Menjelajahi Museum di Kota London

London sebagai salah satu kota tertua di dunia juga merupakan rumah dari banyak museum yang menyimpan sejarah dari peradaban dunia. Tentu menarik bagi para traveller yang sedang wisata di London untuk menjelajahi museum-museum tersebut. Dan asyiknya lagi, hampir semua museum tersebut tidak menetapkan tiket masuk alias gratis. Yuk kita lihat beberapa museum di Kota London, yang juga merupakan museum-museum terkenal di Inggris raya berikut ini :

British Museum (Bloomsbury, London)

Museum ini merupakan museum pertama di dunia yang dibuka untuk umum ketika dibuka pada tahun 1759. Seluruh koleksi yang dipamerkan pada museum dikumpulkan dari seluruh dunia dan dapat dinikmati secara gratis oleh semua orang. Jauh sebelum kehadiran televisi, museum ini merupakan satu-satunya sarana untuk melihat dan berhubungan dengan kebudayaan dari belahan bumi yang lain. Beberapa koleksi yang sangat terkenal dari museum ini di antaranya adalah Batu Rosetta dari peradaban Mesir kuno dan patung Parthenon dari Acropolis di Athena, yang menjadi bukti keberhasilan penjelajah Inggris.

Galeri pada museum di Kota London ini dibagi berdasarkan lokasi penemuan dan rentang waktu sejarah, seperti Iran kuno, Yunani kuno, Cina dari 5000SM, Kerajaan Romawi, dan seterusnya. Agar tidak terlalu bingung dengan banyaknya koleksi yang ada di museum ini, setiap hari Jumay pihak pengelola menyediakan pemandu yang akan mengantar traveler selama 20 menit menjelaskan koleksi terbaik. Bagi traveller yang sedang liburan bersama keluarga disediakan juga aktivitas untuk anak-anak seperti kerajinan tangan, mencari jejak, dan loka karya digital.

Alamat              :  British Museum, Great Russell Street, London

Jam Buka         :  10:00 – 17:30 (hingga 20:30 pada hari Jumat)

Telepon            :  +44 (0)20 7323 8000

 

Museum Victoria & Albert (Brompton, London)

Dikenal sebagai tempat menarik di London yang pembangunannya diprakarsai oleh Ratu Victoria Sendiri pada tahun 1899. Koleksi luar biasa karya seni terapan dari seluruh dunia dipamerkan di museum di Kota London ini. Kurang lebih 150 galeri yang ada di bangunan berlantai tujuh ini berisi perabot, keramik, patung, lukisan, poster, perhiasan, kerajinan besi, kerajinan kaca, serta berbagai macam kain dan gaun yang tidak terhitung jumlahnya. Keseluruhan koleksi tersebut dikumpulkan dari banyak negara di dunia dan dikelo,pokan berdasar tema, asal, dan umur. Staf yang ada di museum ini terkenal sangat sabar dan selalu siap untuk  memberi informasi apabila dibutuhkan.

Pajangan yang terkenal dari museum ini di antaranya gambaran Raphael untuk kubah Kapel Sisitine dari tahun 1515, koleksi patung Italia dari masa Renaissance, dan karpet Ardabil yang terkenal sebagai pelapis lantai tertua. Dan koleksi karya seni inipun terus bertambah seiring waktu hingga saat ini. Karya seni kntemporer pun mulai berdatangan seperti Walkman Sony produksi pertama, pemasak nasi Hello Kity, hingga baju dari kertas lipat rancangan Issey Miyake.

Alamat              :  Cromwell Rd, London SW7 2RL, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 17:45 (hingga 22:00 pada hari Jumat)

Telepon            :  +44 20 7942 2000

 

Natural History Museum (Brompton, London)

Berperan ganda sebagai pusat penelitian dan juga museum, membuat salah satu museum di Kota London ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dibuka pertama kali pada tahun 1881, bangunan berarsitektur romawi yang terletak di jalan Cromwell ini tampak sangat megah. Warna biru pucat dan tampilan depan bergaya terracotta sepertinya menggambarkan keajaiban alam yang dipamerkan di dalam museum yang terknal di Inggris ini.

Masuk ke dalamnya traveller akan disambut oleh kerangka lengkap dari dinosaurus Diplodocus. Belok kiri dari sini ke sayap barat atau zona biru, akan dijumpai antrian pengunjung yang ingin melihat pertunjukan animatronik Tyrannosaurus yang populer. Kalau rekan traveller memilih untuk belok ke kanan dari hall utama menuju zona hijau, kalian akan menemui koleksi flora dan fauna yang dimiliki museum ini. Setelah itu masuki zona merah yang akan menambah wawasan pengunjung akan berbagai mineral yang ada di dalam perut bumi. Jangan lupa juga mengunjungi gedung Darwin Centre yang merupakan bangunan baru dari museum ini, dan juga taman museum yang hanya dibuka pada bulan April hingga Oktober.

