Menguak Keindahan Aceh, Pesona Alam Di Ujung Barat Indonesia

Wilayah paling ujung barat Indonesia ini menyimpan destinasi wisata yang mempesona, daerah yang dikenal dengan sebutan Negeri Serambi Mekah punya berbagai bentang alam yang luar biasa mempesona khususnya Pulau Weh yang mempunyai potensi bahari hingga seluruh pelosok dunia tahu. Tapi ingat nggak hanya pantai, pulau dan laut saja melainkan juga dataran tinggi hijau, air terjun dan danau yang elok.

 

Berikut destinasi wisata yang bisa kamu datangi saat berkunjung di Aceh :

 

1.  Danau Laut Tawar Takengon

Keindahan danau ini terasa natural yang mampu membius dan membuat kamu betah berlama-lama. Danau Lut Tawar ini terletak dataran tinggi Gayo dengan ketinggian 1.200 mdpl sehingga tak salah kalau udara sejuk disini mampu membuat siapa saja betah berlama-lama dan ditambah lagi diatas sana kamu bisa melihat pemandangan yang indah serta sering disebut “Negeri di atas awan” untuk menggambarkan keindahan danau ini.

 

Selain melihat pemandangan yang indah, kamu juga bisa mencicipi kopi gayo khas Aceh yang ditawarkan penduduk sekitar sepanjang tepi danau. Kopi, pantulan langit dan alam yang indah dengan permukaan air yang jernih mampu memberi rasa damai dan tenang.

 

2.  Pucok Krueng

Kolam pemandian ini berada di balik tebing yang tersembunyi namun memiliki keindahan yang luar biasa. Kolam ini memiliki arti yang sama dengan namanya yaitu Pucok yang berarti ujung dan kreung yang berarti sungai. Berada di hulu sungai yang jauh dari pemukiman membuat pemandian ini masih terasa asri. Danau yang tenang,sejuk dan air yang jernih, ditambah pepohonan yang asri mampu memberi hiburan saat kelelahan menuju danau ini.

 

3.  Air Terjun Blang Kolam

Masih ada waktu berlibur ke Aceh, berarti kamu harus mengunjungi salah satu air terjun yang ada di Aceh yaitu Air Terjun Blang Kolam yang terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Air terjun ini cukup tersembunyi di balik bukit dan berada di ketinggian 75 meter yang dikelilingi pepohonan rindang. Kalau sudah sampai jangan ragu untuk berenang dan merasakan kesegaran air alami yang langsung dari air terjun.

 

4.  Pulau Rubiah

Salah satu primadona wisata Aceh dengan obyek wisata bahari yang tak kalah dengan daerah lain. Pulau Rubiah ini memiliki spot cantik untuk melakukan snorkeling ataupun diving yang sudah diakui oleh dunia tentang keindahan alam bawah laut pulau ini.

 

Banyak orang menyebut pulau ini sebagai akuarium raksasa karena bentuk yang menyerupainya. Di alam bawah laut Pulau Rubiah tumbuh dan hidup berbagai ikan tropis seperti gigantic clams, angel fish, parrot fish, lionfish bahkan napoleon fish yang jarang dijumpai di belahan laut mana pun. Sedangkan untuk terumbu karang yang ada di pulau rubiah ini memiliki warna dan gugusan yang cantik seperti membentuk taman laut yang indah jadi sayang untuk melewatkannya.

 

5.  Pantai Iboih, Mutiara biru di Pulau Weh

Kalau kamu mampir ke Pulau Rubiah, tak ada salahnya kamu menetap dulu di salah satu pantai yang ada di Pulau Weh yaitu Pantai Iboih yang terkenal memiliki laut jernih dan dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana menjadi asri.

 

Kamu bisa menjangkau Pantai Iboih yang terletak di Pulau Weh menggunakan kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue Aceh menuju pelabuhan Sabang. Butuh waktu tempuh lebih satu jam untuk mencapai pantai iboih ini.

 

baca juga:

Kampung Pelangi yang Mendunia, Fakta Menarik Destinasi Unik Semarang

 

6.  Pantai Menye

Lokasi Pantai ini berada di tepian danau jadi tidak perlu diragukan lagi tentang keindahan pantai Menye ini. Pantai menye memiliki arti tersendiri bagi masyarakat sekitar yang berarti pantai manja dan masih satu wilayah dengan Danau Laut Tawar. Untuk menempuh pantai ini diperlukan waktu satu jam perjalanan dari kota Takengon, disana kamu bisa menikmati pemandangan indah yang terhampar luas dan makanan khas kampung Gayo.

 

7.  Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkof Peutjoet

Bangsa yang besar tidak boleh melupakan sejarah, karena sejarah adalah harta karun yang harus dijaga dan dilestarikan. Berada di pusat kota Banda Aceh dan menjadi pengingat akan kejadian besar saat 2004 yaitu Tsunami. Museum ini tidak dipungut biaya apapun untuk masuk kedalam.

 

Museum ini dirancang sangat unik dengan lengkung sehingga merasakan suasana saat tsunami sehingga kamu turut andil dalam kejadian besar. Dari tampak luar pun memiliki perbedaan yang memiliki gambaran seperti ombak laut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.