Sejuta Pesona Kepulauan Banyak, Permata Tersembunyi di Aceh

Mungkin, sebagian dari kamu ada yang mendambakan liburan bak di pulau pribadi.

Dengan nuansa tropis lengkap dengan pohon kelapa, pasir putih halus dan air laut jernih.

Kalau iya, maka kamu harus menjadikan Kepulauan Banyak sebagai destinasi liburan.

Kepulauan Banyak ini memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni.

 

Cara menuju Kepulauan Banyak

okezone.com

Kepulauan Banyak ini berada di pesisir barat Provinsi Aceh, Sumatera Utara. Dimana sebagian besar warga asli kawasan ini hanya ditinggal di Pulau utama saja yaitu Pulau Balai.

Sedangkan, pulau lainnya hampir tidak berpenghuni semua. Untuk menuju Kepulauan Banyak, kamu harus memulai perjalanan di Bandara Internasional Kualanamu yang ada di Medan.

Setelah itu, kamu bisa menyewa kendaraan menuju pelabuhan Singkil.

Dari pelabuhan Singkil, kamu bisa menggunakan kapal untuk mengantarkanmu ke Pulau Balai.

Setelah tiba disana, kamu bisa menikmati tempat wisata dan aktivitas yang dilakukan diantaranya :

Menjelajah antar pulau

staticflickr

Disini kamu bisa menjelajah pulau dengan berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Bisa juga kamu mampir ke Pulau Rangit untuk naik ke bagian atas mercusuar yang ada disana.

Ada juga pulau yang bernama Pulau Asok yang memiliki bentuk memanjang dan nggak berpenghuni tapi memiliki spot keren untuk snorkeling di kawasan selatan pulau.

Masih di kawasan Kepulauan Banyak, ada satu pulau terpencil yaitu Pulau Bengkaru, disana kamu bisa melihat fenomena penyu bertelur di pulau ini.

 

Mendayung

Celebrating Singapore Shores! – blogger

Kalau kamu hobi mendayung dan ingin mencoba aktivitas lainnya. Selain snorkeling, kamu bisa menyewa perahu kecil untuk mendayung dari Pulau Palambak atau Tailana sambil menikmati hamparan lautan luas yang indah dan biru.

 

Trekking

theworldtravelguy

Menjelajah pulau dengan menggunakan sepeda motor mungkin sudah biasa saja, namun berbeda ketika kamu berada di pulau ini.

Disini kamu hanya perlu berjalan kaki saja sambil menikmati dan menyusuri bukit hingga hutan yang menawan.

Snorkeling

twimg

Kalau ke pulau belum snorkeling terasa sayur tanpa garam pastinya. Jadi usahakan kamu pergi liburan sambil melihat permukaan bawah laut Kepulauan Banyak.

Datanglah ke Pulau Asok, Tailana dan Palambak kecil. Karena ketiga pulau tersebut memiliki panorama bawah laut yang indah.

Bahkan, sudah sangat terkenal di kalangan pecinta olahraga snorkeling.

Nah, kalau kamu lagi beruntung, kamu bisa menjumpai lumba-lumba, paus, penyu, manta, hingga dugong.

 

Pulau Rangit

pinimg

Pulau ini memiliki gradasi warna laut yang indah. Karang-karang raksasa yang beragam bentuk dengan ribuan ikan berenang di atas permukaan laut.

Menjadikan pemandangan ini indah menawan. Pulau Rangit terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Rangit Besar dan Pulau Rangit Kecil yang letaknya bersandingan satu sama lain.

Untuk menuju Pulau ini, kamu menempuh perjalanan sekitar 12 menit dengan menggunakan speedboat sehingga cukup mudah dijangkau.

Dalam perjalanan menuju Pulau Rangit, kamu akan melihat ikan-ikan yang berenang tanpa harus menyelam terlebih dulu. Di Pulau Rangit ini kamu akan menemukan menara setinggi enam lantai yang terletak di pesisir pantai.

 

baca juga:

Tiga Banten, Destinasi Wisata Baru yang Lagi Naik Daun

 

Pulau Sikandang

blogspot.com

Terletak diantara Pulau Asok dan Ujung Sialit dan memiliki spot snorkeling yang menawan. Pulau ini memiliki spot snorkeling yang menawan, laut yang tenang, dangkal dan landai.

Pantas jika, banyak menarik pengunjung untuk melakukan aktivitas berenang. Ditambah lagi garis pantai pulau yang panjang dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang bening.

Di pulau ini kamu bisa menginap di resort dan cottage milik warga dengan biaya per malam yang berkisar Rp. 250 ribu per orang. Untuk menuju ke tempat ini sekitar satu jam dengan menggunakan perahu mesin.

 

Pulau Lamun

pinimg

Meskipun belum setenar pulau tropis lainnya di Kepulauan Banyak, di pulau Lamun ini memiliki spot snorkeling yang masih belum dijamah oleh wisatawan.

Spot snorkeling di pulau ini ditandai dengan berdirinya tower salah satu provider jaringan telepon. Pantai yang ada di Pulau Lamun ini memiliki garis pantai yang panjang dan berpasir putih lembut.

Pulau ini airnya cukup tenang dan tidak terlalu bergelombang sehingga saat kamu melihat dapat menembus kedalaman tujuh sampai 15 meter.

Di dasar laut kamu bisa menjumpai jenis terumbu karang mulai karang jenis massive, branching dan tubular yang memiliki tekstur tebing dengan warna.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.