Alamat              :  Cromwell Rd, London SW7 5BD, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 17:50

Telepon            :  +44 20 7942 5000

 

The Science Museum (Brompton, London)

Di dalam bangunan tujuh lantai ini terdapat berbagai peragaan yang mendidik dan menghibur, cocok sekali untuk liburan keluarga anda. Beberapa alat peraga yang menarik di dalamnya adalah pesawat Apollo 10 dan simulator pesawat terbang. Ilmu modern ditampilkan di sayap Wellcome, sedangkan galeri sejarah ilmu kedokteran terdapat di lantai paling. Pada wahana penjelajahan luar angkasa pengunjung dapat menjumpai teleskop sinar X setinggi 3 meter dengan berat 600 kg yang diterbangkan ke luar angkasa oleh misi luar angkasa Inggris.

Teater IMAX yang tersedia di museum ini menayangkan film-film ilmiah dalam tayangan 3 dimensi. Tentu saja bagi siapa yang menontonnya akan merasa sedang berada di kondisi sesungguhnya seperti melayang di  luar angkasa atau menyelam di laut dalam.

Alamat              :  Exhibition Rd, London SW7 2DD, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 18:00

Telepon            :  +44 870 870 4868

 

Galeri Nasional (Trafalgar Square, London)

Didirikan pada tahun 1824 dan menjadikan karya seni sebagai sarana hiburan dan pendidikan untuk semuanya. Koleksi pertama dari museum yang terletak di London ini hanyalah 38 lukisan. Berbeda dengan saat ini yang sudah mencapai 2300 karya seni, mulai dari era abad pertengahan hingga masa impresionis Perancis. Pemilihan lokasi di Trafalgar Square berdasarkan pertimbangan letaknya yang di pusat kota London dan mudah dicapai oleh kaum bangsawan pada saat itu, tapi juga masih tidak terlalu jauh bagi kaum miskin dari bagian timur London.

Karya lukisan terkenal yang dipamerkan di tempat ini di antaranya adalah lukisan ‘Sunflower’ karya pelukis terkenal Vincent Van Gogh. Selain itu lukisan dengan judul ‘Bather’ karya JMW Turner juga dapat dinikmati di tempat ini. Museum ini tidak memungut biaya bagi pengunjungnya,  namun dengan sedikit biaya tambahan rekan traveller dapat menonton konser music atau juga kursus seni yang terkadang diadakan. Bagi anak-anak berumur 5 hingga 12 tahun, diadakan kelas lukis gratis setiap hari minggu.

Alamat              :  Trafalgar Square, London WC2N 5DN, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 17:45 (hingga 21:00 pada hari Jumat)

Telepon            :  +44 20 7747 2885

 

Baca Juga : 11 Tempat wisata yang terkenal di Italia

 

Tate Modern (South Bank, London)

Dengan desain arsitektur bergaya industrial, museum ini akan memukaumu bahkan sebelum memasukinya. Bangunan yang sebelumnya merupakan pembangkit listrik ini dibuka pada tahun 2000 dan menaungi berbagai karya seni modern. Objek wisata ini berhasil menarik hamper 5 juta pengunjung setiap tahunnya. Penambahan bangunan baru pada tahun 2012 yang dinamain ‘Tanks’ atau diterjemahkan sebagai tangki  menambah popularitas dari tempat ini. Bangunan baru tersbut menampilkan pertunjukan seni panggung maupun layar lebar.

Galeri utama yang terletak dalam bekas ruangan turbin dari pembangkit ini selalu memberikan efek mengagumkan karena ukurannya yang luar biasa besar. Di sinilah dipajang karya-karya seni kontemporer mulai dari tahun 1900 dari seniman terkemuka seperti Matisse, Rothko, dan Beuys.

Alamat              :  Bankside, London SE1 9TG, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 18:00 (hingga 22:00 pada hari Jumat dan Sabtu)

Telepon            :  +44 20 7887 8888

 

Museum Maritim Nasional (Greenwich, London)

Terkenal sebagai museum kemaritiman terbesar di dunia, tempat ini dipenuhi oleh cerita mengenai sejarah penjelajahan dan penemuan yang dilakukan oleh manusia. Temukan kisah-kisah menarik tentang petualangan dan pertempuran yang dialami angkatan laut kerajaan Inggris. Pelajari sejarah laksamana Horatio Nelson yang terkenal dari Inggris, dan lihat pula seragam yang dipakainya ketika terluka parah pada pertempuran Trafalgar.

Koleksi yang dipunyai oleh museum ini sangatlah banyak dan beragam. Kapal model dan peta biru dari tiap kapal mulai dari abad ke-17, tapi kebanyakan adalah dari abad ke-19 dan sesudahnya. Temukan juga lukisan-lukisan menarik  serta sejarah peralatan navigasi maritim yang pernah digunakanoleh manusia. Di dalam kompleks museum ini juga terdapat observatorium yang juga merupakan titik 0 greenwich.

