Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung LesungDi bagian barat pulau Jawa terdapat sejumlah pantai yang dapat digunakan untuk rekreasi dan berwisata. Salah satu pantai yang masih terjaga keindahan dan belum banyak dikenal orang adalah Pantai Tanjung Lesung, yang terletak di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Bila sebelumnya pilihan pantai yang ada di Banten adalah melulu Pantai Anyer dan Pantai Carita, kini Pantai Tanjung Lesung dapat menjadi opsi baru dengan pemandangan pantai yang tidak kalah memukau dengan air laut yang tenang serta perbukitan yang tidak begitu curam. Terletak 160 km dari Jakarta, pantai dengan pasir putih yang dipadukan dengan pepohonan yang tumbuh di tepi pantai adalah panorama indah yang bisa Anda nikmati untuk mnyegarkan pikiran dan menyingkir sebentar dari hiruk pikuk kota.

Asal nama Pantai Tanjung Lesung

Nama Pantai Tanjung Lesung sendiri berasal dari bentuk daratan pantai yang menjorok ke laut, mirip dengan lesung atau alat penumbuk padi. Pantai seluas 1500 hektar ini telah resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1988 dan kini telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Provinsi Banten. Dengan garis pantai sepanjang 15 km, pengunjung akan diingatkan dengan pantai yang ada di Bali karena karakteristiknya yang mirip.

Hamparan pasir putihnya yang luas dan landai memberi cukup ruang untuk melakukan berbagai aktifitas rekreasi, bermain pasir, berjemur, maupun berolahraga. Di pagi hari, beraktivitas di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbit, ditemani burung laut terbang di atas laut lepas dapat menjadi kegiatan pembuka hari yang menyehatkan. Jika rekan traveler pernah menyaksikan lukisan pantai dengan burung terbang di atasnya, maka kini saatnya mewujudkannya menjadi kenyataan. Setelah it,u nikmati secangkir kopi hangat di pondok wisata sembari menikmati indahnya pemandangan laut.

Aktivitas wisata

Olah raga air yang ditawarkan di tempat ini juga tidak kalah banyak. Kano, banana boat, dan jet ski bisa menjadi kegiatan mengasyikan untuk dilakukan di laut yang jernih di sepanjang pantai. Puaskan juga untuk memancing di tempat yang terkenal sebagai rumah bagi banyak ikan. Posisi pantai yang tidak menghadap ke laut lepas dengan gelombang yang tidak terlalu besar amatlah cocok bagi mereka yang gemar memancing.

Baca juga: Pulau Panaitan, Surganya Peselancar yang Tersembunyi di Pandeglang, Banten

Pantai ini cocok untuk liburan keluarga karena pilihan kegiatan yang bisa dinikmati oleh segala usia. Anak yang masih kecil bisa berlarian atau bermain pasir di pantai. Selain itu juga bisa menikmati beberapa paket wisata seru yang ditawarkan di perkampungan nelayan. Paket wisata yang dapat dipilih di antaranya: Wisata Budaya Nelayan, Wisata Memberi Makan Burung Camar, Wisata Konservsi Terumbu Karang, dan masih banyak lagi.

Pulau Liwungan

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mengunjungi Pulau Liwungan yang berjarak 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan atau speedboat. Di pulau ini, traveler dapat menikmati keindahan Selat Sunda dengan panorama Gunung Krakatau di kejauhan. Bagi traveler sejati yang gemar tantangan, dapat menikmati keindahan terumbu karang dengan melakukan diving atau snorkeling di pulau ini.

Sunset di kawasan  Pantai Tanjung Lesung ini dapat dikatakan sebagai yang terbaik. Tenggelamnya matahari secara perlahan di balik gunung anak Krakatau akan memukau siapa saja yang menyaksikannya.

Pengunjung bisa bersantai di pantai menikmati pemandangan menakjubkan ini, yang tentunya juga akan memberi kesan romantis bagi mereka yang mengunjungi tempat ini bersama kekasih. Bagi pecinta fotografi tentu tidak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen ini melalui bidikan lensanya.

Wisata kuliner Pantai Tanjung Lesung

Kuliner khas di sini tentunya hampir sama dengan lokasi pantai lainnya yaitu berbagai macam makanan bercita rasa hidangan laut. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat yang ditawarkan warung, rumah makan, dan restoran yang banyak dijumpai di lokasi ini. Setiap sabtu malam, beberapa rumah makan dan restoran bahkan mengadakan barbekyu di tepi pantai.

Jangan bingung untuk mencari akomodasi penginapan di Pantai Tanjung Lesung. Karena rekan traveler dapat menjumpai beberapa penginapan dengan berbagai variasi dan tipe. Hotel, villa, resort, maupun home stay dengan beragam harga bisa menjadi pilihan ketika ingin menginap di Pantai Tanjung Lesung ini. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp.100.000,- per malam untuk homestay sedangkan resort berkisar Rp.500.000,- hingga Rp. 2.000.000,- per malam.

Yuk habiskan liburan panjang dengan mengunjungi Pantai Tanjung Lesung ini bersama keluarga ya.(jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *