Menyepi Segarkan Hati, Yuk, Eco-Wisata ke Hutan Pinus Mangunan Jogja

Sebagian masyarakat Indonesia pasti pernah mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta dan tak asing lagi dengan kawasan Bantul.

Sebagai salah satu kawasan paling luas di Yogyakarta, Bantul memiliki banyak tempat wisata menarik bahkan dengan biaya yang murah. Dengan begitu Anda bsia menjangkau banyak wisata karena budgetnya sangat minim.

Salah satunya adalah Dlingo, wilayah Bantul yang paling dikenal wisatawan. Di sini terdapat hutan pinus yang terkenal hingga wisatawan luar daerah. Namanya adalah Hutan Pinus Mangunan atau biasa disebut Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus Mangunan merupakan wisata yang termasuk dalam bagian Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Lokasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Di sini Anda dapat bersantai dan merefresh pikiran dengan udaranya yang segar. Tak lupa untuk berfoto dan berjalan-jalan dengan menikmati keindahan suasana hutan pinus serta aroma kayu pohon pinus yang menyegarkan.

Tak hanya hutan pinus, di wilayah Mangunan juga memiliki banyak tempat wisata yang wajib Anda eksplore. Apa saja? Mari kita simak berikut ini.

1.    Kebun Buah Mangunan

semutirengtransport

 

Wisata yang satu ini berada di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam serta awan di sekitar pegunungan Sewu dari atas teras atau gardu pandang yang tingginya mencapai 200 meter. Lokasinya tak terlalu jauh dari kawasan Hutan Pinus Mangunan.

Kebun Buah Mangunan termasuk salah satu dari wisata Yogyakarta yang digemari oleh turis local hingga mancanegara.

Direkomendasikan untuk datang di pagi serta sore hari karena pemandangan gumpalan awannya sangat keren. Anda juga bisa memotret sunset dan sunrise dari ketinggian.

2.    Jurang Tambelan

bobocantik.com

Lokasinya tak jauh dari Kebun Buah Mangunan yaitu di dusun Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sini Anda akan disuguhkan panorama alam yang indah dari teras yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk berfoto dengan background alam yang cantik.

Keunggulan lainnya dari Jurang Tambelan adalah bebas tiket masuk, kecuali tiket parkir untuk kendaraan bermotor sebesar 2 ribu rupiah.

3.    Pinus Pengger

tourkejogja.com

 

Kawasan Wsiata Pinus Pengger tak jauh berbeda suasananya dari Hutan Pinus Mangunan. Bedanya, di sini terdapat sebuah pohon yang memiliki lubang besar di tengahnya.

Spot ini sering dijadikan spot berfoto oleh pengunjung. Selain itu, di sini Anda bisa menikmati keindahan kota Yogyakarta serta lampu-lampu dari perkotaan yang indah.

Lokasinya berada di desa Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tiket masuk sebesar 3-5 ribu rupiah.

Baca juga:

Terpukau Bukit Mondoleko, Bukit Tercantik di Banyuwangi

 

4.    Pinus Asri Karangasem

ngadem.com

 

Berbeda dengan yang ada di bukit Majo, Pinus Asri Karangasem memiliki Gardu Pandang yang memang tidak dibuat detail.

Dengan menggunakan bahan kayu, pondasina semakin kuat dan memberikan kenyamanan pada pengunjung yang ingin berfoto.

Pemandangannya tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa mengunjungi Pinus Asri Karangasem di Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

5.    Bukit Pangkuk Kediwung

Eksotis Jogja

 

Ingin mencari spot terbaik untuk sunset? Di sinilah tempatnya. Bukit Pangkuk Kediwung berada di dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dilengkapi dengan teras di ketinggian, pengunjung bisa menikmati matahari terbenam dengan leluasa dan puas. Apalagi keindahan langit Yogyakarta yang tak bisa diragukan lagi.

6.    Seribu Batu Songgo Langit

trivindo.com

Lokasi yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membawa keluarga besar berlibur. Di area Songo Langit memiliki beragam wahana edukasi yang baik untuk anak.

Tenang saja, tiket masuk wisata ini hanya 2 ribu rupiah saja per orangnya. Hanya semurah itu, Anda bisa menikmati segala wahana yang tersedia.

7.    Bukit Lintang Sewu

kompas.com

 

Bagi pemburu sunrise, Anda wajib datang ke Bukit Lintang Sewu yang ada di kawasan Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit.

Di sini adalah lokasi paling tepat untuk menikmati keindahan matahari terbit. Hembusan angin segarnya menjadi favorit setiap wsiatawan yang datang.

8.    Air Terjun Randusari

bakpiamutiarajogja

 

Berkunjung ke alam kurang lengkap bila belum menikmati wisata airnya. Air Terjun Randusari memiliki kedalaman hingga 3 meter dan ketinggian di 12-15 meter.

Lokasinya berada di Jalan Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini tidak teralu jauh dari Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit dan dibadrol dengan harga tiket 2 ribu rupiah per orangnya.

Itulah beberapa lokasi wisata yang berada di sekitar area Hutan Pinus Mangunan. Jadi selain berwisata, Anda juga bisa merilekskan pikiran dan tubuh dengan menyatu bersama alam.

Beberapa wisata di atas harus masuk dalam list travelling Anda selanjutnya. Bagaimana? Siap mengeksplore Hutan Pinus Mangunan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.