Mirip Negeri Khayalan, 5 Destinasi Wisata di Sri Lanka yang Menghipnotis

Negara Sri Lanka memang memiliki luas wilayah yang terbilang kecil, namun siapa sangka jika negara yang satu ini memiliki kekayaan wisata yang sangat eksotis.

Bahkan beberapa di antaranya dicatat oleh UNESCO. Penasaran wisata apa saja yang dimiliki oleh negara yang dekat dengan Maldives ini? Check this out!

1.    Singiriya

Singiriya atau biasa disebut batu singa merupakan benteng sekaligus istana batu kuno yang berada di kawasan Distrik Matale, Sri Lanka.

Wisata ini merupakan batu kuno yang dikelilingi oleh kebun dan waduk. Bahkan, Singiriya terkenal akan lukisan kuno yang terpampang di temboknya.

Menurut sejarah, batu kuno ini sudah dibangun sejak masa pemerintahan raja Kassapa I di tahun 477-495. Untuk pergi ke batu kuno ini membutuhkan energi ekstra karena Anda harus melewati anak tangga yang banyak dan juga terjal. Mendaki anak tangga yang kecil dengan angin yang berhembus sangatlah menantang adrenalin.

Anda bisa menemukan 3 komplek bangunan yang ada di sekitar batu dan membentuk Singiriya Rock, yaitu Elephant Rock, Lion Rock, serta Cobra Rock. Anda dapat menyusuri anak tanga untuk mengelilingi dan mencapai area tersebut.

Setelah itu, Anda akan disambut oleh salah satu gua yang sempit dengan galeri lukisan di dalamnya. Lukisan tersebut dibuat oleh tangan di langit serta dinding gua.

Menurut kisah, raja kala itu memiliki 500 istri, dan tiap istri dilukis di dinding serta langit gua. Namun, lukisan yang ada saat ini hanya 20 lukisan saja.

Setelah sampai di puncak bukit, maka siap-siap untuk melihat betapa eksotisnya pemandangan yang sangat indah. Bahkan Anda dapat melihat Kota Dambula dan Golden Temple dari atas.

2.    Galle

Galle merupakan sebuah benteng yang kini menjadi moumen arkeologi serta warisan arsitektur yang umurnya mencapai 400 tahun.

Penampilan klasiknya merupakan hasil dari Archeological Department of Sri Lanka. Uniknya terletak pada perumahan serta Gedung yang berada dalam benteng ini.

Ini artinya, selain menjadi monument, benteng Galle juga menjadi tempat tinggal penduduk.

Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai jenis café, restoran, hingga tempat belanja yang dibangun klasik dan historis. Inilah yang membuat UNESCO mengklaim benteng ini sebagai salah satu World Heritage Site.

Menurut pemandu wisata, Galle Firt dibangun oleh bangsa Portugis di tahun 1588 dan dikembangkan menjadi benteng saat berada dalam penjajahan belanda di abad ke -17. Lokasinya berada di Kota Galle dan mudah dicapai dari Colombo.

3.    Kandy

Selain menjadi kota terbesar, Kandy juga menjadi kota terakhir di zaman raja kuno di negara Sri Lanka. Iklim di kota Kandy lebih sejuk daripada Colombo karena berada di dataran tinggi. Iklim di kota ini seperti kota Bogor jika dibandingkan dengan Indonesia.

Kota Kandy sungguh sakral bagi umat Budha karena merupakan lokasi berdirinya Temple of the Tooth Relic. Tempat ini dipercaya menyimpan gigi Budha. Itulah penyebabnya mengapa Kandy masuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO.

Ketika berkeliling, Anda dapat menemukan penangkaran gajah, taman botanik, serta kebun the. Bahkan, taman ini sempat dinobatkan sebagai taman terbesar di Sri Lanka.

4.    Nuwara Eliya

Destinasi Nuwara Eliya biasa biasanya disebut dengan sebutan Little England ini memiliki pemandangan dataran tinggi yang hijau dan menenangkan.

Nuwara Eliya sendiri berarti City of Light, dimana penjajah Ingris dapat bersembunyi untuk merasakan udara sejuk setelah bekerja di industry teh Sri Lanka.

Destinasi yang tepat untuk bersantai dan melihat ramainya bangunan kolonial. Untuk menuju Nuwara Eliya kurang lebih 3 jam perjalanan dari kota Kandy bila mengendarai bus atau kereta.

Baca juga:

Puas Belanja Barang Branded? Yuk, Melipir ke 10 Pantai Tercantik di Kota Batam

5.    Hikkaduwa

Selain menjadi kawasan yang bersejarah, negara ini juga memiliki kawasan cagar alam yang penuh akan biota laut. Lokasinya berada di bagian selatan Sri Lanka.

Di sini Anda dapat melihat secara langsung beragam biota laut mulai dari hiu, udang, cacing laut, blacktip karang, hingga terumbu karang super indah.

Setelah melihat kelima wisata di atas, kini kita menyadari bahwa sebuah negara kecil memiliki wisata-wisata yang super indah. Jika disuruh memilih, yang mana pilihan Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.