Alamat              :  Park Row, Greenwich, London SE10 9NF, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 17:00

Telepon            :  +44 20 8858 4422

 

Museum Desain (Bermondsey, London)

Museum yang tekenal di London karena menaungi karya-karya seni modern ini  didirikan pada tahun 1989 dan berlokasi di tepi sungai Thames berdekatan menara jembatan di tengah kota London. Objek wisata ini memamerkan produk, industri kreatif, grafis, mode dan desain arsitektural. Pada tahun 2007 museum di Kota London ini berada pada posisi kedua dari lima museum yang harus dikunjungi. Menempati bekas gudang , konsep dari bangunan museum mengacu pada desain modern internasional tahun 1930an.

Lantai dasar  dari museum ini berfungsi sebagai lobi yang berisi meja penerima tamu, toko, kafe, dan satu-satunya toilet di gedung ini. Toilet ini juga dianggap sebagai pertunjukan tersendiri karena dirancang oleh desainer produk kenamaan asal Australia, Marc Newson. Naik ke lantai selanjutnya, yang merupakan galeri utama, pengunjung dapat melihat pameran karya seni desain yang diganti tiap beberapa waktu. Beberapa desainer terkemuka yang pernah memamerkan karyanya di antaranya Peter Saville yang terkenal dengan desain grafisnya, dan Manolo Blanik dengan rancangan sepatunya yang spektakuler.  Dua lantai berikutnya berisikan ruang diskusi , ruang ajar, dan juga kafe di lantai atas dengan pemandangan sungai Thames.

Alamat              :  28 Shad Thames, London SE1 2YD, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 17:45

Telepon            :  +44 20 7403 6933

 

Museum Transportasi London (Convent Garden, London)

Tempat yang susuai bagi traveller sejati yang gemar akan alat transportasi dan sejarah yang ada di belakangnya. Tidak terbatas hanya pad alat transportasi yang ada di kota London namun juga di kota-kota lain di dunia seperti New York, Tokyo, Paris, Shanghai, New Delhi, dan lainnya. Kereta bawah tanah pertama kota London yang masih menggunakan penggerak uap dipaemrkan di lantai satu bersamaan dengan gerbong kereta penumpang pertama yang terbuat dari kayu. Bis tingkat yang hingga saat ini masih menjadi ikon transportasi kota London juga ditampilkan di sini mulai dari model pertama hingga model yang paling modern.

Di museum ini juga disediakan area bermain yang bisa dipakai untuk anak hingga umur 7 tahun. Banyak kendaraan mini yang bisa dinaiki dan dimainkan oleh anak-anak, bahkan ada kereta miini yang bisa pura-pura diperbaiki. Selain itu untuk pengunjung yang lebih besar bisa mencoba simulator bis tingkat dan berpura-menjadi supirnya. Dengan hiburan untuk segala umur maka museum ini cocoksekali untuk liburan keluarga.

Alamat             : Covent Garden Piazza, London WC2E 7BB, Inggris

Jam buka         : 10:00 – 18:00

Telepon            : +44 20 7379 6344

 

Museum Perang Imperial (Kennington, London)

Bagi para traveler yang gemar akan sejarah dan perang dunia, maka museum ini cocok untuk kalian. Museum ini memamerkan persenjataan dan benda-benda yang digunakan pada perang-perang besar dunia mulai dari Perang Dunia I. Senjata, tank, dan pesawat perang dipamerkan di ruang tengah dari museum ini termasuk juga pesawat Harrier GR9 yang mempunyai peran besar dalam perang Afghanistan. Gelari yang terdapat di teras menampilkan mobil Land Rover jenis Snatch dari perang Irak dan juga meja taktis yang digunakan untuk menyusun rencana serangan pada perang Argentina.

Suasana museum menjadi lebih kelam seiring naiknya pengunjung lantai berikutnya, bahkan lantai 3 dari museum ini tidak disarankan untuk anak di bawah 14 tahun. Di lantai ini ditampilkan sejarah kelam perang di benua Eropa jaman pendudukan nazi yang terkenal dengan nama Holocaust. Mulai dari dasar paham anti-Semit hingga perlakuan di kamp konsentrasi. Lantai teratas tertutup untuk umur di bawah 16 tahun, karena menampilkan film mengenai penghapusan ras karena konflik agama maupun ras.

Alamat              :  Lambeth Rd, London SE1 6HZ, Inggris

Jam buka         :  10:00 – 18:00

Telepon            :  +44 20 7416 5000

 

Travelling sambil belajar di museum ternyata bisa seru juga kan? Yuk, segera hubungi agen travel wisata kami untuk mewujudkan impian liburan menjelajahi museum di Kota London, Inggris. (Jari Adventure-Det-image : blogs.fco.gov.uk)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *