Mudik Lewati Solo, Mampir Dulu ke 8 Destinasi Unik khas Surakarta

Jawa Tengah biasanya identic dengan kota Yogyakarta, Magelang, Semarang, Demak, hingga Surakarta. Yang paling popular hingga kini adalah kota Yogyakarta.

Namun, hal ini bukan berarti kota lainnya kurang layak untuk menjadi destinasi wisata utama di liburan Anda.

Salah satunya adalah Solo. Solo bisa dibilang menjadi kota terbaik untuk merantau karena memiliki Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Ternyata, destinasi wisata di Solo juga cukup lengkap mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, religi, hingga wisata yang instagenic. Cek saja berbagai destinasi wisata unik di Solo yang akan dibahas berikut ini.

1.    Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta masih berfungsi sebagai rumah dari Sri Sunan hingga kini. Meskipun begitu, keraton ini wajib Anda kunjungi saat berada di daerah Solo.

Anda dan keluarga bisa belajar mengenai sejarah Solo. Bangunan ini dibangun pada tahun 1744 dan menjadi symbol cikal bakal dari kota Solo.

Lokasinya berada di Jalan Baluwarti, Pasar Kliwon. Lengkap dengan museum yang didalamnya menyimpan berbagai artefak sejarah.

Anda bisa menemukan peninggalan kasunan, alat music, pusaka keraton, hingga pemberian dari raja Eropa.

2.    Istana Mangkunegaran

Selanjutnya ada Istana Mangkunegaran yang berlokasi di Jalan Ronggowarsito Nomor 83. Model keratonnya mirip dengan keraton tahun 1757.

Kini, istana yang mengangkat arsitektur khas Eropa ini telah ditetapkan sebagai pusat budaya dan seni kota Solo.

Anda bisa datang di hari rabu agar dapat menonton pagelaran gamelan rutin mingguan. Tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah.

3.    Museum Batik Danar Hadi

Batik Solo terkenal akan kualitasnya yang sangat bagus. Bahkan kini sudah beridir museum batik Danar Hadi yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261.

Di dalamnya terdapat lebih dari 10 ribu koleksi kain batik berbagai motif yang indah. Tidak heran, museum ini telah dinobatkan sebagai Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai pemilik koleksi batik paling banyak.

4.    Kampung Batik Kauman

Setelah puas menikmati indahnya batik di museum, kini saatnya Anda singgah ke kampung batik yang ada di Kauman, Pasar Kliwon, tepatnya di kompleks kota Tua.

Bangunan-bangunan kuno di sekitarnya bisa membuat Anda terkagum-kagum. Ada juga beragam pengrajin batik di sepanjang jalan.

Sejarah mengatakan, kawasan di perkampungan Kauman ini dulunya sempat menjadi lokasi pembuatan batik bagi keluarga keraton.

baca juga:

Dimana Tempat Kuliner Khas Surabaya, Rawon yang Paling Enak & Nikmat?

 

5.    Pasar Triwindu

Suka dengan barang-barang antik? Jika iya, Anda wajib berkunjung ke Pasar Triwindu. Di sini juga menjadi lokasi favorit para pemburu foto.

Pasar ini sudah ada sejak tahun 1939, seolah tak pernah lekang oleh waktu.

Anda bisa menemukan berbagai macam barang antic yang menarik perhatian Anda.

6.    Agrowisata Sondokoro

Berlibur ke suatu kota tentu kurang lengkap jika belum berkunjung ke wisata alamnya. Anda bisa mengunjungi Agrowisata Sondokoro yang berada di Jalan Mangkunegara.

Suasana alamnya sangat indah dan menakjubkan. Di sini Anda bisa menikmati terapi ikan, kuliner lezat, bahkan pijak refleksi yang menenangkan.

Bahkan lengkap dengan kolam renang dan flying fox untuk bermain Bersama keluarga.

7.    Pandawa Water World

Pandawa Water World berada di perbatasan Sukoharjo dan Surakarta. Kolam renang dibuka pukul 7 pagi,sedangkan tamannya dibuka pukul 12 siang untuk weekdays, dan 8 pagi untuk weekend.

Wisata ini buka setiap hari kecuali hari selasa. Tak tanggung-tanggung, Pandawa Water World memiliki 27 wahana air mulai dari wave pool, warm spa, action river, dan yang lainnya.

Tiketnya dibandrol dengan harga 80 ribu per orangnya. Uniknya, bagi Anda yang berulang tahun diperbolehkan masuk secara gratis.

8.    Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Ingin bermain di taman hiburan murah meriah? Kunjungi saja Taman Hiburan Rakyat Sriwedari. Ada 16 wahana yang lengkap dengan kafe, mini waterpark, panggung hiburan, hingga area ketangkasan yang wajib Anda coba.

Itulah beberapa rekomendasi wisata yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Solo. Bagus dan indah, bukan? Jadi, wisata mana dulu yang akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.