Mudik ke Jawa Timur, 5 Destinasi Wisata Religi Untuk Libur Lebaran

Bisa mudik tahun ini ke kampung halaman di Jawa Timur? Wah, tentu kebahagiaan semakin berlipat ganda. Libur Lebaran yang lumayan panjang hingga lebih dari 4 hari, sudah sepatutnya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berjumpa dengan sanak saudara dan keluarga di kota kelahiran.

Bagi Anda yang memiliki tujuan mudik di Jawa Timur, ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Bisa dipastikan berbagai tempat wisata di setiap kota akan ramai dikunjungi pelancong, namun justru inilah yang akan menambah keseruan libur Lebaran.

Di Jawa Timur sendiri, destinasi wisata sangat beragam. Namun, tidak ada salahnya melirik destinasi wisata religi yang juga sangat menarik sekaligus bisa menambah wawasan spiritual keluarga.

Yuk, kunjungi destinasi wisata religi yang populer di Jawa Timur berikut:

1. Makam Sunan Ampel

Berada tepat di pusat kota Surabaya, tak salah jika destinasi libur Lebaran Anda mengunjungi makam Sunan Ampel. Semarak gang sempit yang menuju Masjid dan Makam Sunan Ampel sudah mulai terasa begitu tiba di ujung jalan.

Pertokoan, para pedagang souvenir, serta lalu lalang para pengunjung memberikan suasana ramai yang akan terus berkesan dan sulit dilupakan pelancong.

Setibanya di depan masjid, para pengunjung bisa masuk  ke dalam kawasan makam Sunan Ampel untuk memberikan penghormatan kepada salah satu wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini.

Di sekitar kawasan ini juga banyak masyarakat yang berhidung mancung alias komunitas warga peranakan Arab dan Jawa Timur.

Budaya Timur Tengah juga sangat kental terasa dengan beberapa toko pedagang yang menjual perlengkapan ibadah, hingga menyajikan aneka kuliner khas Timur Tengah seperti martabak Mesir dan nasi briani kari kambing.

2. Makam Sunan Giri

Dari Surabaya saatnya menuju ke kota Gresik. Di kota Santri ini para wisatawan dapat mengunjungi Makam Sunan Giri yang berada di puncak bukit Giri Kedaton.

Kedaton sendiri dalam bahasa Jawa berarti tempat khusus di area kerajaan bagi para bangsawan. Sedangkan, “Giri” berarti gunung.

Dikarenakan berada di puncak gunung maka tidak heran jika para peziarah harus menyiapkan stamina dan daya tahan tubuh yang prima agar bisa menuju makam Sunan Giri.

Ada 100 lebih anak tangga yang akan mengantarkan para pengunjung sampai ke puncak bukit. Namun jangan khawatir, di kiri dan kanan tangga, terdapat banyak pedagang souvenir yang menjajakan aneka macam oleh – oleh. Setidaknya hal ini akan membuat pengunjung sejenak lupa akan kelelahannya.

 

3. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

Selagi masih di kota Gresik, arahkan kemudi menuju Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Makam ini jauh lebih kuno dibandingkan Makam Sunan Giri. Tepatnya, Syekh Maulana Malik Ibrahim wafat pada abad ke-14.

Bahkan, Syekh Maulana Malik Ibrahim diketahui merupakan tokoh yang mendirikan masjid pertama kali di Pulau Jawa. Masjid tersebut masih berdiri kokoh hingga kini yaitu Masjid Jami Kota Gresik.

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapuran Wetan dan di dalam kompleks makam juga terdapat situs kuno peninggalan keluarga kerajaan Majapahit yang berdomisili di Gresik.

4. Makam Sunan Bonang

Masih berhubungan darah langsung sebagai putra kandung dari Sunan Ampel, Sunan Bonang diminta untuk menyebarkan agama Islam di daerah pesisir utara. Makam Sunan Bonang terdapat di sebelah utara alun – alun Tuban yang tak pernah sepi peziarah.

Rancangan bangunan kompleks makam sangat unik dan tradisional mirip seperti bangunan candi. Menaungi makam Sunan Bonang, dibuat semacam pendopo yang megah dan terbuat dari kayu jati berusia ratusan tahun.

Oleh – oleh khas dari Makam Sunan Ampel yang banyak dijajakan pedagang adalah minuman Siwalan dari buah siwalan yang menyegarkan.

5. Makam Sunan Drajat

Sunan Ampel diketahui memang memiliki sejumlah keturunan yang menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Timur. Selain Sunan Bonang, putra beliau yang lain adalah Sunan Drajat.

Makam Sunan Drajat berlokasi di kabupaten Lamongan tepatnya di daerah Paciran. Makam Sunan Drajat memiliki lingkungan yang sangat asri dan rindang.

Siapa saja yang datang berkunjung atau berziarah akan merasakan kesejukan udara dan aura menentramkan hati.

Baca juga:

Liburan Bareng Anak, 5 Tempat Wisata Populer di Lamongan Jawa Timur

 

***

Jadikan perjalanan wisata Anda semakin berkesan dan menyenangkan, dengan memesan jasa agen travel wisata Jari Adventure. Praktis, cepat dan hemat karena bisa disesuaikan dengan budget Anda. Hubungi WA : 0877 – 78906999 untuk pemesanan atau info lebih cepat dan lengkap.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *