Menggugah Kreativitas dan Seni, Agendakan Liburan ke Kota Paling Artsy di Dunia

Kemana tujuan wisata Anda kali ini? Jika Anda sudah terbiasa dengan wisata-wisata yang mainstream, bagaimana jika Anda memilih wisata yang sedikit berbeda dari biasanya?

Setiap negara tentu memiliki keunikan masing-masing di bidang wisata. Pasti ada beberapa kota yang memiliki ciri khas yang berbeda dari kota lainnya. Entah itu dari segi bangunan, atau wisata yang ada di dalamnya.

Salah satunya adalah unsur artsy dalam sebuah kota. Tempat yang artsy tentu sangat disukai apalagi Anda adalah seorang penggemar seni.

Kota yang artsy tentu dinilai dari berbagai macam hal, seperti bentuk bangunannya, galeri seni di dalamnya, hingga mural yang bisa saja memenuhi seluruh perkotaan.

Daripada bingung untuk menentukan tujuan wisata kali ini, beberapa kota paling artsy ini bisa menjadi pilihan Anda. Check this out!

1.    New York – Amerika Serikat

New York atau biasa disebut dengan Big Apple ini memang menjadi salah satu kota yang menjadi pusat street art di dunia. Anda bisa dengan mudah menemukan banyak street artist yang mengadu nasib untuk berkarir di kota ini.

Beberapa tempat di New York bahkan menjadi incaran para street artist, seperti Manhattan Chelsea serta Grafitti Hall.

Di samping itu, Anda juga wajib berkunjung ke beberapa tempat yang kental akan seni seperti Museum Solomon R. Guggenheim, Patung Liberty, serta Museum of Art. New York memang menjadi surganya seni di dunia.

2.    Mexico City – Meksiko

Selain New York, Mexico City juga sangat kental akan seni. Sejarah dan budaya kota ini menjadi factor penting sehingga kota ini kental akan seni.

Bahkan, Mexico City tetap menjadi tuan rumah dari All City Canvas sejak tahun 2012, lho! All City Canvas adalah festival street art dunia yang sangat bergengsi. Pantas saja ada banyak karya seni di setiap sudut kota.

3.    Los Angeles – Amerika Serikat

Selanjutnya ada Los Angeles yang terkenal melalui industry hiburan serta gaya hidup yang glamor. Di dalamnya juga terdapat banyak unsur seni dan ruang bagi para seniman untuk berkreasi.

Anda bisa berkunjung ke Getty and Los Angeles Country Museum of Art, Long Beach Museum of Art, hingga Norton Simon Museum.

4.    Berlin – Jerman

Siapa sih yang belum tau dengan Tembok Berlin? Wisata ini sangat terkenal di Eropa bahkan di dunia. Anda bisa menemukan 100 mural yang ada di tembok ini.

Bisa dibilang, mural di tembok ini menjadi sarana penyampaian aspirasi apapun termasuk politik dari para seniman.

Tembok Berlin lah yang menjadi awal bangkitnya seni di kota Berlin. Akhirnya ada banyak tempat yang kental dengan seni di Jerman seperti galeri seni, museum, serta mural di dinding bangunan.

5.    Melbourne – Australia

Dari Jerman, kini kita beralih ke Australia tepatnya di Melbourne. Kota ini memang terkenal akan seni grafitti dan street artnya.

Apalagi ada Melbourne Stencil Festival yang memamerkan seni street art yang digelar setiap tahunnya. Ada banyak sekali karya seni dari seniman lokal hingga  mancanegara.

Tempat yang wajib Anda kunjungi adalah Melbourne Museum, RAAF Museum, dan Old Treasury Building. Ada banyak karya seni dengan ciri khas yang berbeda yang dipampang dalam museum ini.

6.    Saint Petersburg – Rusia

Saint Petersburg merupakan kota yang disebut sebagai kota ter-abstrak yang ada di dunia oleh sastrawan Fyodor Dostoyevsky.

Di dalamnya terdapat banyak bangunan gereja, istana, serta museum yang berdiri dengan megahnya. Arsitektur bangunannya juga mirip dengan gaya Venesia dan Austria.

Salah satunya adalah Museum Hermitage, museum terbesar dan tertua yang ada di dunia. Meseum ini diresmikan di tahun 1754 dan telah dibuka untuk umum sejak 1852.

7.    Florence – Italia

Florence memiliki banyak sekali museum yang padat akan wisatawan pecinta seni. Museum tertua di kota Florence adalah The Uffizi dengan lukisan terkenalnya The Birth of Venus oleh Sandro Botticelli.

Selain itu, ada juga Gucci Museum yang wajib Anda kunjungi terutama Anda yang suka dengan fashion.

8.    London – Inggris

Menurut kabar, Pemerintah London tidak menarik biaya untuk para pengunjung museum di kota ini. Salah satunya adalah National Gallery serta British Museum yang berisi barang-barang antik.

Untuk Anda yang suka dengan seni kontemporer, Tate Britain dan Tate Modern bisa menjadi tujuan Anda.

Berkunjung ke kota yang artsy tentu dapat menambah wawasan serta pengalaman baru yang tidak didapatkan di tempat lainnya.

Apalagi unsur budaya yang kental membuat Anda semakin paham mengenai masyarakat kota tersebut. Terutama bagi Anda pecinta seni, beberapa kota di atas wajib untuk Anda kunjungi!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.