Museum Ronggowarsito Semarang, Liburan Edukatif Untuk Tahun Baru

Menjelajah Semarang seakan tak ada habisnya, mulai dari objek wisata mulai dari wisata alam hingga modern semua ada di kota ini. Namun rupanya ada pula wisata sejarah yang bisa menjadi sarana edukasi sekaligus pengisi waktu berlibur akhir tahun di kecil yakni sebuah museum bernama Ronggowarsito. Diresmikan pada 5 Juli 1989, museum ini memiliki 59.784 koleksi aset kebudayaan dari Jawa Tengah.

Lokasi Museum Ronggowarsito Semarang

Letaknya ada di jl. Abdurahman Saleh No. 1, Semarang, Jawa Tengah, Museum Ronggowarsito berjarak kurang lebih 4 kilometer dari pusat kota. Luasnya mencapai 8.438 persegi yang terdiri dari pendapa, gedung pertemuan, gedung pameran tetap, laboraturium, perpustakaan dan gedung deposit. Tak hanya masyarakat lokal yang datang, wisatawan asing pun turut mengunjungi museum ini karena terdapat banyak warisan budaya yang sayang untuk dilewatkan.

 

Tata ruang dan arsitektur bangunan

Bangunan museum terdiri dari 4 gedung yang masing – masing menceritakan sejarah yang berbeda. Yang pertama ada Gedung A yang terdiri dari wahana geologi dan geografi. Ditampilkan pula beberapa jenis bebatuan yang terdapat di bumi, juga batu meteorit yang ditemukan di daerah Mojogedang, Karangayar pada tahun 1984. Hal lainnya yang disajikan disini adalah tentang Paleontologi alias zaman purba, ditampilkan pula fosil kayu kuno, bebatuan dan masyarakat kuno sekaligus tulang belulang hewan pada masa silam.

Beralih ke gedung selanjutnya yakni Gedung B yang menyuguhkan wahana keramik dan batik. Disini berbagai jenis dan model keramik lokal maupun luar negeri, seperti berasal dari Cina dan Eropa dipamerkan. Selain itu, ada pula macam – macam kerajinan gerabah beserta cara pembuatannya. Pada bagian batik, dipajang berbagai motif batik yang berasal dari Jawa Tengah, misalnya dari Surakarta, Pekalongan, Lasem dan Banyumasan.

Di Gedung C anda akan melihat beraneka koleksi benda – benda yang dipakai ketika masa pertempuran Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Dan yang terakhir adalah Gedung D yang menampilkan tentang pembangunan, heraldik, tradisi nusantara, numismatik dan hibah.

baca juga:

Tips berkunjung ke Museum Ronggowarsito Semarang

Memanfaatkan liburan panjang, ajak anak – anak untuk bermain di luar rumah agar tak bosan karena terus –menerus di rumah.

Salah satu cara dengan mengajak mereka ke Museum Ronggowarsito Semarang. Di dalam museum, anak – anak bisa menjumpai berbagai macam koleksi benda – benda bersejarah yang memiliki cerita dan sejarah unik.

Tak hanya itu, di dalam museum juga ada banyak cerita yang menginspirasi sekaligus mengedukasi tentang perjuangan bangsa Indonesia selama melawan penjajah. Tak jarang, kisah – kisah heroik semacam ini juga muncul di dalam tugas – tugas sekolah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti selama berkunjung ke Museum Ronggowarsito Semarang:

1. Pastikan anak kenyang dan bawa perbekalan

Agar anak – anak tetap riang dan tidak rewel , sebelum berangkat mereka harus sudah sarapan atau setidaknya membawa perbekalan. Jika anak – anak kenyang, bepergian atau menjelajahi setiap ruangan di museum akan lebih menyenangkan dan lebih energik.

2. Ingatkan aturan berkunjung ke museum

Selama berkunjung, para wisatawan diharapkan untuk tetap menjaga ketertiban dan ketenangan. Seperti tidak menyentuh benda – benda yang dilarang untuk disentuh. Tidak bising atau membuat kegaduhan, berlaku sopan dan tertib. Mau bersikap antri, serta anak – anak tidak dibiarkan merusak benda – benda atau berlarian di dalam ruangan museum.

3. Minta pemandu

Tidak ada yang mengetahui lebih detail tentang sejarah benda – benda koleksi pusaka di dalam museum. Selain daripada petugas museum. Oleh karena itu, jika memang anak – anak ingin belajar lebih dalam mengenai apa saja yang ada di Museum Ronggowarsito Semarang. Mintalah untuk ditemani seorang pemandu. Biasanya pengunjung mendapat layanan ini secara gratis.

4. Berfoto – foto

Banyak benda – benda langka dan unik yang terdapat di dalam Museum Ronggowarsito Semarang. Kesempatan ini jangan dilewatkan begitu saja karena mungkin tak akan terulang. Sebagai kenang – kenangan terindah, bidik potret termanis saat anak – anak mengunjungi museum ini pertama kali.

Siapa tahu dengan kenangan terindah ini anak – anak jadi ketagihan pergi ke museum setiap liburan akhir pekan.

***

Liburan edukatif dan menyenangkan, ajak anak – anak ke Museum Ronggowarsito Semarang. Pastikan mitra perjalanan Anda bersama Jari Adventure yang melayani wisata di seluruh destinasi se-Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *