Misterius Tapi Mempesona, 7 Tempat Wisata Bersejarah yang Bikin Ngeri

Travelling adalah suatu hal yang seolah-olah wajib dilakukan oleh setiap orang dimasa kini. Dengan travelling, rasa penat dan Lelah akan terangkat sehabis bekerja setiap harinya.

Ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa Anda pilih sebagai tujuan travelling Anda. Biasanya, suatu lokasi wisata memiliki ciri khasnya tersendiri. Mulai dari keindahannya, wahananya, hingga sejarahnya.

Tidak semua lokasi wisata dipenuhi dengan cerita kebahagiaan. Ternyata, ada beberapa lokasi wisata yang menyimpan berbagai cerita yang pilu bahkan menyeramkan.

Beberapa diantaranya bahkan sempat menjadi saksi bisu dari sebuah peristiwa seperti pembantaian. Apa saja tempat-tempat wisata yang menyimpan berbagai cerita misteri di balik keindahannya? Mari kita simak berikut ini.

1.    Gua Jomblang – Yogyakarta

Yang pertama ada Gua Jomblang, salah satu gua vertical yang pasti sudah pernah Anda dengar. Berada di Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Yang paling menarik perhatian adalah keindahan sinar mataharinya yang disebut dengan ‘cahaya surga’. Dibalik keunikan dan keindahannya, siapa sangka jika gua ini menyimpan sejarah mengerikan.

Gua Jomblang sempat menjadi saksi bisu pembantaian masal yang dituduh terlibat dalam Partai Komunis Indonesia.

Orang-orang itu diikat tangannya satu sama lain lalu dibariskan di pinggiran mulut gua. Ketika salah satu orang ditembak, maka semuanya juga akan jauh ke dasar gua lalu tewas secara mengenaskan.

2.    Museum Fatahillah – Jakarta

Museum yang satu ini tentu saja menyimpan sejarah yang sangat banyak. Lokasinya berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Sebelum menjadi lokasi wisata, museum ini sempat menjadi penjara serta lokasi eksekusi.

Di tahun 1740-an, Gubernur Hindia Belanda yang bernama Adriaan Valckenier memerintah ribuan orang Tionghoa untuk berbaris di depan museum ini.

Hal tersebut bertujuan untuk mengeksekusi secara sadis para orang Tionghoa tersebut. Yang mengeksekusi adalah algojo yang telah disiapkan. Peristiwa sadis ini diberi sebutan Geger Pecinan.

3.    Pulau Nusa Barung – Jember, Jawa Timur

Lokasi  Pulau Nusa Barung berada di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau yang terkenal dengan keindahannya dan kealamiannya ini ternyata menyimpan sejarah yang cukup memilukan.

Dulu, pulau ini masuk dalam kekuasaan Kerajaan Blambangan. Di tahun 1777-an, terjadi sebuah peperangan antara Kerajaan Blambangan dan Pemerintahan Belanda.

Peristiwa ini menewaskan banyak orang sehingga Pulau Nusa Barung terlarang untuk penduduk sekitar. Namun, di tahun 1920, pulau ini diresmikan sebagai cagar alam.

4.    Hutan Jati Petak 45F – Kendal, Jawa Tengah

Lokasi dari Hutan Jati Petak 45F ialah Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Hutan ini dipercayai sebagai tempat yang angker oleh masyarakat sekitar. Mengapa?

Di tahun 1965, kawasan hutan ini sempat menjadi lokasi pembantaian orang-orang yang terduga simapatisan PKI.

Konon, pengikut PKI akan dipaksa menggali lubang yang berfungsi sebagai makamnya sendiri yang akhirnya ditembaki hingga tewas dengan menggunakan senjata.

5.    Gua Jepang – Bandung

Bandung memiliki banyak sekali lokasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Gua Jepang. Gua Jepang berada di Taman Hutan Ir. Juanda, Dago Atas, Bandung.

Gua ini dibangun pada tahun 1942 dengan suasana yang sangat gelap serta lembab. Gua ini memiliki sejarah yang kelam.

Dulunya, lorong gua ini menjadi saksi bisu dari ratusan romusha yang tewas. Mereka tentu tewas dalam proses pembangunan gua pertahanan ini yang berlangsung selama 3 tahun.

Selain itu, ratusan prajurit Jepang juga terbunuh disini karena dibantai oleh sekutu di tahun 1945.

baca juga:

Gili Ketapang Probolinggo, Pulau Seksi Nan Cantik Pesaing Pulau Lombok

 

6.    Pulau Kumala – Tenggarong

Selanjutnya adalah Pulau Kumala yang berada di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wisata ini sedang hits-hitsnya, lho!

Luasnya mencapai 76 hektare lengkap dengan berbagai spot instagramable yang memanjakan wisatawan. Pulau ini ternyata memiliki cerita yang menakutkan.

Sebelum tahun 2000, pulau ini adalah pulau kosong dan tak terjamah manusia. Dengan begitu, pulau ini dipercaya sebagai sarangnya makhluk halus.

Banyak orang yang mengaku pernah diganggu oleh penampakan makhluk ghaib di lokasi ini.

7.    Lawang Sewu – Semarang

Destinasi wisata yang satu ini pasti sudah Anda ketahui sebelumnya. Gedung putih yang megah ini memang menjadi salah satu ikon dari Kota Semarang.

Bangunan ini dibangun di tahun 1904 sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Gedung ini sempat dijadikan penjara bawah tanah di masa penjajahan Jepang untuk menyiksa para pribumi. Tak hanya itu, Lawang Sewu juga sempat menjadi lokasi pertempuran dari Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) yang melawan Jepang.

Para pemuda yang meninggal dimakamkan di halaman Lawang Sewu. Namun, di tahun 1975 jenazah para pemuda dipindahkan di makam Pahlawan.

Tugu Muda yang ada di depan Lawang Sewu didirikan untuk memperingati gugurnya para pemuda tersebut. Dari beberapa destinasi di atas, lokasi mana saja yang sudah pernah Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.