjung belajar dan menghargai lebih banyak budaya.

  1. Museum Bank Indonesia

Bangunan ini mungkin berasal dari era kolonial, tetapi pajangan dan fasilitas museum berhasil menampilkan teknologi tinggi. Lupakan gagasan tentang museum tua yang berdebu karena di sini kamu akan melihat animasi, perangkat modern, dan teknologi VR.

Bank Indonesia adalah bank sentral di Indonesia, tetapi museum ini menawarkan lebih dari sekadar sejarah ekonomi negara. Pengunjung juga dapat melihat artefak bersejarah dari berbagai kerajaan kuno di Nusantara sebelum menjadi negara kesatuan seperti sekarang.

Sejatinya museum ada untuk mengenang dan mempelajari potret budaya dan tradisi. Mengunjungi keenam tempat di atas barangkali bisa mengikis kesan membosankan yang selama ini ada di benar para wisatawan, khususnya kawula muda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.